7 Macam Makanan Ikan Cupang Terbaik untuk Kesehataan dan Warna

Selain terkenal sebagai ikan aduan, ikan cupang juga terkenal sebagai ikan hias dengan sirip yang lebar dan warnanya yang indah.

Di masa pandemi seperti ini, karena banyak orang yang mengurangi aktivitas di luar ruangan, banyak orang minat untuk memelihara ikan cupang sebagai ikan hias dan bahkan menjadi peluang bisnis.

Ikan cupang sendiri termasuk jenis ikan yang agresif, oleh karena itu lebih baik penempatan ikan cupang ditempatkan di tempat yang berbeda setiap ikannya. Memeliharanya juga tidaklah sulit, baik merawat atau pakannya.

Pakan ikan cupang pun sangat mudah dan tidak sulit untuk didapatkan, oleh karena itu jika kamu ingin memelihara ikan cupang, kamu tidak perlu khawatir soal pakan yang sulit dan mahal.


Makanan Ikan Cupang


Berminat memelihara ikan cupang sebagai ikan hias dan sedang mencari tahu apa saja makanannya? Berikut merupakan daftar makanannya:

1. Jentik Nyamuk

"√

Untuk anak generasi 90-an mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan ikan cupang yang satu ini. Siapa sangka, jentik nyamuk sebenarnya kaya protein bagi ikan cupang.

Makanan ini cocok diberikan pada ikan cupang remaja yang masih dalam pertumbuhan. Selain itu, makanan cupang yang satu ini juga mudah didapatkan.

Jika sulit menemukannya, kamu bisa mendapatkannya sendiri dengan cara mengisi ember air bekas cucian beras, taruh di tempat gelap terbuka dan tunggu beberapa hari.

2. Cacing Darah

"√

Ikan cupang yang diberikan makanan cacing darah dipercaya dapat berpengaruh bagus untuk menghasilkan warna yang indah pada ikan cupang hias.

Sebenarnya sebagai salah satu makanan, gizi dan protein pada cacing darah tidak setinggi makanan ikan cupang lainnya. Namun, yang satu ini tetap bisa dijadikan sebagai alternatif.

3. Cacing Sutra

"√

Masih dari jenis cacing, makanan selanjutnya yang bisa diberikan pada ikan cupang adalah cacing sutra, atau yang juga dikenal sebagai cacing rambut.

Cacing sutra/rambut ini termasuk jenis makanan yang mudah didapatkan, kamu juga tidak perlu mencarinya dengan berkotor-kotoran, cukup beli di tempat penjual ikan hias.

Selain itu, kamu pun bisa membelinya di e-commerce dan mencari penjual yang tidak terlalu jauh agar pengiriman bisa menggunakan ojek online dan sampai hari itu juga.

4. Kuning Telur

"√

Kaya akan protein, kuning telur juga merupakan salah satu makanan ikan cupang yang bisa kamu berikan. Makanan ini juga terbilang sangat mudah didapatkan.

Sebelum dijadikan sebagai pakan, rebus atau kukus kuning telur terlebih dahulu sampai matang. Jika sudah, baru berikan pada ikan cupang dan jangan terlalu banyak.

5. Anak Ikan Guppy

"√

Siapa sangka ikan guppy yang cepat dan mudah berkembang biak, anakannya dapat digunakan sebagai pakan ikan cupang.

Anak ikan guppy juga menjadi pakan yang cukup populer untuk ikan cupang karena memiliki nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan.

Jika kamu sulit mendapatkan makanan yang satu ini kamu bisa gunakan alternatif makanan lainnya yang bisa lebih mudah kamu dapatkan.

6. Artemia

"√

Artemia atau yang juga dikenal sebagai salah satu jenis udang kecil yang hidup di laut juga bisa menjadi opsi untuk makanan ikan cupang.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, ukurannya yang kecil juga membuat jenis udang kecil ini mudah untuk dikonsumsi oleh ikan.

Kandungan protein pada makanan ini baik dan cocok diberikan untuk ikan cupang yang belum terlalu dewasa.

7. Kutu Air

"√

Kutu air dapat dikatakan sebagai salah satu makanan ikan cupang dengan kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh atau juga agar ikan memiliki warna yang lebih indah.

Makanan ini memiliki kandungan lemak yang terbilang rendah, oleh karena itu, diperlukan juga pemberian pakan lainnya agar pertumbuhan ikan cupang lebih optimal.

Keyword: Makanan Ikan Cupang

Leave a Comment