7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Oscar – Ikan Oscar meruapkan salah satu ikan yang banyak diminati untuk dijadikan sebagai ikan hias di akuarium.

Ikan Oscar sendiri sebenarnya berasal dari sungai Amazon yang ada di Brazil.

Bagi orang awam mungkin nama ini masih cukup asing karena umumnya ikan hias yang diketahui seperti ikan cupang, ikan mas koki atau ikan arwana.

Namun ikan Oscar cukup menarik untuk dijadikan sebagai ikan hias karena corak atau motif yang ada di tubuhnya.

Jika ingin menjadikan ikan Oscar sebagai ikan hias, maka ikan ini disiapkan akuarium tersendiri dan tidak dusatukan dengan akuarium yang berisi ikan hias lainnya karena sifatnnya yang agresif.

Selain itu dikarenakan makanan ikan ini antara lain seperti ikan kecil, udang, jangkrik atau kepiting.

Memelihara ikan sebagai ikan hias tentunya juga ada resiko dimana ikan terkena penyakit tertentu, tidak terkecuali dengan ikan Oscar.


Penyakit Ikan Oscar


Ingin memelihara ikan Oscar sebagai ikan hias, maka kamu perlu juga tau penyakit yang bisa menyerang ikan ini.

Berikut merupakan beberapa penyakit ikan Oscar dan cara mengatasi/menyembuhkannya:

1. Penyakit Ikan Oscar Jamuran

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
infoikan.com

Penyakit jamuran merupakan penyakit ikan yang umum menyerang hampir tiap jenis ikan yang ada di akuarium, tidak terkecuali ikan Oscar.

Umumnya ikan yang terkena penyakit ini terlihat ketika tubuhnya terdapat luka dan ada bakteri yang menempel lalu tumbuh jamur.

Namun sebenarnya jamur yang menyerang ikan Oscar ukurannya terbilang kecil dan tidak bisa dilhat dengan mata telanjang.

Penyakit ini pun tidak hanya menyarang ikan saja, melainkan juga telur ikan yang ada di akuarium yang sama.

Cara mengobati ikan Oscar yang terkena penyakit ini bisa dengan menggunakan mercurochrome (obat merah) 0,2% lalu olehkan pada tubuh ikan yang terkena penyakit ini menggunakan kapas.

Selain itu, bisa juga denganmelarutkan malacytgreen 0,2%, 20ml ke 20 liter air, kemudian rendam ikan Oscar selama kurang lebih setengah sampai satu jam.

2. Penyakit Ikan Oscar Sisik Lepas

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
infoikan.com

Penyakit sisik lepas pada ikan Oscar merupakan penyakit yang disebabkan ketika menaruh ikan Oscar pada akuarium dengan jumlah yang banyak sampai membuat ikan saling berdesakan dengan ikan Oscar lainnya.

Gesekan yang sering terjadi terebut seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan rontoknya sisik pada ikan Oscar.

Cara mengobati ikan Oscar yang terkena penyakit ini bisa dengan memberikan larutan methelene blue ke akuarium.

Selain dikarenakan gesekan yang sering terjadi, sisik lepas bisa juga diakibatkan karena adanya jamur pada ikan oscar.

Sesuai namanya, ikan oscar yang terkena penyakit ini akan terlihat berbeda dengan ikan sehat lainnya, terutama pada bagian sisik.

Jika terkena penyakit ini, sisik pada bagian ikan oscar berubah warna dan bahkan mengelupas terlihat seperti berganti kulit serta memiliki dampak buruk mengalami kecacatan.

Penyakit sisik lepas sendiri termasuk cukup merepotkan, hal ini karena penanganan untuk penyembuhannya yang perlu karantina dipisahkan dengan ikan yang sehat.

Selain itu diperlukan juga perawatan yang intensif agar ikan yang terkena penyakit sisik lepas tidak menyebarkan ke ikan sehat lainnya.

Fungsi dari methelene blue sendiri cukup efektif untuk mencegah jamur menempel di tubuh ikan dan dibutuhkan waktu 3-5 hari untuk menghilangkan jamur penyebab penyakit sisik lepas.

3. Penyakit Ikan Oscar Bintik Putih

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
sukaikan.com

Bintik putih merupakan jenis penyakit yang kerap kali menyeran hampir semua jenis ikan air tawar, termasuk juga ikan Oscar. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik putih pada bagian tubuh tertentu.

Sebelum muncul bintik, biasanya ada tanda seperti terdapat banyak lendir pada sisik, pernafasan yang meningkan dan terlihat pucat.

Cara mengobati penyakit bintik putih bisa dengan menggunakan larutan zat chloramine 1% dengan jumlah 20ml ke dalam 20 liter air bersih, lalu rendam ikan 24 jam.

Selain itu gejala lainnya adalah ikan cenderung berenang di permukaan air karena insang mereka terganggu. Insang yang terganggu juga yang membuat pernafasan meningkat.

Untuk mengatasi penyakit bintik putih diperlukan kesabaran, karena adanya lendih di seluruh tubuh ikan yang membuat penyembuhannya lama.

Sebelum diberikan penanganan pastikan pindahkan ikan yang terkena penyakit bintik putih ke tempat dengan air yang lebih bersih.

4. Lubang di Kepala/HITH

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
infoikan.com

Lubang di kepala/HITH merupakan penyakit yang jika sudah parah akan terlihat lubang pada bagian wajah ikan. Penyakit ini disebabkan karena pemberian pakan yang kurang sesuai atau juga faktor lingkungan.

Ada juga penyebab lain seperti kurangnya kandungan oksigen yang ada di akuarium. Pada awalnya penyakit ini ditandai dengan bulatan kecil pada wajah.

Jika sudah sangat parah, penyakit hith pun dapat menyebabkan kematian pada ikan.

Cara mengatasi penyakit lubang di kepala adalah dengan mengganti 30% volume air secara rutin tiga hari sekali, dan berikan pakan secara rutin.

5. Busuk Mulut

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
gerava.com

Penyakit ini mungkin bisa dikatakan tidak banyak menyerang ikan Oscar, namun juga perlu diwaspadai. Gejala yang terkena penyakit ini adalah mulut ikan berwarna putih seperti terlihat adanya jamur.

Cara mengatasi penyakit ini bisa menggunakan obat gesund blue magic dan sesuai dengan aturan pakai. Selain itu bersihka juga akuarium secara berkala.

Busuk mulut bisa disebabkan karena adanya serangan dari bakteri fexibakter clumnaris.

Proses penanganan dengan karantina ikan oscar yang terkena busuk mulut sendiri cukup lama sampai kondisi ikan benar-benar stabli atau terlihat lebih sehat.

Pencegahan dengan membersihkan habitat ikan secara berkala dan mengurangi potensi ikan terkena penyakit yang berasal dari jamur.

6. Penyakit Karena Perubahan Suhu

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
shutterstock.com

Perubahan suhu merupakan salah satu faktor yang bisa memengaruhi karakter ikan oscar, terlebih jika suhu air tidak stabil.

Misalnya perubahan suhu yang dikarenakan sinar matahari atau hal lain dapat membuat ikan menjadi stress dan parahnya dapat membuat sejumlah ikan yang mati.

Atau kasus sederhananya perubahan suhu pada siang hari yang panas terik, lalu malamnya menjadi dingin dapat mempengaruhi kesehatan ikan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan atau memasang peneduh di atas kolam untuk mengurangi akibat perubahan suhu.

Selain peneduh, untuk perawatan lebih lanjutnya bisa juga dengan menambahkan perangkat seperti heater atau thermostat untuk membuat lingkungan dan suhu air lebih stabil.

Hal ini karena lingkungan yang diperlukan untuk budidaya ikan oscar haruslah memiliki suhu yang stabil.

7. Penyakit Ikan Oscar Kekurangan Oksigen

√ 7 Daftar Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya
pexels.com

Gejala ikan oscar yang terkena penyakit dikarenakan kekurangan oksigen seperti frekuensi nafas yang cepat, cenderung berenang sejajar dan dekat dengan permukaan air.

Selain hal tersebut juga bisa dengan memerhatikan gerakan insang yang cenderung berbeda.

Jika ikan oscar sudah memunculkan gejala ini maka diperlukan penanganan lebih lanjut agar ikan dapat kembali mendapat asupan oksigen yang cukup.

Penyakit kekurangan oksigen bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya seperti peningkatan suhu air yang membuat oksigen berkurang.

Bisa juga karena jumlah ikan di kolam yang terlalu padat, sehingga mengakitbatkan tidak semua ikan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Jika karena jumlah ikan terlalu banyak, bisa dengan mengurangi jumlah ikan dan ditempatkan di kolam yang baru.

Untuk cara mengatasinya adalah secara rutin membersihkan lokasi pemeliharaan atau budidaya dengan intensif agar kolam memiliki kualitas air yang bersih dan oksigen lebih banyak.

Selanjutnya memasang peneduh di atas kolam untuk mengurangi kadar sinar matahari dan meminimalisir perubahaan suhu kolam yang mempengaruhi kadar oksigen.

Selain itu, pasangkan juga perangkat aerator untuk memberikan pasokan oksigen yang cukup di kolam.

Leave a Comment