Contoh Pidato 17 Agustusan Untuk Memperingati HUT RI

Contoh Pidato 17 Agustusan – Upacara merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Dalam upacara terdapat susunan acara berupa penyampaian pidato oleh seseorang yang telah ditetapkan, biasa disebut dengan pidato 17 Agustusan.

Untuk memberikan pidato yang baik, maka harus bisa menyusun teks pidato dengan kata-kata yang informatif dan mudah dimengerti.

Selain itu juga harus banyak berlatih dalam menyampaikan pidato agar dapat berjalan dengan lancar.

Apa itu Pidato?

Pidato merupakan salah satu media penyampaian pesan yang memegang peranan penting untuk semua orang. Berpidato sama saja dengan menyampaikan gagasan, pikiran, atau informasi kepada orang lain secara lisan lewat metode-metode tertentu.

Melakukan pidato di hari kemerdekaan atau saat tanggal 17 Agustus bisa dengan menyampaikan gagasan kita. Bisa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perjuangan, kemerdekaan, hak asasi, kebebasan dan sebagainya yang bersifat membangun.

Tanggal 17 Agustus memang identik ddengan hari kemerdekaan Indonesia, maka tidak heran bila isi pidato 17 agustus kebanyakan berkaitan seputar hal-hal diatas. Selain berfungsi sebagai penyampai pesan, pidato juga memiliki banyak tujuan.

Tujuan Pidato

Secara umum terdapat tiga tujuan di dalam pidato, diantaranya adalah informatif (pemberitahuan), persuasif (ajakan), dan rekreatif (menghibur). Semua pidato tentu memiliki tujuan-tujuan tersebut untuk disampaikan kepada para pendengarnya.

Sebuah pidato informatif bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan pendengarnya. Dalam hal ini contohnya seperti pidato tentang pendidikan.

Selanjutnya ada pidato persuasif yang bertujuan agar orang mempercayai apa yang disampaikannya dan melakukannya. Tujuan lain pidato persuasif juga untuk membakar semangat antusiasme para pendengarnya.

Jenis pidato yang demikian contohnya seperti pidato melawan corona dengan menggalakkan 3M atau pidato kemerdekaan. Dulu presiden RI pertama, Soekarno menyampaikan jenis pidato seperti ini di saat proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tujuan pidato yang terakhir adalah untuk menghibur pendengarnya. Sifat dari pidato rekreatif lebih santai daripada pidato lainnya karena memang selain untuk menyampaikan pesan atau informasi pidato ini juga bertujuan menghibur pendengarnya.

Menyampaikan pidato yang rekreatif atau menghibur seorang pembicara tidak hanya dituntut memiliki kemampuan berbahasa yang menawan, tapi juga kecerdasan untuk membuat orang lain tertawa. Mungkin sedikit banyak seperti seorang stand up komedian atau komika.

Seorang orator atau yang ahli dalam berpidato akan dengan mudah menguasai masa dan mengemukakan ide-ide atau gagasannya agar diterima orang lain. sebut saja Presiden RI pertama, Soekarno yang banyak pidatonya dikenang hingga saat ini.

Berkat kemahirannya berorasi atau berpidato, Soekarno sanggup mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang berbeda-beda. Lebih dari itu, ia mampu menghimpun kekuatan lewat pidatonya yang tegas untuk mengusir para penjajah.

Metode Berpidato

1. Impromtu

Impromtu merupakan sebuah metode dalam berpidato dimana seseorang menyampaikan sebuah pidato tanpa persiapan terlebih dulu. Dapat dikatakan pidato yang dilakukannya dilakukan secara mendadak.

Dalam metode ini seorang orator atau pembicara hanya mengandalkan pengalaman dan wawasannya sendiri. di dalam berpidato banyak melakukan improvisasi sesuai kebutuhan saat itu.

2. Ekstemporan

Ekstemporan merupakan metode berpidato dengan menjabarkan materi yang terpola. Maksuda dari terpola disini adalah materi yang akan disampaikan harus dipersiapkan garis besarnya dengan menuliskan poin-poin penting.

pidato 17 agustusan
image source: news.detik.com
3. Naskah

Metode berpidato jeis ini merupakan teknik berpidato yang paling mudah karena pembicara bisa membaca teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Biasanya metode ini digunakan dalam pidato resmi dimana pembicaranya selalu membaca naskah yang telah disiapkan.

Tak heran jika banyak pidato kenegaraan atau pidato dari pemerintah yang orangnya memakai teks. Hal ini digunakan agar pesan yang tersampaikan lebih jelas dan tidak ambigu. Penggunaan teks juga menghindari pembicaranya lupa akan apa yang harus disampaikan.

Cara ini banyak dilakukan agar tidak terjadi kekeliruan karena setiap kata yang diucapkan dalam situasi resmi akan disebarluaskan dan dikutip oleh banyak media massa. Meski terencana, lengkap, dan sistematis, tapi pendengar biasanya cepat bosan karena terpaku pada teks.

4. Menghafal atau Tanpa Teks

Metode seperti ini dilakukan dengan menghafal teks atau naskah pidato yang telah dibuat sebelumnya. Bagi mereka yang mudah menghafal tentu metode ini sangat menguntungkan.


Contoh Pidato 17 Agustusan


Buat kamu yang ditunjuk sekolah untuk mewakili teman-temanmu memberikan pidato 17 Agustusan saat upacara di sekolah dan masih bingung untuk membuat teks pidato.

Kamu bisa membaca contoh teks pidato dibawah ini untuk membantu kamu menyusun teks pidato.

1. Teks Pidato Kemerdekaan (contoh 1)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang terhomat Bapak/Ibu guru dan sStaff karyawan sekolah
Serta teman-teman yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul ditempat ini tanpa ada halangan suatu apapun untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Hari ini pada tanggal 17 Agustus 2019, kita merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74.

Dengan mengikuti upacara bendera ini untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia, saya berharap semoga kita bisa lebih lagi meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada tanah air.

Generasi muda saat ini memiliki peranan penting demi kemajuan negara kita di masa yang akan datang. Kita harus bisa saling memberi motivasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk melakukan perubahan bangsa agar rakyatnya semakin sejahtera.

Generasi muda Indonesia saat ini memiliki tugas yang penting untuk memajukan bangsa Indonesia dalam segala bidang.

Marilah kita menjadi pemuda Indonesia yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu bersikap optimis untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar yang rajin, mengikuti olimpiade-olimpiade untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Percayalah bahwa kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk negara Indonesia tercinta. Semangat berjuang, semangat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Merdeka! Merdeka!

Wasalammu’alaikum Wr. Wb.

2. Teks Pidato Kemerdekaan (contoh 2)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Bapak kepala sekolah yang saya hormati
Bapak/Ibu guru, staff karyawan sekolah yang saya hormati
Dan teman-teman yang saya cintai

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato pada upacara hari ini untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Marilah kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Jasa para pahlawan kita begitu besar dengan rela mengorbankan diri untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai penerus bangsa hendaknya kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang terdahulu dengan semangat juang yang tinggi.

Kita dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif. Sebagai pelajar kita harus berjuang dengan giat belajar untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, berteman tanpa membedakan ras, suku dan agama serta selalu mencintai negara Indonesia. Salah satu caranya adalah menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia.

Kita sebagai generasi muda berperan sebagai penopang kehidupan bangsa di masa depan, hendaknya dapat terus mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Jangan sampai kita kembali dijajah oleh negara lain. Kita harus menjadi generasi muda yang mencerminkan kecerdasan bangsa dan membawa perubahan yang baik untuk negara Indonesia tercinta ini.

Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka! Merdeka!

Terimakasih untuk semua perhatiannya, mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian penjelasan kami mengenai contoh Pidato 17 Agustusan untuk Memperingati Hari Kemerdekaan di Sekolah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment