jenis nanas

10 Jenis Nanas | Varietas Terbaik dan Paling Banyak Dicari

Berbicara tentang berbagai jenis nanas, tahukah kamu dari mana asalnya? Nanas merupakan tanaman tropis yang berasal dari Bolivia, Paraguay dan Brasil.

Nama nanas berasal dari kata “anana” menurut orang Tupi yang memiliki arti “buah yang sangat baik”. Berasal dari berbagai negara, tentu saja jenis nanas juga sangat beragam.

Di Indonesia sendiri buah ini sangat mudah kita temui. Buah nanas memiliki bentuk yang sangat unik dan banyak orang yang menyukai buah ini karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

Nanas biasa dikonsumsi sebagai buah segar atau dalam bentuk olahan seperti es buah, topping pada puding, cocktail buah, dan buah kaleng. Lebih nikmat lagi kalau memakan nanas segar dengan dicocol pakai sambal rujak.

Bikin ngiler deh ngebayanginnya!


Berbagai Jenis Nanas dari Berbagai Belahan Dunia


Beberapa jenis nanas yang ada di Indonesia dan memiliki rasa yang sangat manis. Adapun macam-macam nanas yang cukup banyak dicari adalah sebagai berikut:

1. Nanas Queen

jenis nanas
pertanianku.com

Buah nanas yang satu ini adalah jenis nanas yang mudah ditemukan di Indonesia. Beberapa daerah yang membudidayakan buah nanas ini antara lain Palembang, Pontianak, Bogor, Jember, Purwokerto dan daerah lainnya.

Ciri dari buah nanas queen adalah memiliki kulit buah berwarna kuning kemerahan dengan bagian mata kulit buahnya agak dalam sehingga membutuhkan waktu untuk mengupasnya. Rata-rata berat satu buahnya sekitar 1 kg.

Daging buahnya memiliki rasa yang manis dan kadar air yang cukup tinggi. Jenis nanas ini biasanya dikonsumsi sebagai bahan tambahan untuk campuran es buah.

Nama lain nanas queen adalah “common rough” yang merupakan varietas nanas berukuran kecil. Meski kecil namun nanas ini dapat tumbuh baik meski dalam kondisi cuaca tak menentu.

Selain itu nanas queen juga tahan dari serangan berbagai hama dan penyakit jika dibandingkan jenis nanas lainnya. Dalam mengkonsumsinya dianjurkan dimakan saat segar karena kurang baik untuk diawetkan.

2. Nanas Cayenne

food.detik.com

Seperti jenis nanas queen, nanas yang satu ini juga dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia seperti Bukittinggi, Probolinggo, Pacitan, Tanjung Pinang, dan daerah lainnya.

Namun uniknya dari banyaknya daerah yang membudidayakan nanas ini, hanya daerah Subang yang menjadi tempat pertumbuhan terbaik untuk nanas cayenne.

Sehingga masyarakat luas lebih mengenal jenis nanas ini dengan nama Nanas Subang. Keunggulan nanas cayenne adalah memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan nanas queen.

Sehingga buah nanas ini lebih enak kalau dinikmati secara langsung sebagai buah segar sebagai makanan pencuci mulut atau sebagai snack sehat.

3. Nanas Smooth Cayenne

jenis nanas
radarkediri.jawapos.com

Nanas yang sekarang ini sedang banyak permintaannya di pasar modern dan pasar ekspor sudah mulai dibudidayakan di Kabupaten Kediri mulai dari tahun 2011.

Sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang hasil panen dari buah nanas yang satu ini sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar tidak hanya di Kediri namun sampai ke kota Malang dan Surabaya.

Nanas smooth cayenne banyak diminati karena mempunyai rasa yang manis dengan kandungan airnya yang tinggi. Biasanya nanas ini diolah menjadi buah kaleng.

4. Nanas Honi

sunpride.co.id

Nanas dengan varietas Honi ini merupakan hasil dari petani binaan Sunpride yang merupakan salah satu distributor dan produsen buah lokal yang berlokasi di Lampung.

Keunggulan dari buah tropis ini adalah memiliki rasa yang manis dengan warna daging buahnya kuning keemasan yang terlihat sangat menarik.

Rata-rata nanas honi memiliki berat 1,5-2,3 kg per buah nya. Buah ini sangat cocok disantap dalam keadaan segar sebagai kudapan atau hidangan penutup.

Kulit buahnya yang tipis akan memudahkan kita pada saat mengupasnya untuk dikonsumsi. Diharapkan nantinya buah nanas honi bisa menjadi salah satu jenis buah nanas unggulan yang berasal dari Indonesia.

5. Nanas Medusa

jenis nanas
samudrabibit.com

Di Indonesia, nanas jenis ini masih sangat sulit untuk ditemukan. Nanas medusa lebih mudah ditemukan di negara Thailand dan Jepang. Di luar negeri nanas ini lebih dikenal dengan sebutan baby pineapple atau mini pineapple.

Jika dibandingkan dengan nanas madu, ukuran nanas medusa masih lebih kecil lagi dengan ukuran yang hanya sekitar 5-7 cm. Buah ini dihasilkan dari teknologi rekayasa buah.

Walaupun bentuknya mungil tapi nanas ini memiliki rasa yang sangat manis tidak jauh berbeda dengan nanas madu.

Cara memakan nanas ini juga sangat mudah, kamu tidak perlu mengupasnya cukup dengan menarik bagian mata tunasnya hingga tertarik daging buahnya. Selamat menikmati!

6. Nanas Madu

batamfresh.com

Nanas madu adalah salah satu jenis nanas yang paling banyak dicari di Indonesia. Banyak dibudidayakan di daerah Pemalang, Bogor, dan Subang.

Saat musimnya tiba nanas madu dapat dengan mudah dijumpai di sepanjang jalan. Mulai dari yang berjualan di kios buah hingga ada yang menjajakannya dengan mobil pick up.

Nanas madu memiliki rasa yang manis dibandingkan nanas lain pada umumnya. Saat matang kulit nanas madu berwarna hijau kekuningan, semakin kuning kulitnya maka semakin manis rasanya.

Selain rasanya manis nanas yang sempurna madu juga memiliki aroma yang khas berbeda dari nanas pada umumnya. Aroma nanas madu matang sangat harum khas buah manis dan fruity.

Namun jika terlampau matang aroma nanas ini berbau masam seperti buah yang melalui proses fermentasi, merupakan indikasi buah tersebut sudah hampir membusuk.

Selain dikonsumsi langsung nanas madu juga cocok diolah lebih lanjut menjadi selai atau menjadi teman minum sirup dan es buah.

7. Red Spanish

jenis nanas
specialtyproduce.com

Red Spanish adalah jenis nanas yang tergolong ke dalam varietas buah besar atau disebut “Cabezona”. Banyak ditanam di Hindia Barat, Meksiko, dan Venezuela, nanas ini kaya akan serat.

Terkenal tangguh red Spanish merupakan nanas yang tahan banting dan tak mudah rusak meski melalui perjalanan jauh saat didistribusikan.

Didukung oleh batang nya yang juga kuat, untuk memanen buah ini harus menggunakan parang yang tajam. Di Indonesia red Spanish banyak ditemukan di Purwokerto, Bali, hingga Bukittinggi Sumatera Barat.

Tahukah kamu oleh masyarakat Minang, red Spanish muda sering dijadikan sebagai campuran sayur dalam gulai ikan emas lho.

Wah sudah pernah mencicipi gulai nanas khas Sumatera Barat belum? Rasanya menggugah selera lho!

8. Purple Spanish

flgardening.com

Berasal dari Karibia, purple Spanish adalah nanas yang paling banyak diekspor hampir ke berbagai belahan dunia. Varietas Spanish kedua ini memiliki warna merah-oranye dengan kisaran berat 3-6 kg.

Hampir sama dengan red Spanish, purple Spanish memiliki kandungan serat berlimpah dan tergolong ke dalam nanas berukuran besar.

9. Nanas Abacaxi

jenis nanas
robpacker.wordpress.com

Nanas ini juga mampu bertahan dengan baik dari serangan penyakit seperti nanas purple Spanish. Merupakan varietas nanas berbentuk panjang dengan daging buah berwarna putih yang hampir tembus pandang.

Nanas berduri ini termasuk ke dalam salah satu jenis nanas dengan rasa yang paling lezat. Tekstur dagingnya lembut, berair, dan cukup tebal sangat cocok dikonsumsi ketika terik matahari sedang panas-panasnya.

10. Roja Espanola

youtube.com

Roja espanola merupakan varietas nanas mini dengan buah berukuran kecil dibandingkan ukuran nanas normal. Rasanya sangat manis dengan tekstur berair sehingga terasa menyegarkan di mulut.

Warna kulit buah kuning oranye dengan bentuk seperti tong kecil. Tumbuh membentuk kumpulan yang terdiri dari gabungan buah-buah kecil. Masing-masing memiliki daun penutup atau mata berukuran kecil.

Itulah kesepuluh jenis nanas yang paling banyak dicari dan digemari di berbagai negara. Roja espanola cukup jarang kita temukan di Indonesia.

Baca Juga : Jenis Matoa

Bagi yang sudah pernah mencicipi kesepuluh jenis nanas di atas, boleh membagikan pengalamannya di kolom komentar.

Untuk sekedar sharing informasi bagi teman-teman kita yang mungkin belum memiliki referensi terhadap salah satu nanas di atas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Comment