25 Daftar Lagu Nostalgia Terbaik Sepanjang Masa

Ada kalanya saat-saat tertentu kamu butuh kesendirian karena lelah dari aktivitas yang berkepanjangan.

Aatau juga ingin kumpul dengan teman-teman sekolah atau keluarga yang sudah lama tidak berjumpa karena ingin melepas rindu.

Atau ingin ada yang mendengarkan keluh kesah yang dipendam, ada juga kalanya kamu ingin pulang ke kampung halaman karena sudah lama merantau jauh dari rumah dan orang-orang terdekat.


Lagu Bernuansa Nostalgia Terbaik


Berikut lagu-lagu nostalgia yang mungkin bisa mengisi kekosongan yang kamu rasakan sembari menunggu kesempatan dimana harapanmu akan menjadi nyata.

>> Lagu Nostalgia Lawas Terbaik

1. Surat Cinta – Vina Panduwinata

Lagu Surat Cinta yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata ini mengisahkan tentang seseorang yang merasa bahagia karena mendapatkan surat cinta pertamanya.

Ia dengan senang gembira menunggu pak pos membawa surat cinta pertama yang akan diterimanya dan ketika membacanya semakin bahagia dengan kata-kata cinta di dalamnya.

2. Andaikan Kau Datang – Koes Plus

Nih lagu buat kamu yang gagal move on. Doi bakalan datang lagi ga ya? heheh

Dinyanyikan oleh grup music Koes Plus, lagu Andaikan Kau Datang menjadi salah satu lagu nostalgia yang tak lekang oleh zaman, di mana lagu ini sangat memorable dan membangkitkan perasaan nostalgia.

Makna lagu ini bisa bermacam-macam tergantung bagaimana menafsirkannya. Ada yang menafsirkannya sebagai lagu tentang cinta sepasang kekasih, ada juga makna lainnya.

Ada juga makna pengandaian keadaan ketika telah meninggal dunia dan dunia tidak bisa diputar kembali.

3. Kemesraan – Rafika Duri dkk

Semoga kemesraan kalin ga cepat berlalu ya, aminnn.

Lagu Kemesraan menggambarkan tentang kelak akan adanya perpisahaan dikala sedang berada di momen-momen indah atau bahagia.

Ada juga yang mengisahkan mengenai seseorang yang tidak ingin momen-momen indah bahagia yang sedang dijalankan cepat berlalu dan ingin selalu mengenangnya.

4. Cinta Kita – Inka Christie ft. Amy Search

Lagu galau versi rock nih, Cadassss.

Sebelum berduet dengan Amy Search, Inka Christie ternyata mengakaui bahwa dirinya memiliki keinginan untuk bernyanyi dikarenakan suara yang dimiliki oleh Amy Search.

Inka pun bermimpi suatu saat ingin bisa berduet dengan Amy Search dan mimpi tersebut menjadi kenyataan di lagu Cinta Kita.

5. Di Dadaku Ada Kamu – Vina Panduwinata

Lagu nya mbak Vina nih, kece abiis deh mbak Vina emang 🙂

Lagu yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata ini jika dilihat dari liriknya mengisahkan mengenai seseorang yang sedang di mabuk asmara, di mana ia selalu terbayang-bayang kekasihnya.

6. Kala Cinta Menggoda – Chrisye

Paling cocok buat dinyanyiin bareng nih lagu hahah. Maka izinkanlah aku, mencintaimu~

Dinyanyikan oleh Chrisye, lagu Kala Cinta Menggoda yang kini juga dinyanyikan oleh NOAH ini mengisahkan tentang seseorang yang mencintai orang lain ketika sedang menjalin hubungan asmara.

Pada awal kehadiran lagu ini di 1997, Kala Cinta Menggoda menjadi salah satu karya fenomenal yang menghasilkan banyak prestasi.

7. Kupu Kupu Kertas – Ebiet G. Ade

Salah satu karya Ebiet G. Ade yang terbaik nih.

Lagu yang dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade ini memiliki banyak perbedaan pendapat mengenai makna di dalamnya.

Ada yang mengatakan kalau lagu ini mengisahkan kupu-kupu malam yang menebar ‘cinta’ dengan senyum namun terdapat luka atau kesedihan di dalam dirinya.

8. Bintang Kehidupan – Nike Ardilla

Lagu keren dari mbak Nike Ardilla ini emang bikin luluh.

Lagu Bintang Kehidupan mengisahkan tentang seseorang yang sudah lelah, kecewa karena gagal menjalin hubungan, dan jenuh dengan kata-kata cinta, namun memiliki harapan kebahagiaan akan datang.

9. Tenda Biru – Desy Ratnasari

Mbak Desy Ratnasari ini ternyata yang pertama kali melakukan Mannequin Challenge loh, ga percaya? lihat video klip nya ini.

Jika menggunakan istilah jaman sekarang, Tenda Biru merupakan lagu yang mengisahkan seseorang yang ‘di-ghosting’ oleh pasangannya, ditinggal menikah dengan orang lain tanpa memberi kejelasan hubungan.

10. Aku Tak Biasa – Alda

Lagu yang enak dan jadi favorit banyak orang.

Lagu Aku Tak Biasa yang dinyanyikan oleh Alda mengisahkan mengenai seseorang yang tak biasa jika tidak orang yang berarti di sisinya, baik itu kehadiran, suara, atau yang lainnya.

11. Kisah Sedih di Hari Minggu – Iis Sugianto

Galau di malam minggu itu ternyata udah ada dari zaman old ya.

Sebagai salah satu lagu nostalgia, Kisah Sedih di Hari Minggu yang dinyanyikan oleh Koes Plus merupakan lagu yang akan mengingatkan banyak orang mengenai masa mudanya.

12. Broery Marantika – Jangan Ada Dusta di Antara Kita

Jangan ada dusta, karena apa?

Dosaaaaa.

Lagu yang dinyanyikan oleh Broery Marantika mengisahkan mengenai seseorang yang tidak ingin ada dusta di dalam suatu hubungan sebelum melangkah ke jenjang yang lebih jauh lagi.

13. Kaulah Segalanya – Ruth Sahanaya

Ini lagu cocok banget buat kamu yang lagi jatuh cinta sama orang 🙂

Lagu yang dinyanyikan oleh Ruth Sahanaya mengisahkan tentang seseorang yang mengganggap orang yang dicintainya adalah segalanya untuknya.

14. Titip Rindu Buat Ayah – Ebiet G. Ade

Selain sebagai lagu nostalgia, lagu Titip Rindu Buat Ayah yang penuh emosional dan dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade ini juga mewakili banyak orang yang kerap merindukan sosok atau kehadiran ayah.

15. Untuk Kita Renungkan – Ebiet G. Ade

Lagu Untuk Kita Renungkan yang dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade merupakan lagu yang ditulis setelah bencana Gunung Galunggu pada tahun 1982.

Melalui lagu ini juga Ebiet memberikan pesan untuk senantiasa merenung dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

>> Nostalgia Lagu Minang / Lagu Daerah

1. Ayam Den Lapeh/ Ayam Ku Lepas

“oi…oi… ayam den lapeh”

Lagu ini merupakan lagu pop 50-an diciptakan oleh Nurseha dan dipopulerkan oleh Oslan Husain.

Mungkin ketika kamu mendengarkan lagu ini kamu akan terbawa ke nuansa kampung halaman, terutama bagi kamu yang asli orang Minang.

Selain itu, lagu ini juga termasuk lagu daerah yang dipelajari di sekolah-sekolah, jadi mungkin kamu yang bukan orang Minang tapi pernah belajar ini di bangku sekolah dasar akan teringat bagaimana kamu dapat lot kepilih lagu ini pas ujian kesenian nyanyi di depan kelas.

Lagu ini menceritakan bagaimana geografis daerah yang ada di Minang dan kebiasaan masyarakat setempat.

2. Jawinar

“Oi Jawinar.., Jawi Jawi”

Satu lagi lagu Minang recommended yang mungkin udah jadul banget. Dengan penyanyi Nedi Gampo.

Menceritakan bagaimana seorang laki-laki patah hati karena merasa dicurangi oleh wanita yang ia cintai dan pada akhirnya tidak jadi menikah karena tidak direstui oleh kedua orangtuanya.

Padahal pengorbanan yang ia lakukan sudah banyak untuk si wanita.

Meski maknanya agak serius, tapi lagu ini dibawakan sehumoris mungkin, jika kalian melihat video clipnya kalian akan mengira bahwa si wanita adalah si Jawi yang dalam bahasa Minang artinya sapi.

>> Nostalgia Lagu Asia

1. Because I’m Stupid

Lagu asal korea ini disiarkan tahun 2009 saat drama BBF (Boys Before Flower) sedang booming- boomingnya.

Ditambah lagi yang menyanyikan lagu ini adalah salah satu pemain utama BBF yaitu, boyband SS501 oleh Kim Hyun Joong, sang pemeran Yoon Ji Hoo.

Lagu ini pasti sedikit memorial bagi kamu terutama yang lahir tahun 90 an.

Disamping lagu ini Ost. dari film BBF yang super baperan banget, lagu ini juga dinyanyikan dengan baik oleh boyband SS501 dengan suara merdu mereka.

2. Oh Baby (The Meteor Rain)

Ada yang masih ingat dengan lagu dari film Meteor Garden ini???

Lagu dari drama televisi Taiwan yang ditayangkan pada tahun 2001 ini merupakan lagu pertama yang termasuk popular di Asia.

Dikarenakan lagunya yang enak didengar, juga karena lagu ini termasuk lagu utama dari film Meteor Garden yang penataan lagunya selaras dengan dramanya.

Lagu dengan nama lain Jue Bu Neng Shi Qu Ni ini dinyanyikan oleh F4 yaitu pemain-pemain dramanya sendiri.

>> Nostalgia Lagu Anime

1. Iki Mo Dekinai (Cooking Master Boy)

Ost. anime Cooking Master Boy juga masuk list ya, lagu nostalgia yang juga enak banget didengar. Bagi kamu pencinta kartun pasti tau ini deh.

2. Fukai Mori (Inuyasha)

Siapa sih yang nggak tau film anime ini, film ini memiliki tangga lagu yang keren-keren. Salah satunya Fukai Mori ini atau Do As Infinity.

3. Every Heart (Inuyasha)

Film ini bisa dibilang lagu nostalgia ya, karena dari filmnya yang udah jadul banget alias dan sudah jarang banget diputar di TV.

Tapi tenang kamu masih bisa menikmati lagunya di Youtube.

4. I Want To Chance The World (Inuyasha)

Satu lagi lagu andalan film anime Inuyasha ini ya. Pokoknya semua recommended, selain lagunya yang seru, kamu bakalan merasakan nuansa nostalgianya sembari mendengar lagunyanya sendiri.

>> Nostalgia Lagu India

1. Kuch Kuch Hota Hai

Lagu India sudah popular dari dulu, tidak ada yang memungkiri bahwa lagu dari negeri Taj Mahal ini sudah merambah keseluruh dunia.

Sehingga orang-orang mencetuskan nama Bollywood yang diambil dari nama Mumbai dan Hollywood.

Lagu ini dibawakan dalam filmnya yang juga berjudul Kuch Kuch Hota Hai dan diperkenalkan oleh aktor papan atas seperti Shah Rukh Khan, Kajol dan Rani Mukerji

2. Humko Humise Chura Lo

Satu lagi nih lagu yang ngajak kamu nostalgia banget dari India yaitu Humko Humise Chura Lo.

Lagu ini berbeda dari Kuch Kuch Hota Hai yang lagunya sedikit ceria, sedangkan lagu ini lebih bernuansa haru.

Demikian beberapa lagu nostalgia terbaik sepanjang masa versi penulis, semoga suka dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment