5 Jenis Teknik Mancing Untuk Pemula yang Sering Digunakan

5 Jenis Teknik Mancing Untuk Pemula yang Sering Digunakan

Jenis teknik mancing – Siapa yang punya hobi memancing? Atau yang baru tertarik dengan aktivitas tetsebut? Kalau kamu juga demikian yuk simak artikel ini sampai habis.

Karena pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas tentang jenis teknik mancing, setelah sebelumnya kami telah memaparkan tentang peralatan pancing yang wajib diketahui.

Memancing menjadi kegiatan yang bisa menyenangkan loh. Karenanya banyak orang yang menghabiskan akhir pekannya dengan memancing.

Tetapi sebelum mancing terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari, misalnya menyiapkan alat pancing, dan bagaimana jenis teknik mancingnya.

Setelah mengetahui peralatan yang harus disiapkan ketika akan memancing, mempelajari bagaimana teknik mancing juga sangat penting loh.

Sebab dengan memahami teori tersebut keberhasilan untuk mendapatkan ikan incaran bisa semakin tinggi. Meski teknik-teknik ini bisa juga tidak cocok ketika diterapkan, tetapi paling tidak kita sudah pernah mencoba dasarnya.

Yuk kita lihat bersama penjelasan tentabg jenis teknik memancing berikut ini, supaya kamu juga bisa membuktikan apakah teknik tersebut memang bekerja dengan baik.


Beragam Jenis Teknik Mancing


Berikut terdapat beragam jenis teknik mancing yang bisa teman-teman pelajari dan kemudian dipraktikan ketika memancing

Jenis Teknik Mancing: Trolling

Salah satu teknik yang bisa diaplikasikan pada medan pancing di laut lepas adalah trolling.

Trolling adalah metode memancing yang mengharuskan umpan ditarik melalui air di belakang perahu yang bergerak dengan kecepatan 5-7 knot.

Oleh karena itu jika teman-teman ingin memancing dengan metode trolling harus menggunakan reel dan joran khusus yang cukup kuat.

Umpan yang digunakannya pun berpengaruh dengan kecepatan laju kapal. Tetapi yang jelas biasanya umpan yang digunakan adalah umpan imitasi yang terbuat dari bahan kayu, fiber glass, dan plastik.

Jenis Teknik Casting

Selanjutnya ada yang disebut dengan teknik casting. Adalah sebuah teknik memancing yang dilakukan dengan melempar umpan buatan (lure) kepada target dengan memakai alat reel dan joran.

Teknik ini berhubungan erat dengan keahlian melempar dan menggulung umpan, sehingga tangan pun harus terus menerus bergerak melempar dan menggulung sampai target dicapai.

Bottom Fishing/ Teknik Dasaran

Teknik yang sangat umum digunakan oleh banyak orang disebut dengan teknik dasaran atau bottom fishing. Teknik konvensional ini yang pertama dipelajari oleh para pemancing pemula.

Disebut dengan teknik dasaran karena memang ikan yang menjadi target pada teknik ini adalah ikan yang sering berada di dasaran, baik itu dasar sungai, laut, danau, atau juga empang.

Memancing dengan teknik dasaran tidak membutuhkan peralatan yang khusus, cukup dengan kail, senar, dan umpan saja.

Pada intinya teknik ini mengharuskan umpan tenggelam berada di dasar air sehingga ikan-ikan dapat menyambar umpan tersebut.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu juga menggunakan timah dan pelampung pancing.

Jenis Teknik Mancing: Jigging

Memancing dengan menggunakan umpan buatan juga biasa dilakukan pada teknik jigging.

Umpan tersebut biasanya terbuat dari bahan metal dan mempunyai berat minimal 100 gram, sehingga umpan dapat terjun ke dasar laut dengan cepat.

Selain itu peralatan joran yang digunakan pada teknik ini juga berbeda dengan teknik sebelumnya, tepatnya joran cenderung lebih kaku dan pendek.

Jigging dilakukan dengan menerjunkan jig umpan ke tempat yang menjadi sasaran.

Kemudian biarkan jig tersebut meluncur ke dasar laut, selanjutnya pemancing tinggal menggulung reel secara cepat sambil sesekali dihentak hentak.

Jenis Teknik Mancing: Ngoncer

Jika pada teknik-teknik sebelumnya umpan yang digunakan merupakan umpan buatan atau imitasi, pada teknik ngoncer umpan yang digunakan adalah umpan hidup atau live bait.

Bagaimana cara mengaplikasikan teknik ngoncer? Mudah saja, teman-teman tinggal melemparkan umpan ke atas tempat sasaran yang diinginkan.

Kemudian biarkan umpan tersebut melayang dan bergerak sendiri dengan bebas di atas air. Ikan yang biasanya menjadi target teknik ini adalah tenggiri dan barracuda.

Handlining

Jika teman-teman ingin mempelajari teknik ini, bisa langsung saja melihat nelayan-nelayan pada umumnya, sebab handlining memang sering digunakan oleh para nelayan.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menurunkan benang yang sudah diberi timah, umpan, dan mata kail ke dasar laut secara perlahan-lahan.

Leave a Comment