Lagu Gugur Bunga (Latar Belakang, Lirik, Tokoh Pencipta dan Makna)

Lagu Gugur Bunga (Latar Belakang, Lirik, Tokoh Pencipta dan Makna)

Lagu Gugur Bunga merupakan sebuah lagu wajib nasional yang diciptakan oleh Marzuki Ali. Judul asli dari lagu ini adalah Gugur Bunga Di Taman Bakti dan dirilis pada tahun 1945.

Marzuki Ali menulis lagu tersebut dalam rangka mengenang para pahlawan kala itu. Tepatnya karena perjuangan tentara Indonesia yang tewas selama Revolusi Nasional Indonesia.


Lagu Gugur Bunga


Revolusi Nasional Indonesia sendiri terjadi pada 17 Agustus 1945 hingga 27 Desember 1949.

Dimana Republik Indonesia yang baru merdeka dengan Kerajaan Belanda yang dibantu sekutu (Inggris) terlibat konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi.

Sebenarnya gerakan revolusi tersebut sudah dimulai sejak tahun 1908 yang kini kita peringati sebagai hari Kebangkitan Nasional.

Latar Belakang Lagu

Selama kurun waktu 4 tahun peristiwa berdarah terjadi dimana-mana dan tak hanya itu pertikaian politik serta intervensi dunia juga terjadi.

Meskipun Belanda berhasil menguasai kembali kota- kota besar di Jawa dan Sumatra, tapi mereka tidak berhasil menguasai daerah pinggiran dan desa karena perlawanan sengit.

Dalam peristiwa itu pula sekitar 45.000 hingga 100.000 pejuang Indonesia tewas demi menjaga kemerdekaan Indonesia agar tidak kemballi ke tangan penjajahan Belanda.

Duka yang amat mendalam akibat kehilangan para pejuan Indonesia yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia inilah yang membuat Marzuki Ali menciptakan Gugur Bunga.

Tokoh Pencipta Lagu Gugur Bunga

Ismail Marzuki atau yang juga dikenal dengan Marzuki Ali merupakan seorang komponis besar Indonesia.

Pria kelahiran Kwitang, Senen, Batavia 11 Mei 1914 ini namanya telah diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta, yaitu Taman Ismail Marzuki.

Karya-karya Ismail Marzuki cukup banyak dan kita kenal luas. Beberapa dari karyanya dijadikan sebagai lagu wajib nasional Indonesia.

Selain dikenal sebagai komponis kenamaan Ismail Marzuki atau Marzuki Ali juga kita kenal sebagai salah satu tokoh pahlawan Nasional Indonesia.

Makna Lagu Gugur Bunga

Lirik lagu Gugur Bunga sendiri menceritakan tentang kematian seorang prajurit dan perasaan penyanyi (dan juga penciptanya lagunya) akan jasa-jasa pahlawan mereka.

Kini lagu Gugur Bunga kerap dinyanyikan sebagai lagu perjuangan atau lagu pemakaman para pahlawan atau tokoh nasional yang banyak berjasa bagi bangsa dan negara Indonesia.

Sebut saja pada saat pemakaman mantan presiden RI ke-3 Baharudin Jusuf Habibie atau yang lebih kita kenal dengan Eyang Habibie. Beliau telah menutup usia di tanggal di usianya yang ke 83 tahun.

Beberapa hari selama masa berkabung, selain mengibarkan bendera setengah tiang banyak yang menyanyikan lagu gugur bunga saat apel pagi. Terutama di sekolah-sekolah dan kantor pemerintah.

Siapa saja yang mendengar lagu ini disaat pemakaman pahlawan terutama keluarga yang ditinggalkan pasti akan terenyuh hatinya.

Liriknya yang dalam serta irama atau melodi yang khidmat membuat siapa saja yang mendengarkan menitikkan air mata.

Liriknya terdiri dari empat bait. Pada bait pertama menggambarkan perasaan kesedihan yang mendalam karena gugurnya para pahlawan.

Bait kedua berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak orang yang ditinggalkan akan sosok pengganti pahlawan yang telah pergi.

Di bait ketiga menjelaskan kalau para pahlawan tersebut pergi karena menginginkan kebaikan untuk Tanah Air. Sedangkan bait terakhir menggambarkan keikhlasan orang yang ditinggalkan.

Biasa dinyanyikan dengan tempo andante moderato atau tempo sedang dan birama 4/4 atau 4 ketukan nada seharga 1/4.

Jika kalian menyanyikannya saat paduan suara atau upacara pastikan mulai bernyanyi saat dirigen mengayunkan tangan setelah posisi 4.

Jadi jangan sampai terlalu cepat saat menyanyikan lagu ini agar tetap khidmat dan makna lagunya tersampaikan.


Lirik Lagu Gugur Bunga


Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini pelipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati

Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah janji bakti
Gugur satu tumbuh seribu
Tanah air jaya sakti

Gugur bungaku di taman hati
Di haribaan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
tanah air jaya sakti

Demikian penjelasan mengenai Lagu Gugur Bunga. Semoga bermanfat.

Leave a Comment