Merk Joran Pancing Terbaik dengan Spesifikasinya dan Kisaran Harganya

Merk joran pancing terbaik – Pada artikel sebelumnya telah dibahas peralatan pancing yang cukup penting yakni reel.

Dan kali ini kami masih akan memaparkan peralatan pancing yang tak kalah penting yaitu joran. Joran merupakan peralatan pancing yang berbentuk seperti tongkat.

Alat ini dapat menentukan ukuran ikan yang mungkin bisa ditangkap. Oleh karena itu penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan ikan tangkapan.

Alat ini memiliki ukuran dan kualitas yang berbeda-beda. Karenanya harga  yang dibandrol di pasaran juga beragam, sesuai dengan ukuran dan kualitas bahan tersebut.

Semakin kualitasnya baik, semakin mudah pula penggunaannya. Tetapi harus diingat ya selain bahannya, ukuran juga harus disesuaikan.

Kalau hanya untuk memancing di empang atau sungai tak perlu membeli joran yang sangat mahal.

Nah supaya teman-teman tidak salah pilih ketika membeli joran, yuk simak beberapa rekomendasi merk joran pancing terbaik yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang bingung memilih yaaa.


Jenis-Jenis Joran Pancing


Sebelum kami membahas tentang merk joran yang bisa kamu beli, terdapat hal penting yang harus diketahui yakni jenis-jenis joran.

Dengan mengetahui jenis-jenisnya teman-teman bisa memilih joran yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga joran yang nantinya akan dibeli bisa tepat guna:

  • Joran Spinning: Air laut dan tawar
  • Baitcasting: Rawa
  • Surf Casting: Pinggiran karang, pantai
  • Popping: Laut, danau, karang
  • Ice Fishing: Danau, kolam, tempat beku
  • Fly Fishing: Sungai, danau
  • Telescopic: Kolam, danau
  • Bambu: Kolam
  • Joran Pole: Kolam, sungai

Merk Joran Pancing Terbaik


Nah kalau teman-teman sudah menyesuaikan jenis joran dengan teknik dan tempat pemancingannya, sekarang saatnya mengetahui merk apa saja yang memiliki kualitas bagus dan harga yang terjangkau.

Relix

Merk joran yang satu ini cukup dikenal dengan kualitas baik. Produksinya diawasi oleh PT Central Sarana Pancing yang memang sudah berdiri sejak 1991, sehingga produk lokal ini diminati oleh banyak orang.

Joran pancing dengan merk relix cocok untuk pemancing ultralight fishing, sehingga bisa menangkap ikan-ikan kecil dan besar dengan tepat.

Meskipun merk lokal, relix memiliki kualitas yang tak kalah baik dengan produk luar negeri.

Harga yang dibandrol di pasaran juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 90.000 sampai dengan Rp. 900.000

Shimano

Rekomendasi selanjutnya adalah merk buatan Jepang yang sudah cukup terkenal di dunia pemancingan, yakni shimano.

Perusahaan yang berdiri sejak 1921 ini dikenal memiliki produk yang berkualitas baik.

Yang menyenangkan, joran dengan merk shimano cocok digunakan di segala area pemancingan baik air tawar maupun air laut.

Produk joran yang ditawarkan oleh brand ini juga beragam ya sesuai dengan kualitasnya dan juga kecanggihannya, sehingga harga yang dibandrol juga bervariasi mulai dari Rp. 169.500 sampai Rp. 7.927.000.

Kenzi

Selain shimano dan relix, merk joran yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah kenzi.

Joran ini cocok dipakai oleh para pemula dan profesional, tinggal pilih saja beberapa jenis yang dikeluarkan oleh brand kenzi.

Desain dari joran kenzi sangat mudah diaplikasian dan menjadi salah satu keunggulannya.

Keunggulan lainnya yang bisa dilihat adalah bahannya yang elastis, pilihan warna dan ukuran yang banyak, serta harga yang terjangkau. Untuk harganya mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 1. 136.000.

Maguro

Brand Maguro sudah mengeluarkan produk alat pancing yang cukup banyak mulai dari kail, aksesoris, dan juga joran sejak tahun 2000.

Sehingga sangat wajar jika brand ini sangat familiar di kalangan para pemancing Indinesia.

Untuk harganya juga bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dibandrol dengan harga sekitar Rp. 85.000 – Rp. 3.500.000.

Pioneer

Joran dengan merk pioneer juga sudah populer di kalangan pemancing. Dikenal dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik sejak tahun 1938.

Joran pioneer mempunyai spesifikasi yang lentur, tidak mudah patah, dan kuat, sehingga pioneer bisa digunakan untuk memancing ikan dengan beban yang berat.

Harganya mulai dari Rp. 79.000 – Rp. 2. 051.000

Shakespeare Ugly Stik Tiger

Shakespeaare merupakan salah satu merk joran terbaik yang tak terbantahkan. Bisa dibilang merk ini merupakan rajanya di bidang joran pancing atau stik pancing. Apalagi bagi kalian yang menyukai tipe joran ringan sekaligus responsif.

Ugly stik sudah ada sejaak pertengahan tahun 70-an dan sejak itu sudah menjadi favorit para pemancing. Ugly stik dari Shakespear memadukan fitur-fitur yang disukai pemancing dari merk ini dan menjadikannya joran terbaik.

Kenapa bisa menjadi joran terbaik? Pertama, mereka terkenal dengan proses pembuatannya yang menggunakan serat karbon untuk permukaan luar. Serat karbon tersebut membungkus intri grafit.

Proses tersebut sudah dipatenkan dan hasilnya adalah stik yang bisa menekuk tajam dan tidak patah.

Kedua, stik tiger secara khusus dibuat untuk melawan kekuatan ikan air tawar yang suka berontak dengan keras. Seperti lele dumbo dan ikan-ikan air tawar lain yang besar. Fitur-fitur unggulan dari Shakespeare Ugly Stik Tiger, diantaranya adalah:

a. Ujung batang yang kuat

b. Baja tahan karat premium atau stainless steel

c. Dudukan reel grafit

Kebanyakan pemancing menganggap reel Shakespeare sebagai joran pilihan untuk memancing di sungai dalam, tapi mereka juga bagus untuk memancing di laut. Ugly Stik Tiger cukup tangguh untuk menangani ikan besar sehingga dibawa ke laut pun tetap baik performanya.

Team Daiwa Surf

Seperti namanya, Team Daiwa Surf cocok untuk dibawa memancing ke laut dan menerjang ombak. Kalian bisa mendapat ian bass bergaris atau ikan merah dengan joran ini. Stik Team Daiwa Surfing metode rendah filler dan serta karbon yang tinggi.

Dimana metode pembuatan tersebut menyajikan keunggulan sebagai berikut:

Mengurangi berat
Meningkatkan sensitivitas
Mengingkatkan panjang lemparan umpan

Dengan joran ini kalian bisa memancing di laut yang lebih dalam tanpa harus bergerak lebih jauh. Terus terang, joran ini hampir sempurna dalam segala hal terutama bagi kalian yang sring memancing di lautan atau pantai.

Melihat joran ini sekilas saja, kalian pasti dapat melihat kualitas serta pengerjaan saat pembuatan joran ini. Daiwa membuat joran ini panjang dan kuat dengan panjang sekitar 7 sampai 12 kaki. Meski dipanjangkan joran ini mampu melempar umpan seberat 16 ons.

Semua bagian hingga ring guide nya pun telah direkayasa untuk lemparan panjang dan tangkapan besar. Dudukan reel juga dibuat khusus untuk Daiwa dari komposit canggih oleh Fuji sehingga pas dan aman.

Saat memancing ikan trofi, kalian akan dengan mudah menggereknya ke pantai dengan pancing ini.

PENN Spinfisher VI Spinning Combo

Penn memiliki kombinasi joran dengan kualitas sempurna dengan reel yang sangat bagus. Keduanya dihadirkan dalam seri Spinfisher VI Spinning Combo. Menangkan ikan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Keunggulan pertama dari tipe ini pertama, hadir dengan reel Spinfisher generasi terbaru. Fiturnya antara lain: rem HT-100 yang kuat ditambah segel IPX5, roda gigi CNC, dan dudukan baja tahan karat bersegel 5+1.

Selanjutnya, keunggulan lain dari tipe ini adalah stik komposit grafit hitam pabrikan yang dipasang sempurna. Dura-guide PENN, pegangan Eva, dan panjang mulai dari 6,5 kaki (hampir 2 m) hingga 10 kaki (sekitar 3 m). Kecepatan aksi variabel digabungkan dan melahirkan joran yang nyaman serta kompatibel.

Berikut ini beberapa kelabihan dan kekurangan dari joran PENN Spinfisher VI Spinning Combo:
Kelebihan

Merupakan kombinasi stik serta reel pabrikan sehingga kalian tidak perlu mencari-cari atau mencocokkan antara stik dengan reelnya.

Reel Spinfisher dari PENN merupakan reel terbaik yang selalu diperbaiki kualiitasnya dari tahunke tahun.

Komposit grafit menawarkan kombinasi kekuatan dan daya tahan yang sangat baik.

Terdapat dua model, yakni joran dnegan panjang 8 kaki dan 10 kaki dengan model two pieces yang portabel.

Kekurangan

Sedikit lebih berat dari desain grafit pada umumnya

Leave a Comment