12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Mas Koki – Ikan mas tidak hanya ikan yang dijadikan sebagai konsumsi saja, terdapat jenis lainnya yang bisa bisa dijadikan sebagai peliharaan ikan hias karena memiliki bentuk, dan warna yang cantik.

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias dari jenis ikan mas yang populer sekaligus digemari oleh banyak orang karena bentuk dan warnanya yang menarik dan indah di dalam akuarium.

Sama seperti memelihara ikan hias lainnya, jika kamu memelihara ikan mas koki maka kamu juga harus siap dan perlu tahu penyakit apa saja yang bisa dan kerap menyerang ikan mas koki yang kamu pelihara.


Penyakit Ikan Mas Koki


Beberpaa penyakit yang ada di ikan mas koki juga bisa kamu temukan di ikan air tawar atau ikan hias lainnya, berikut merupakan penyakit ikan mas koki dan cara mengatasinya:

1. Penyakit Ikan Mas Koki Fluke

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
daftarhewan.com

Fluke merupakan salah satu permasalah parasit yang umum terjadi dan menempel pada tubuh ataupun insang ikan mas.

Penyakit ini dapat mengakibatkan masalah lain seperti bisul jika menyuntikkan bakteri ketika mengigit ikan mas atau membuat ikan sulit bernafas.

Namun fluke tidak bisa dilihat secara mata telanjang karena ukurannya yang sangat kecil atau berukuran mikroskopis.

Cara mengatasinya adalah menggunakan obat anti parasit minnfinn dan hindari obat kimiawi. Sebagai pencegahan karantina ikan baru sebelum digabungkan ke dalam akuarium.

2. Penyakit Ikan Mas Koki Bintik Putih

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
sukaikan.com

Bintik putih merupakan jenis penyakit yang umum menyerang ikan air tawar. Ciri paling jelas dari ikan yang terinfeksi adalah munculnya bintik putih pada tubuh ikan mas.

Cara mengatasi penyakit bintik putih adalah dengan menjaga dan mengkondisikan air pada akuarium di 27°C. Gunakan garam ikan dengan takaran yang pas, karantina ikan baru sebelum digabungkan.

3. Penyakit Ikan Mas Koki Velvet

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
bobo.grid.id

Selain bintik putih ada juga bintik emas yang menyerang ikan air tawar, termasuk ikan mas koki. Gejala ikan mas koki yang terkena penyakit ini tubuhnya akan terlihat seperti ada bubuk kuning halus.

Ada juga mengeluarkan banyak lendir untuk menghilangkan parasit, atau penurunan berat badan.

Cara mengatasinya adalah menggunakan copper anti parasit atau tutup akuarium menggunakan kain atau kertas hitam, hal ini karena parasit butuh cahaya untuk hidup.

4. Penyakit Ikan Mas Koki Kutu Ikan

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
bulelengkab.go.id

Kutu ikan merupakan jenis penyakit dari parasit yang menghisap darah dan umumnya lebih sering menginfeksi kolam yang ada di luar ruangan.

Terdapat gejala seperti bintik hijau putih dengan bentuk cakram atau luka memerah di tubuh ikan.

Cara mengatasi ikan mas koki yang terkena kutu ikan adalah dengan tidak menggunakan garam, gunakan cyromazine. Pencegahannya karantina ikan baru sebelum digabungkan.

5. Cacing Jangkar

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
sukaikan.com

Cacing jangkar pada ikan mas koki merupakan penyakit yang terbilang fatal dan jika sudah parah tidak dapat diobati. Salah satu gejalanya dapat terlihat cacing yang muncul dari tubuh ikan.

Cara mengatasi ikan mas koki yang terkena penyakit ini adalah dengan menggunakan pinset untuk membuang cacing yang ada di tubuh ikan.

Bersihkan luka pada tubuh ikan menggunakan hydrogen peroksida, gunakan cyromazine untuk obat anti cacing dan bersihkan akuarium.

6. Trichondia

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
rukita.co

Trichondia merupakan penyakit yang umumnya ada pada tangki akuarium yang kotor dan hidup di tubuh ikan mas untuk mengganggu kualitas hidupnya.

Ikan mas yang terkena penyakit ini terdapat gejala seperti muncul bisul, tidak selera makan, atau bergerak cepat untuk menggaruk tubuhnya.

Cara mengatasinya adalah menggunakan minnfinn. Sebenarnya bisa menggunakan garam namun kadar konsentrasi garam yang tinggi bisa membahayakan nyawa ikan mas koki.

7. Pembusukan Mulut

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
gerava.com

Pembusukan mulut pada ikan mas koki merupakan penyakit yang disebabkan oleh akuarium yang terlalu padat dan juga kualitas air yang rendah.

Hal ini mengakibatkan ikan bisa mengalami pembusukan mulut karena bakteri atau parasit. Parahnya, dapat menggangu kegiatan makan ikan mas koki.

Cara mengatasinyaadalah dengan menjaga kualitas air, berikan minnfinn dan hydrogen peroksida dengan cara mengusapkannya.

8. Dropsy

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
sitama.id

Dropsy merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya penumpukan cairan di dalam tubuh ikan.

Ikan mas koki yang terkena dropsy akan mengalami gejala pembengkakan pada bagian perut, sisik ikan menonjol dan terlihat agak terbuka serta bisa juga adanya pembengkakan mata.

Untuk pengangannya dropsy sendiri tergantung pada penyebabnya, misal disebabkan oleh infeksi dari bakteri maka bisa menggunakan antibiotik.

Bisa juga menggunakan garam Epsom untuk mengurangi tekanan dari penumpukkan cairan di dalam tubuh ikan.

Tindakan preventif atau pencegahan tentunya lebih baik dilakukan daripada mengobati, untuk pencegahannya bisa dengan menjaga kualitas dan kondisi air serta mengatur pola makan ikan.

9. Carp Pox

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
pondinformer.com

Sebenarnya carp pox merupakan jenis penyakit pada ikan mas koki yang tidak akan sampai bisa membunuh, namun penyakit ini dapat memengaruhi kualitas hidup dari ikan mas.

Gejalanya adalah adanya tanda-tanda cacar, terlihat seperti benjolan kecil yang halus, berwarna putih/merah muda di tepi sirip atau tubuh.

Penyebaran dari penyakit yang disebabkan oleh virus ini masih belum diketahui secara pasti dan bahkan belum ada obat yang benar-benar terbukti secara efektif menyembuhkannya.

Namun, masih ada beberapa upaya yang bisa dilakukan seperti memasukkan ikan yang terkena penyakit ini ke dalam air dengan suhu 27 derajat celcius dan menambahkan garam ikan.

10. Tumor

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
news.detik.com

Merupakan penyakit yang dapat terjadi pada saat sel-sel yang ada di tubuh berkembang bias secara liar diluar kendali.

Dalam beberapa kasus terpadahnya tumor ini dapat menjadi kanker. Tentunya ini merupakan jenis penyakit yang berbahaya, fatal dan patut diwaspadai karena ikan dapat kehilangan nyawa.

Gejalanya adalah munculnya benjolan kecil di kepala atau tubuh ikan mas. Benjolan tersebut dapat berwarna merah, keputihan atau bisa juga hitam.

Selain benjolan, ikan juga akan terlihat kehilangan nafsu makannya dan akan dengan jelas terlihat depresi.

Untuk penangagan lebih baik dan lebih tepat bisa dengan membawa atau mengunjungi dokter hewan.

Sedangkan pencegahannya bisa dilakukan dengan menghindari pemberian pakan ikan yang mengandung pengawet dan memastikan kualitas air senantiasa dalam kondisi yang baik.

11. Pembekakan Mata

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
lazu-lazuardi.blogspot.com

Terdapat varietas ikan mas koki yang mempunyai mata menonjol secara alami, tapi ada juga ikan yang matanya terlihat menonjol karena penyakit.

Pembengkakkan mata pada ikan mas koki sendiri bisa dikatakan sebagai tanda masalah kesehatan yang serius.

Biasanya ikan yang terkena penyakit pembengkakan mata memiliki gejala kedua matanya yang tampak menonjol dikelilingi oleh kantung yang berisi cairan.

Cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya bisa menambahkan garam Epsom yang takarannya ¼ sdt /38 liter, menjaga kondisi dan kualitas air pada akuarium.

12. Lubang di Kepala

√ 12 Daftar Penyakit Ikan Hias Mas Koki dan Cara Mengatasinya
ikantani.com

Penyakit lubang di kepala pada ikan mas koki bisa selain menyeramkan dapat juga membahayakan organ dalam tubuhnya.

Hal ini karena lubang yang ada di kepala dapat mempermudah suatu bakteri masuk yang cepat atau lambat dapat memengaruhi tubuh dan bukan tidak mungkin bisa berakibat fatal pada nyawa ikan.

Sebagai penyakit yang patut diwaspadai terutama jenis yang memiliki kepala besar, penyakit ini memiliki gejala denga nadanya titik merah atau bercak seperti darah di kepala ikan.

Titik atau bercak tersebut dapat menjadi semakin menyebar disekitarnya dan semakin dalam serta menjadi lubang-lubang kecil.

Untuk mengatasinya pastikan untuk menjaga kondisi dan kualitas air di akuarium, usapkan lubang di kepala menggunakan hydrogen proksida untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Bisa juga menggunakan antibiotik kanaplex, metroplex atau furan 2 sebagai anti parasit. Sedangkan untuk pencegahannya menjaga kualitas air dan memeriksa parameter secara rutin.

Leave a Comment