6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen (Alami & Buatan)

Selain ikan lele, ikan patin juga menjadi salah satu jenis ikan air tawar konsumsi yang digemari oleh banyak orang. Hal ini membuat banyak yang membudidayakannya karena menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Jika kamu ingin membudidayakannya juga, maka pakan merupakan salah satu hal paling penting yang perlu diperhatikan. Pakan yang diberikan dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan.

Makanan untuk ikan patin sendiri dapat dikatakan cukup beragam. Namun, pakan yang baik tentuna yang memiliki kandungan nutrisi yang baik juga untuk pertumbuhan ikan.

Pada dasarnya ikan patin merupakan jenis ikan yang bisa memakan banyak macam jenis pakan. Namun jika membudidayakannya, pemilihan pakan yang baik juga perlu diperhatikan.


Makanan Ikan Patin


Untuk pakan budidaya ikan patin terdapat dua macam jenis yaitu makanan alami dan makanan buatan seperti pelet. Penasaran apa saja? Berikut merupakan beberapa diantaranya.

1. Cacing Sutera

√ 6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen | Alami & Buatan
mongabay.co.id

Pada dasarnya cacing merupakan jenis makanan umum yang dikenala biasa dikonsumsi ikan air tawar, bahkan kerap kali dijadikan sebagai umpan memancing, termasuk pakan ikan patin.

Cacing yang digunakan untuk pakan patin bisa menggunakan cacing sutera atau yang juga dikenal sebagai cacing rambut. Pakan ikan yang satu ini terbilang mudah didapatkan.

Biasanya ikan yang diberikan pakan cacing sutera adalahyang berusia 7-15 hari. Cacing sutera juga memiliki kandungan yang baik untuk pertumbuhan ikan patin.

2. Artemia

√ 6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen | Alami & Buatan
fjb.kaskus.co.id

Artemia merupakan salah satu jenis zooplankton yang juga bisa dijadikan sebagai makanan ikan patin. Pakan ini memiliki ukuran yang terbilang sangat kecil.

Karena ukurannya yang sangat kecil, artemia cocok untuk diberikan pada ikan patin yang berukuran larva atau ketika masih berusia 7 hari.

Selain ukurannya yang kecil dan mudah dikonsumsi, artemia juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan bagus untuk pertumbuhan ikan patin.

Pakan ini pun tidak sulit dan cukup mudah untuk didapatkan. Kamu bisa membelinya di toko pakan ternak.

3. Ikan-Ikan Kecil

√ 6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen | Alami & Buatan
nationalgeographic.com

Sebagai salah satu jenis ikan yang memakan segalanya, ikan patin juga kerap kali memakan ikan-ikan kecil yang berada di sekitarnya.

Oleh karena itu penggunaan ikan-ikan kecil sebagai makanan ikan patin juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Di habitatnya, ikan kecil yang biasa dikonsumsi adalah ikan kecel.

Sebagai makanan alami, ikan-ikan kecil ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat baik untuk dapat membantu pertumbuhan ikan patin.

4. Kutu Air

√ 6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen | Alami & Buatan
shopee.co.id

Selain artemia, kutu air juga bisa menjadi salah satu alternatif pakan ukuran kecil yang bisa diberikan pada ikan patin dan terbilang cukup mudah untuk mendapatkannya.

Jenis kutu air yang bisa digunakan sebagai pakan adalam daphnie sp dan moina sp. Ukurannya yang sangat kecil membuat kutu air cocok diberikan untuk larva ikan patin.

Tidak hanya ukurannya yang kecil, kutu air juga memiliki kandungan yang bisa dikatakan bagus untuk pertumbuhan larva ikan patin dan mudah untuk dikonsumsi.

5. Ikan Rucah

√ 6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen | Alami & Buatan
jitunews.com

Ikan rucah merupakan jenis pakan yang diberikan pada ikan patin sebagai pakan tambahan. Penggunaan ikan yang dijadikan sebagai ikan rucah ini dapat dari jenis ikan apa saja.

Untuk menyesuaikan dengan bentuk mulut ikan patin, ikan yang digunakan sebagai ikan rucah akan dicacah menjadi potongan kecil supaya mudah untuk dikonsumsi.

Namun kebersihan ikan rucah ini juga perlu diperhatikan. Misalnya seperti ikan yang digunakan haruslah sehat dan tidak ada penyakit.

6. Pelet

√ 6 Makanan Ikan Patin agar Cepat Besar dan Panen | Alami & Buatan
bukalapak.com

Selain pakan alami, tentunya juga terdapat pakan buatan untuk mempermudah para pembudidaya atau peternak ikan patin dalam memenuhi kebutuhannya.

Sebagai makanan buatan, tentunya pakan sudah disesuaikan sehingga memiliki kandungan nutrisi seperti protein yang sudah disesuaikan takarannya dan bagus untuk pertumbuhan ikan patin.

Keyword: Makanan Ikan patin

Leave a Comment