Nama Kucing Nabi (Kisah Kecintaan Rasulullah Pada Muezza)

Nama Kucing Nabi – Di dunia ini ada jutaan jenis hewan yang Tuhan ciptakan. Salah satu hewan menggemaskan yang sering kali dipelihara banyak orang adalah Kucing.

Hewan satu ini terkenal dengan wajah innocent dan tingkah polahnya yang menggemaskan, serta bulu nya yang menjadi daya tarik para pecinta kucing.

Tentunya teman-teman umat Islam juga pasti tahu dong! Nabi Muhammad SAW juga punya kucing peliharaan, kucing tersebut bernama Muezza atau Mu’izza.

Dalam buku berjudul “When Cats Reigned Like Kings: On the Trail of the Sacred Cats” karangan Georgia Geyer (2004) yang diterbitkan oleh Andrews McMeel Publishing, kisah Muezza kucing kesayangan Nabi ini juga dibahas loh!


Seputar Kisah, Nama Kucing Nabi Muhammad SAW


Muezza berasal dari bahasa arab Mu’izza. Kata Ma’azza artinya adalah “peduli terhadap seseorang” atau Ma’azzah artinya “begitu berharga dan begitu disayang”.

Sejarah Kisah Muezza atau Mu’izza

Dalam sebuah cerita legenda diceritakan Muezza adalah kucing berjenis Angora Turki berwarna putih yang unik.

Karena kucing ini memiliki odd eye (mata beda sebelah), satu mata biru dan satu mata kehijauan.

Muezza memiliki kebiasaan unik yakni mengeong setiap kali mendengarkan kumandang adzan.

Ia mendengarkan dengan khusyuk dan menjawabnya dengan mengeong.

Hal ini sepertinya salah satu alasan mengapa Rasulullah SAW mengagumi Muezza.

Bahkan saking sayangnya Rasulullah terhadap Muezza, dalam sebuah riwayat dikisahkan suatu ketika Rasulullah hendak memakai jubahnya, namun ternyata Muezza sedang tidur di atas jubbah tersebut.

Maka Rasulullah pun memotong sebagian jubahnya.

Saat Rasulullah kembali dan Muezza sudah bangun, kucing tersebut merunduk sujud kepada Rasulullah.

Kemudian Rasulullah SAW mengelus lembut Muezza sebanyak tiga kali sebagai ungkapan kasih sayangnya.

Menurut beberapa kisah, Muezza tidak jarang terlihat duduk di pangkuan Rasulullah saat Beliau memberikan ceramah di depan para umatnya.

Dalam beberapa kesempatan, Rasulullah juga sering terlihat sedang menggendong Muezza ketika ada tamu yang datang ke rumahnya.

Nabi Muhammad SAW juga berpesan kepada para sahabatnya untuk menyayangi hewan peliharaan mereka seperti keluarga mereka sendiri.

Dalam sebuah hadits dikisahkan, seorang wanita masuk ke dalam neraka karena menyakiti kucing. Dari Ibnu Umar Ra, Rasulullah bersabda: “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberinya makan, bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai.” (HR Bukhari)


Memilih Kucing Sebagai Hewan Peliharaan


Memelihara kucing sebetulnya tidak terlalu merepotkan.

Bahkan sebuah penelitian telah menunjukkan, hanya dengan menonton kucing di internet dapat meningkatkan energi seseorang dan menciptakan emosi positif.

Jadi, tidak heran kalau banyak orang bilang memelihara hewan satu ini memiliki sejumlah manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat dari memelihara kucing:

1. Baik untuk lingkungan sekitar

Sebuah studi pada 2009 menemukan bahwa sumber daya yang digunakan untuk memberi makan anjing menciptakan jejak yang sama layaknya mobil atau maksudnya sangat kotor.

Sementara kucing yang lebih cenderung makan ikan daripada produk yang beraroma jagung atau sapi, tidak begitu meninggalkan kotoran sebanyak anjing.

2. Pemilik kucing adalah orang pintar

Pada tahun 2010 University of Bristol melakukan survey terhadap pemilik hewan peliharaan dan menemukan bahwa orang yang memiliki kucing lebih mungkin memiliki gelar sarjana daripada rekan-rekan yang suka anjing.

Lalu, pada 2014 seorang peneliti Winconsin mensurvey 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing lebih pintar. Tapi, bukan berarti kucing tersebut yang membuat pemiliknya lebih pintar.

Para peneliti yang mensurvey di Bristol mengatakan, orang yang lebih pintar cenderung bekerja lebih lama dan kucing merupakan hewan yang tidak terlalu membutuhkan banyak perhatian daripada anjing.

Maka dari itu, kucing adalah pilihan yang baik untuk intelektual yang sibuk.

3. Pemilik kucing memiliki jantung yang sehat

Membelai kucing memiliki efek menenangkan yang positif. Pemilik kucing akan terbantu menjadi lebih santai dan memiliki stress yang lebih rendah pada umumnya.

4. Memelihara kucing setara memiliki pasangan yang romantis

Sebuah penelitian di Austria tahun 2003 menemukan, memiliki kucing di rumah setara emosional dengan memiliki pasangan yang romantis.

Selain sering melakukan kontak, penelitian menunjukkan kucing akan mengingat kebaikan yang ditunjukkan kepada mereka dan dapat membalas budi.


Selain itu, memelihara kucing dapat membantu pemilik mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini disebabkan sang majikan yang merasa lebih senang tidur dengan peliharaannya.

Kucing juga bisa menyelamatkan hidup pemiliknya. Banyak kisah nyata yang menceritakan tentang seekor kucing yang menyelamatkan majikannya.

Seperti kejadian di Montana saat seekor kucing membangunkan majikannya karena pipa gas mulai bocor.

Keyword : Nama Kucing Nabi

Leave a Comment