5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar (Pemberiannya Berdasar Umur)

Selain lele dan mujair, ikan gurame juga menjadi jenis ikan air tawar yang digemari oleh banyak orang karena olahannya yang enak dan lezat. Namun, mengolah ikan ini juga tidak boleh asal jika tidak ingin ada rasa tanah.

Sebagai ikan air tawar, gurame memiliki harga yang terbilang lumayan jika ingin dikonsumsi. Namun karena penggemar olahan ikan ini yang banyak, budidaya gurame pun juga menjadi hal yang banyak dilakukan.

Jika kamu ingin melakukan budidaya ikan gurame, maka pakan adalah hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan. Selain pakan buatan dengan harga yang lumayan, kamu juga bisa menyiapkan pakan alternatif untuk ikan ini.


Makanan Ikan Gurame


Pemberian pakan yang baik pada ikan gurame dapat meningkatkan berat dan memliki pertumbuhan yang baik juga ketika dipanen. Berikut merupakan beberapa pakan ikan gurame yang bisa digunakan:

1. Daun-Daunan

√ 5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar & Pemberiannya Berdasar Umur
istockphoto.com

Daun-daunan bisa menjadi pakan alami budidaya gurame sekaligus bisa menjadi makanan tambahan yang bisa diberikan untuk ikan omnivora ini.

Untuk jenis daun yang digunakan, bisa dengan menggunakan daun santhe yang berbentuk seperti daun talas namun daun ini tegak ke atas.

Daun talas juga sebenarnya bisa dijadikan sebagai opsi daun lainnya untuk makanan tambahan yang diberikan.

Selalin daun talas, daun pepaya juga bisa dijadikan sebagai pakan. Gunakan daun pepaya yang berusia 3,5 bulan dan satu daun pepaya bisa dikonsumsi 50 ikan gurame.

2. Ampas Tahu

√ 5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar & Pemberiannya Berdasar Umur
tokopedia.com

Makanan nabati lainnya yang bisa dijadikan sebagai pakan gurame adalah ampas tahu. Ampas tahu memiliki kandungan yang dapat membantu pertumbuhan ikan.

Ampas tahu memiliki kandungan protein sebanyak 33-42% dan juga terdapat kadar lemak sebanyak 18-22%.

Namun sebenarnya kandungan protein pada ampas tahu ini cukup bervariasi karena tergantung pada proses pembuatannya, tradisional atau mekanis.

3. Jagung Rebus

√ 5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar & Pemberiannya Berdasar Umur
rd.com

Bagi sebagian orang mungkin tidak menyangka kalau jagung rebus bisa digunakan sebagai pakan ikan gurame. Jagung rebus juga bisa menjadi opsi variasi makanan yang mudah didapat.

Pemberiannya pun juga terbilang mudah, rebus jagung terlebih dahulu, dinginkan dan siapkan anyaman bambu dengan ukuran 50×50 cm.

Taruh jagung rebus di atas anyaman bamboo, tenggelamkan sekitar 15 cm dan letakkan sesuai dengan titik di mana ikan gurame banyak berkumpul.

4. Maggot

√ 5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar & Pemberiannya Berdasar Umur
mongabay.com

Magot merupakan salah satu pilihan pakan gurame yang memiliki kandungan protein cukup tinggi, yakni sebanyak 44%.

Maggot sendiri dapat disiapkan dan dikembangbiakkan sendiri dengan menggunakan ampas tahu dan ikan kering agar menarik lalat black fly soldier untuk datang.

Ikan kering dan ampas tahu difermentasi sampai lalat black fly soldier datang dan bertelur. Barulah satu minggu kemudian maggot dapat dipanen.

5. Pelet

√ 5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar & Pemberiannya Berdasar Umur
shopee.co.id

Selain pakan alami, pelet juga menjadi pakan gurame yang mudah untuk didapatkan dan tidak sulit mencarinya jika ingin digunakan sebagai pakan budidaya.

Karena termasuk pakan buatan, kandungan yang ada dalam pelet pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan ikan gurame.

Umumnya pelet memiliki kandungan protein hewani sebanyak 25-30%. Pastikan juga memiliki pelet jenis terapunguntnuk mudah dikonsumsi.


Pemberian Makanan Gurame Berdasarkan Umur


√ 5 Makanan Ikan Gurame Cepat Besar & Pemberiannya Berdasar Umur
workamerica.co

Selain jenis pakan, pemberian pakan sesuai umur juga perlu diperhatikan untuk pertumbuhan dan kualitas ikan gurame ketika dipanen. Berikut merupakan pemberian pakan berdasarkan umur:

1. 10 Hari :

  • Dedak halus dan kuning telur

2. 10 – 1,5 Bulan

  • Kroto/telur semut
  • Cacing sutra

3. 1,5 Bulan – 3,5 Bulan

  • Sudah bisa daun-daunan

4. 3,5 Bulan – 8 Bulan

  • Tumbuhan air

5. 8 Bulan – 12 Bulan

  • Daun-daunan
  • Pelet

6. Lebih dari 12 Bulan

  • Daun-daunan
  • Pelet

Keyword: Makanan Ikan Gurame

Leave a Comment