6 Daftar Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

6 Daftar Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Jika berbicara ikan hias, maka ikan koi merupakan salah satu yang terkenal dan digemari oleh banyak orang karena pola dan warna pada tubuhnya yang terlihat indah.

Umumnya ikan koi dipelihara sebagai ikan hias karena keindahannya, namun ada juga yang memeliharanya dengan tujuan keberuntungan di dalam dan luar rumah.

Jika kamu tertarik memelihara ikan koi sebagai ikan hias di rumah, maka kamu juga perlu mengetahui penyakit apa saja yang bisa menyerang ikan koi dan bagaimana mengatasi/mengobati penyakitnya.


Penyakit Ikan Koi


Di samping terkenal karena keindahannya sebagai ikan hias, namun ada juga beberapa penyakit yang bisa menyerang ikan koi yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan diantaranya:

1. Kapas Putih

Kapas putih merupakan penyakit pada ikan koi yang biasanya menyerang ketika ikan sedang terluka. Penyakit ini bisa juga dikarenakan air yang kotor, dan disebabkan oleh jamur yang dikenal kapas putih.

Cara mengatasi dan mengobati penyakit ini adalah dengan melarutkan garam natrium clorida (NaCl) yang memiliki konsentrasi 1,5 – 2,5%. Kemudian celupkan ikan pada air larutan NaCl.

Gunakan kapas yang diolesi obat merah untuk membersihkan bulu halus jamur pada tubuh ian. Terakhir, mandikan ikan koi menggunakan larutan monofuracin.

2. Koi Herpes Virus (KHV)

KHV merupakan salah satu penyakit mematikan ikan koi yang dikarenakan oleh virus. Penyakit ini terbilang ganas dan dapat mengakibatkan kematian secara masal dalam satu kolam.

Beberapa gejalanya seperti nafsu makan ikan koi menurun, terdapat bercak merah dan putih di insang, lecet pada sisik, mata sedikit cekung, kulit pada tubuh koi ada yang melepuh.

Untuk mencegahnya, sebelum memasukkan ikan koi baru, pastikan ikan berasal dari pemilik yang terpercaya dan tidak terjangkit virus.

Jangan mencampur ikan koi dengan ikan lain, pastikan kolam selalu dalam kondisi yang optimal.

3. Jamur

Jamur merupakan penyakit pada ikan koi yang ditandai dengan mulut ikan tampak berwarna putih. Jenis infeksi jamur ini umumnya tidak menular, namun koi yang terkena jamur perlu dipisahkan dan diobati.

Untuk mengatasi dan menghilangkan jamur, dapat dilakukan dengan menggosok area yang terkena jamur menggunakan kapas.

Lalu untuk area terinfeksinya diobati menggunakan antibiotik atau krim antimikroba sesudahnya.

4. Cacing Jangkar

Merupakan nama parasite yang mudan terlihat ketika sedang menempel pada bagian luar dari insang dan tubuh ikan koi.

Cacing jangkar juga sangat mudah berkembang biak dan menjangkit ikan koi lainnya.

Untuk mengatasinya, gunakan pinset untuk mengangkat cacing dari tubuh ikan koi. Lalu pada tubuh ikan koi oleskan dengan obat merah.

Mandikan ikan koi menggunakan larutan formalin (konsentrasi 25 ppm) selama kurang lebih 10 menit dan 2 sampai 3 kali tiap 2 hari.

5. Jamur Batang Insang

Jamur Batang Insang merupakan penyakit ikan koi yang mengakibatkan berkurangnya nafsu makan ikan, malas menggerakkan insang dan bergerak.

Untuk mengatasinya, rendam ikan yang terkena penyakit ini menggunakan larutan yang menggunakan 10 liter air bersih, 0,1 garam green F, 1 sdt aureomycin. Lamanya disesuaikan dengan yang ada di kemasan obat.

6. Busuk Ekor dan Sirip

Busuk ekor dan sirip merupakan penyakit pada ikan koi yang disebabkan oleh bakteri yang senang menempel di tubuh ikan yang sedang ada luka. Umumnya yang rawan terkena adalah sirip dan ekor pada ikan.

Penyakit ini dapat diatasi menggunakan pengobatan dengan nitrofurazone atau kloramin yang dicampurkan pada makan ikan koi (1gram/1kg pakan ika koi).

Keyword: Penyakit Ikan Koi

Leave a Comment