5 Jenis Nanas Varietas Terbaik yang Sangat Cocok Sebagai Pencuci Mulut

Nanas sendiri merupakan tanaman tropis yang berasal dari Bolivia, Praguay dan Brasil. Nama nanas berasal dari kata “anana” menurut orang Tupi yang memiliki arti “buah yang sangat baik”. Berasal dari berbagai negara, tentu saja jenis nanas juga sangat beragam.

Di Indonesia sendiri buah ini sangat mudah kita temui. Buah nanas memiliki bentuk yang sangat unik dan banyak orang yang menyukai buah ini karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

Nanas biasa dikonsumsi sebagai buah segar atau dalam bentuk olahan seperti es buah, topping pada puding, cocktail buah, dan buah kaleng. Lebih nikmat lagi kalau memakan nanas segar dengan dicocol pake sambel rujak. Bikin ngiler deh bayanginnya.

Jenis Nanas yang Lumayan Banyak Terdapat di Indonesia

Beberapa jenis nanas yang ada di Indonesia dan memiliki rasa yang sangat manis adalah sebagai berikut:

1. Nanas Queen

indiamart.com

Buah nanas yang satu ini adalah jenis nanas yang mudah ditemukan di Indonesia. Beberapa daerah yang membudidayakan buah nanas ini antara lain Palembang, Pontianak, Bogor, Jember, Purwokerto dan masih banyak lagi.

Ciri dari buah nanas queen adalah memiliki kulit buah berwarna kuning kemerahan dengan bagian mata kulit buahnya agak dalam sehingga membutuhkan waktu saat mengupasnya. Rata-rata berat satu buahnya sekitar 1 kg.

Daging buahnya memiliki rasa yang manis dan kadar air yang cukup tinggi. Jenis nanas ini biasanya dikonsumsi sebagai bahan tambahan untuk campuran es buah.

2. Nanas Cayenne

agrowindo.com

Seperti jenis nanas queen, nanas yang satu ini juga dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia seperti Bukittinggi, Probolinggo, Pacitan, Tanjung Pinang, dan daerah lainnya.

Namun uniknya dari banyaknya daerah yang membudidayakan nanas ini, hanya daerah Subang yang menjadi tempat pertumbuhan terbaik untuk nanas cayenne. Sehingga masyarakat luas lebih mengenal jenis nanas ini dengan nama Nanas Subang.

Keunggulan nanas cayenne adalah memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan nanas queen. Sehingga buah nanas ini lebih enak kalau dinikmati secara langsung sebagai buah segar sebagai makanan pencuci mulut atau sebagai snack sehat.

3. Nanas Smooth Cayenne

liputan6.com

Nanas yang sekarang ini sedang banyak permintaannya di pasar modern dan pasar ekspor sudah mulai dibudidayakan di Kabupaten Kediri mulai dari tahun 2011.

Sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang hasil panen dari buah nanas yang satu ini sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar tidak hanya di Kediri namun sampai ke kota Malang dan Surabaya.

Nanas smooth cayenne banyak diminati karena mempunyai rasa yang manis dengan kandungan airnya yang tinggi. Biasanya nanas ini diolah menjadi buah kaleng.

4. Nanas Honi

tokopedia.com

Nanas dengan varietas Honi ini merupakan hasil dari petani binaan Sunpride yang merupakan salah satu distributor dan produsen buah lokal yang berlokasi di Lampung.

Keunggulan dari buah tropis ini adalah memiliki rasa yang manis dengan warna daging buahnya kuning keemasan yang terlihat sangat menarik sehingga buah ini sangat cocok disantap dalam keadaan segar sebagai kudapan atau hidangan penutup.

Rata-rata nanas honi memiliki berat 1,5-2,3 kg per buah nya. Kulit buahnya yang tipis akan memudahkan kita pada saat mengupasnya untuk dikonsumsi. Diharapkan nantinya buah nanas honi bisa menjadi salah satu jenis buah nanas unggulan yang berasal dari Indonesia.

5. Nanas Medusa

agrowindo.com

Di Indonesia, nanas jenis ini masih sangat sulit untuk ditemukan. Nanas medusa lebih mudah ditemukan di negara Thailandd dan Jepang. Di luar negeri nanas medusa lebih dikenal dengan sebutan baby pineapple atau mini pineapple.

Jika dibandingkan dengan nanas madu, ukuran nanas medusa masih lebih kecil lagi dengan ukuran yang hanya sekitar 5-7 cm. Buah ini dihasilkan dari teknologi rekayasa buah. Walapun bentuknya mungil tapi nanas ini memiliki rasa yang sangat manis tidak jauh berbeda dengan nanas madu.

Cara memakan nanas ini juga sangat mudah, kamu tidak perlu mengupasnya cukup dengan menarik bagian mata tunasnya hingga tertarik daging buahnya. Selamat menikmati!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*