5 Jenis Teknik Mancing Untuk Pemula yang Sering Digunakan

Jenis teknik mancing – Siapa yang punya hobi memancing? Atau yang baru tertarik dengan aktivitas tetsebut? Kalau kamu juga demikian yuk simak artikel ini sampai habis.

Karena pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas tentang jenis teknik mancing, setelah sebelumnya kami telah memaparkan tentang peralatan pancing yang wajib diketahui.

Memancing menjadi kegiatan yang bisa menyenangkan loh. Karenanya banyak orang yang menghabiskan akhir pekannya dengan memancing.

Tetapi sebelum mancing terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari, misalnya menyiapkan alat pancing, dan bagaimana jenis teknik mancingnya.

Setelah mengetahui peralatan yang harus disiapkan ketika akan memancing, mempelajari bagaimana teknik mancing juga sangat penting loh.

Sebab dengan memahami teori tersebut keberhasilan untuk mendapatkan ikan incaran bisa semakin tinggi. Meski teknik-teknik ini bisa juga tidak cocok ketika diterapkan, tetapi paling tidak kita sudah pernah mencoba dasarnya.

Yuk kita lihat bersama penjelasan tentabg jenis teknik memancing berikut ini, supaya kamu juga bisa membuktikan apakah teknik tersebut memang bekerja dengan baik.


Beragam Jenis Teknik Mancing


Teknik memancing itu beragam sesuai dengan jenis ikan yang akan ditangkap dan juga tempat memancing itu sendiri. beberapa teknik memancing belum berubah sejak berabad-abad lalu. Saat ini, banyak teknik tradisional yang digabungkan dengan teknik industri.

Jaring, jebakan, dan pancingan telah lama digunakan secara universal dalam hal memancing ikan. Peralatan-peralatan tersebut kini sudah semakin berkembang dengan inovasi teknologi yang memudahkan pemancing.

Meski terdapat perubahan dari segi peralatan, pada dasarnya teknik memancing tetap sama sejak dulu kala. Apa yang dimaksud dengan teknik memancing adalah metode untuk menangkap ikan. Istilah tersebut juga digunakan untuk menangkap hewan air lainnya.

Hal-hal yang termasuk teknik memancing, seperti menangkap dengan tangan, menombak, menjala atau menjaring, angling, dan memasang jebakan. Pemancing dengan nelayan menggunakan teknik memancing yang berbeda.

Biasanya pemancing yang memancing untuk tujuan rekreasi dan olahraga tidak menargetkan bisa membawa pulang banyak ikan. Sementara para nelayan komersial menargetkan banyak tangkapan agar bisa menghasilkan uang dari menjual tangkapannya.

Sebagian besar pemancing memakai metode angling atau dengan kait dan joran. Sementara itu para nelayan komersial umumnya lebih sering memakai metode jaring atau jala. Kedua metode tersebut disesuaikan dengan target buruan mereka.

Terdapat hubungan antara berbagai teknik, pengetahuan memancing, dan juga perilaku ikan. Perilaku ikan yang ddimaksud disini termasuk migrasi, makanan, serta habitat ikan. Penggunaan teknik memancing yang efektif sering bergantung pada hal-hal tersebut.

Pemancing atau nelayan akan menyesuaikan teknik memancing dengan habitat dan target buruannya. Teknik memancing berbeda dengan peralatan memancing.

Peralatan memancing mengacu pada peralatan fisik atau komponen yang digunakan untuk memancing atau menangkap ikan. Sementara teknik memanccing mengacu pada cara bagaimana peralatan memancing tersebut digunakan pada saat memancing.

Apa Itu Teknik Angling

Kali ini kita akan membahas mengenai metode-metode yang digunakan dalam teknik memancing angling. Angling merupakan salah satu teknik memancing dengan alat berupa kail. Dimana kail atau pengait tersebut biasanya dipasang pada sebuah tali dan juga dipasang pemberat.

Ini merupakan teknik yang paling umum dan sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Biasanya teknik ini selain menggunakan kail, tali dan pemberat juga menggunakan tongkat pancing atau joran. Untuk memancing dengan metode ini kita memerlukan umpan yang dikaitkan ke kail.

Komponen fisik tambahan yang biasanya digunakan dalam teknik ini adalah reel atau kumparan untuk menggulung dan mengulur senar pancing. Selain itu, dalam metode angling terkadang dibutuhkan juga pelampung pancing.

Pelampung pancing tersebut berguna untuk mengatur senar sekaligus menjadi indikator saat umpan mengenai sasaran. Saat umpan tergigit mangsa, pelampung biasanya akan ikut bergerak timbul tenggelam di air.

Salah satu komponen yang paling pentik dalam teknik angling selain kail adalah umpan. Umpan yang digunakan bisa umpan asli atau umpan buatan (artifisial).

Kebanyakan kompetisi memancing diadakan menggunakan metode angling. Baik pemancing pro maupun amatir yang menyukai olahraga memancing pasti familiar dengan teknik angling.

Meskipun jarang, tapi beberapa nelayan komersil ada juga yang menggunakan teknik angling untuk memancing ikan. Tentu peralatan yang digunakan berbeda dengan peralatan memancing seperti yang biasa digunakan pemancing biasa.

Mereka menggunakan metode memancing yang menggunakan banyak kail, seperti longlini dan trolling. Di era modern teknik memancing angling banyak mengalami kemajuan. Sekarang banyak alat bantu lain yang digunakan dalam memancing dengan teknik angling.

Sebut saja drone yang menggantikan metode penggunaan layang-layang, serta meriam. Dimana meriam tersebut akan melontarkan umpan dan kail kita tanpa perlu mengayunkan tangan. Cukup dengan meletakkan joran dan komponennya ke meriam dan tembakkan.

Berikut ini kita akan membahas beberapa metode memancing atau sub-teknik dalam teknik angling:

Jenis Teknik Mancing: Trolling

Salah satu teknik yang bisa diaplikasikan pada medan pancing di laut lepas adalah trolling.

Trolling adalah metode memancing yang mengharuskan umpan ditarik melalui air di belakang perahu yang bergerak dengan kecepatan 5-7 knot.

Oleh karena itu jika teman-teman ingin memancing dengan metode trolling harus menggunakan reel dan joran khusus yang cukup kuat.

Umpan yang digunakannya pun berpengaruh dengan kecepatan laju kapal. Tetapi yang jelas biasanya umpan yang digunakan adalah umpan imitasi yang terbuat dari bahan kayu, fiber glass, dan plastik.

Jenis Teknik Casting

Selanjutnya ada yang disebut dengan teknik casting. Adalah sebuah teknik memancing yang dilakukan dengan melempar umpan buatan (lure) kepada target dengan memakai alat reel dan joran.

Teknik ini berhubungan erat dengan keahlian melempar dan menggulung umpan, sehingga tangan pun harus terus menerus bergerak melempar dan menggulung sampai target dicapai.

Bottom Fishing/ Teknik Dasaran

Teknik yang sangat umum digunakan oleh banyak orang disebut dengan teknik dasaran atau bottom fishing. Teknik konvensional ini yang pertama dipelajari oleh para pemancing pemula.

Disebut dengan teknik dasaran karena memang ikan yang menjadi target pada teknik ini adalah ikan yang sering berada di dasaran, baik itu dasar sungai, laut, danau, atau juga empang.

Memancing dengan teknik dasaran tidak membutuhkan peralatan yang khusus, cukup dengan kail, senar, dan umpan saja.

Pada intinya teknik ini mengharuskan umpan tenggelam berada di dasar air sehingga ikan-ikan dapat menyambar umpan tersebut.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu juga menggunakan timah dan pelampung pancing.

Jenis Teknik Mancing: Jigging

Memancing dengan menggunakan umpan buatan juga biasa dilakukan pada teknik jigging.

Umpan tersebut biasanya terbuat dari bahan metal dan mempunyai berat minimal 100 gram, sehingga umpan dapat terjun ke dasar laut dengan cepat.

Selain itu peralatan joran yang digunakan pada teknik ini juga berbeda dengan teknik sebelumnya, tepatnya joran cenderung lebih kaku dan pendek.

Jigging dilakukan dengan menerjunkan jig umpan ke tempat yang menjadi sasaran.

Kemudian biarkan jig tersebut meluncur ke dasar laut, selanjutnya pemancing tinggal menggulung reel secara cepat sambil sesekali dihentak hentak.

Jenis Teknik Mancing: Ngoncer

Jika pada teknik-teknik sebelumnya umpan yang digunakan merupakan umpan buatan atau imitasi, pada teknik ngoncer umpan yang digunakan adalah umpan hidup atau live bait.

Bagaimana cara mengaplikasikan teknik ngoncer? Mudah saja, teman-teman tinggal melemparkan umpan ke atas tempat sasaran yang diinginkan.

Kemudian biarkan umpan tersebut melayang dan bergerak sendiri dengan bebas di atas air. Ikan yang biasanya menjadi target teknik ini adalah tenggiri dan barracuda.

Handlining

Jika teman-teman ingin mempelajari teknik ini, bisa langsung saja melihat nelayan-nelayan pada umumnya, sebab handlining memang sering digunakan oleh para nelayan.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menurunkan benang yang sudah diberi timah, umpan, dan mata kail ke dasar laut secara perlahan-lahan.

Leave a Comment