Pengertian Metode Penelitian beserta Penjelasan Pentingnya

Metode penelitian tentu bukan hal yang asing bagi beberapa orang. Dunia akademik mengharuskan bentuk pemikiran ilmiah dalam penyusunannya.

Ilmiah dalam artian mampu dibuktikan dan dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dalam penyusunan bentuk ilmiah ini kemudian dibutuhkan sebuah metode yang penting sebagai cara untuk mencapai tujuannya. Cara yang ilmiah untuk tujuan yang ilmiah pula.

Metode ilmiah ini penulis maksudkan dengan metode untuk menyelidiki suatu objek yang diteliti sehingga bisa disebut metode penelitian.

Metode ini memiliki rumusan dalam penelitian yang sedang dikerjakan. Penelitian yang baik memiliki metode yang baik pula.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang metode penelitian beserta penjelasan pentingnya. Harapannya, pembaca sekalian mampu mengetahui tentang hal tersebut dan memberikan semacam referensi tentang objek yang sedang dikajinya. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

Penjelasan Ringkas Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian beserta Penjelasan Pentingnya
raharja.ac.id

Metodologi penelitian adalah proses atau cara ilmiah untuk mendapatkan data yang akan digunakan untuk keperluan penelitian.

Metodologi juga merupakan analisis teoretis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban.

Hakikat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian.

Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing.

Motivasi dan tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu.

Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.

Karakteristik Metode Penelitian

  1. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh pengetahuan yang dapat menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan atau dapat memecahkan suatu permasalahan yang terdapat dalam batasan masalah.
  2. Metodologi penelitian adalah pengetahuan yang mengkaji ketentuan mengenai metode-metode yang digunakan dalam penelitian.
  3. Penelitian dan ilmu merupakan operasionalisasi dari metode yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan ilmiah.

Proses Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian beserta Penjelasan Pentingnyamax
maxmanroe.com
  1. Masalah penelitian penelitian mencakup: penemuan masalah dan pemecahan masalah tahap: identifikasi bidang permasalahan, pemilihan atau pemilihan pokok masalah dan perumusan masalah kajian teoretis menyusun kerangka teoretis yang menjadi dasar untuk menjawab masalah atau pertanyaan penelitian.
  2. Pengujian fakta (data) mencakup: pemilihan, pengumpulan dan analisis fakta yang terkait dengan masalah yang diteliti data: sekumpulan fakta yang diperoleh melalui pengamatan (Observasi) atau survei. kesimpulan merupakan hasil penelitian yang memberi feed back pada masalah atau pertanyaan penelitian.

Jenis-Jenisnya

  1. Metode Penelitian kualitatif
  2. Metode Penelitian kuantitatif

Penjelasan mengenai jenis apa saja yang ada dalam metodologi penelitian ini akan dibahas terpisah dalam website ini juga. Secara umum perbedaannya adalah sebagai berikut.

  1. Hubungan peneliti dengan fakta yang diteliti menurut paradigma kuantitatif diasumsikan bersifat independen sehingga peneliti dapat menguji realitas fakta secara objektif, terbatas pada dimensi tunggal, bebeas nilai. Sebaliknya menurut asumsi paradigma kualitatif, penelitian berinteraksi dengan fakta yang diteliti sehingga lebih bersifat subjektif, tidak bebeas nilai,
  2. Proses penelitian paradigma kuantitatif menggunakan pendekatan deduktif, sedangkan pada penelitian paradigma kualitatif menggunakan pendekatan induktif.
  3. Paradigma kuantitatif menekankan pengujian teori dengan analisis kuantitatif dibandingkan pendekatan kualitatif yang memberikan tekanan pada penyusunan teori melalui pengungkapan fakta dengan analisis kualitatif.

Penggolongan

Pengertian Metode Penelitian beserta Penjelasan Pentingnya
detik.com

Penelitian dapat digolongkan / dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, antara lain berdasarkan:

  1. Tujuan
  2. Pendekatan
  3. Tempat
  4. Pemakaian atau hasil / alasan yang diperoleh
  5. Bidang ilmu yang diteliti
  6. Taraf Penelitian
  7. Teknik yang digunakan
  8. Keilmiahan
  9. Spesialisasi bidang (ilmu) garapan.

Kriteria

  1. Dapat menyatakan tujuan dengan sejelas-jelasnya.
  2. Menggunakan landasan teoretis dan metode pengujian data yang relevan.
  3. Mengembangkan hipotesis yang dapat diuji dari telaah teoretis atau berdasarkan pengungkapan data.
  4. Telah mempunyai kemampuan untuk diuji ulang.
  5. Memilih data dengan tepat sehingga hasilnya dapat dipercaya.
  6. Menarik kesimpulan secara objektif.

Leave a Comment