9 Jenis Tanaman Buah Sehat Kaya Manfaat yang Mudah Ditanam

Jenis tanaman buah – Berbicara tentang tanaman hias, ada baiknya jika kamu menanam tanaman hias yang bisa memberikan manfaat sekaligus.

Sebagai contoh bercocok tanam berbagai jenis tanaman buah misalnya.

Hal ini dapat dijadikan alternatif untuk mengisi waktu senggangmu di rumah.

Di pekarangan rumah selain ditanami bunga-bunga nan cantik, dapat juga kamu isi dengan tanaman-tanaman yang dapat dinikmati hasil buahnya.


Jenis Tanaman Buah


Tanaman buah tidak melulu harus ditanam di kebun yang luasnya berhektar-hektar.

Dengan teknologi bercocok tanam yang semakin maju, kini kamu bisa memanfaatkan pekarangan rumahmu untuk menanam berbagai jenis tanaman buah yang bermanfaat.

Salah satu caranya yaitu menggunakan pot atau dengan cara bercocok tanam lainnya.

Kamu dapat memaksimalkan area pekarangan rumah dengan membudidayakan beberapa jenis tanaman buah berikut ini secara mudah:

1. Strawberry

image source: gardeningknowhow.com

Nah buah mungil yang terkenal dengan rasa kecut tapi manisnya ini banyak digemari oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Tanaman buah ini cukup ditanam dalam wadah pot kecil saja dengan berbagai ukuran.

Tak perlu khawatir strawberrymu tetap akan tumbuh asalkan terkena sinar matahari sedikitnya 6-8 jam per hari.

Salah satu varietas yang paling mudah penanganannya adalah Strawberry Earlybrite.

Strawberry asal Swedia ini lebi tahan terhadap serangan hama penyakit dan selalu berbuah tiap minggunya.

Jadi kamu akan sering-sering panen strawberry deh.

2. Buah Naga Mini

jenis tanaman buah
image source: tokopedia.com

Siapa bilang buah naga harus ditanam di kebun yang luas. Buah naga mini ini bisa kamu tanam cukup menggunakan pot saja.

Perbedaan dengan buah naga biasa hanyalah dari segi ukuran saja.

Ukurannya yang mungil membuat buah naga mini dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah.

Perpaduan daun hijau berduri dan buah berwarna pink keunguan membuat tampilannya semakin unik dan menarik.

3. Jenis Tanaman Buah Pisang

Sudah pernah mencoba menanam pisang di dalam pot? Kalau belum yuk dicoba supaya pekarangan rumahmu bisa termanfaatkan dengan maksimal.

Menanam pisang di dalam wadah pot telah populer di beberapa kalangan pecinta tanaman perkebunan tropis.

Pisang yang ditanam dalam pot akan tumbuh dengan baik setinggi 2-4 meter.

Perawatannya tidak rumit, asalkan tersedia air dan cahaya yang cukup. Dijamin pisang kerdil kamu dapat berbuah dengan baik.

4. Jenis Tanaman Buah Melon

jenis tanaman buah
image source: haibunda.com

Tumbuhan merambat ini juga bisa ditanam di dalam pot loh gengs. Tapi jangan lupa untuk menyediakan sokongan tempat merambat agar si melon dapat berbuah dengan baik.

Tanaman melon terdiri dari berbagai varietas mulai dari buah berukuran mini hingga berukuran raksasa.

Untuk menanamnya di dalam pot, sesuaikan ukuran wadah dan buahnya agar tanaman tersebut berbuah dengan maksimal.

5. Jenis Tanaman Buah Jeruk

jenis tanaman buah
higaragro.com

Berbagai jenis jeruk juga bisa kamu tanam di pekarangan rumah.

Warna orange yang mentereng dari jeruk akan menambah nuansa keceriaan di taman mungilmu, apalagi jika dikombinasikan dengan keberadaan buah naga mini.

Jeruk yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah adalah diantaranya jeruk nagami, jeruk kalamansi, dan jeruk lemon.

Perawatan jeruk di dalam pot sangatlah mudah, hanya perlu pemupukan sebulan sekali.

6. Jenis Tanaman Buah Mangga

jenis tanaman buah
image source: sehatq.com

Tanaman buah mangga berkembang biak dengaan cara generatif dan vegetatif. Banyaknya jenis mangga merupakan hasil dari teknik okulasi yang diciptakan untuk memperoleh berbagai jenis mangga.

Proses tersebut bisa saja diterapkan dalam satu pohon terdapat tiga cabang batang dari tiga jenis mangga yang berbeda. Mangga merupakan tumbuhan dikotil dengan batang lurus, besar, dan kuat.

Daun pohonnya sangat rimbun dengan akar kuat yang dapat menembus tanah hingga kedalaman pulluhan meter. Umur pohon mangga dapat mencapai usia lebih dari 50 tahun juka berasal dari bibit biji. Selama itu pohon mangga bisa terus produktif.

Tak hanya itu, selain menghasilkan pundi-pundi rupiah, mangga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bisa menangkal kanker, menurunkan kadar kolesterol, menutrisi mata, melindungi organ pencernaan, serta meningkatkan imun tubuh.

7. Apel

image source: greeners.com

Pohon apel bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 12 meter. Batangnya lebar dengan banyak ranting dan daun. Bentuk daunnya lonjong memanjang dengan ukuran 5 – 12 cm dan lebar 3 – 6 cm.

Di musim semi, bunga-bunga apel akan bermekaran dengan warna putih dan semburat merah jambu. Apel akan matang pada saat musim gugur yang kemudian bisa di panen.

Ukuran buahnya bervariasi tergantung pada jenisnya. Biji buahnya terletak di bagian tengah buah dan berisi dua sampai empat biji. Warna bijinya hitam kecoklatan.

Terdapat banyak apel yang tersebar di seluruh dunia dan biasa dikonsumsi. Mulai dari jenis golden delicious, red delicious, apel gala, manalagi, hingga apel malang.

Manfaat atau khasiat dari buah apel untuk tubuh juga sangat banyak. Bisa mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, menghilangkan plak pada gigi, mencegah penyakit sistem pencernaan, mencegah gangguan penglihatan, dan menangkal radikal bebas.

8. Semangka

image source: samudrabibit.com

Kemajuan teknologi di bidang pertanian menghasilkan berbagai produk pertanian unggulan. Salah satunya adalah semangka yang dibuat tanpa biji. Berikut ciri-ciri dari semangka tanpa biji:

1. Akar semangka tanpa biji merupakan akar serabut yang menyebar tidak jauh dari permukaan tanah.

2. Batangnya lunak, bulat, dan berwarna hijau.

3. Daunnya terletak bersebrangan dan berbentuk caping dengan tangkai yang panjang.

4. Bunga semangka tanpa biji tergolong uniseksualitas. Ddimana dalam satu bunga hanya terdapat bunga jantan atau bunga betina saja.

5. Penampakan fisik buah semangka tanpa biji cukup variatif. Berdasarkan bentuknya ada yang berbentuk bulat, lonjong, oval, hingga yang unik. Sementara kulitnya ada yang bergaris dan ada juga yang tidak bergaris.

Khasiat semangka bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak. Semangka dapat menahan serangan jantung, sebagai antioksidan dan antikanker. Memberikan perlindungan dari rdikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat, sebagai diuretik dan anti alergi.

9. Manggis

image source: kompasiana.com

Tinggi tumbuhan buah manggis bisa mencapaai 10 – 25 meter. Mahkota bunganya ada yang berbentuk bula dan adapula yang seperti piramida kompak meruncing ke atas. Termasuk tanaman yang sulit dikembangkan karena pertumbuhannya yang snagat lambat.

Mereka membutuhkan waktu beberapa tahun agar ssistem perakaran benar-benar efektif dan bisa menjadi produktif. Untuk itu, bagi petani pemula haruslah sabar sampai saatnya pohon manggis nantinya akan mulai produktif.

Syarat tumbuh pohon manggis akan lebih baik jika dibudidayakan di daerah bersuhu tinggi, lembab, dengan curah hujan tinggi atau merata sepanjang tahun. Tidak tahan terhadap angin laut jadi jaangan menanamnya di daerah pesisir.

Saat masih muda, mereka membutuhkan naungan yang rimbun sehingga akar akan tumbuh dengan baik. Tanah sebagai media tanamnya haruslah tanah yang subur dan banyak mengandung humus.

Khasiat buah manggis bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak. Buahnya enak dimakan dan kullitnya dapat diekstrak untuk pengobatan hingga pewarna.

Nah, bayangkan jika di pekarangan rumah kamu ada banyak buah-buahan seperti jenis tanaman buah diatas.

Tiap bulannya kamu tinggal panen menikmati buah-buahan tersebut tanpa perlu membelinya ke supermarket.

Kocek akan tetap aman, perut pun tetap kenyang. Yuk mulai berkebun kecil-kecillan gengs!

Siapa tahu lama-lama punya kebun yang luasnya berhektar-hektar dan bisa dijadikan sumber penghasilan baru buat kamu. Selamat mencoba!

Leave a Comment