7 Daftar Umpan Ikan Bandeng Jitu (Hasil Pancingan Memuaskan)

Umpan Ikan Bandeng – Ikan bandeng merupakan jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat, berbagai macam olahannya selalu menarik pecinta kuliner, terlebih jika bandeng tersebut sudah dipresto terlebih dahulu.

Olahannya sendiri dapat bermacam-macam mulai dari digoreng, dibakar, diasap, di kukus dan yang lainnya.

Ikan bandeng sendiri dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, namun bagi orang yang hobi memancing, mendapatkan ikan bandeng melalui memancing memberikan rasa kesenangan dan kepuasan tersendiri.

Habitat ikan bandeng ada di perairan muara, hutan bakau, pantai dan juga lagoon.

Namun sekarang ini sudah banyak juga yang membudidayakannya. Untuk ingin memancing ikan bandeng, tentu faktor yang menentukan berhasil tidaknya adalah umpan yang digunakan.

Jika memancing ikan bandeng, umpan akan dimakan pada kedalaman sekitar 15 cm dari permukaan air. Ikan bandeng umumnya makan pada pagi hari sekitar jam 7 – jam 10 dan juga sore hari sekitar jam 3 – jam 6 sore.


Umpan Ikan Bandeng


√ 7 Daftar Umpan Ikan Bandeng Jitu (Hasil Pancingan Memuaskan)
Alodokter.com

Memancing ikan bandeng bisa menggunakan umpan alami atau juga umpan racikan, berikut merupakan daftar umpan yang bisa coba digunakan untuk memancing ikan bandeng:

1. Lumut halus

umpan ikan bandeng
source image: bukalapak.com

Lumut halus merupakan salah satu jenis umpan alami yang kerap kali digunakan para pemancing selain cacing.

Umpan alami ini pun bisa dicoba digunakan untuk memancing ikan bandeng. Penggunaan lumut halus sebagai umpan juga tidaklah sulit.

2. Roti tawar

Selain umpan alami, siapa sangka roti tawar juga dapat dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan bandeng. Penggunaan roti sebagai umpan bisa menggunakan bagian luar dari roti yang agak keras.

Hal ini dikarenakan agar umpan roti tawar yang digunakan tidka mudah hancur ketika berada di dalam air. Sebagai variasi, kamu juga bisa menambahkan bau amis dengan mencampurkannya dengna terasi.

3. Udang Kecil

Umpan alami lainnya yang bisa digunakan untuk memancing ikan bandeng adalah udang kecil. Biasanya udang kecil yang digunakan merupakan udang rawa berukuran kecil dan memiliki bau amis yang khas.

Penggunaan udang kecil sebagai umpan juga bisa digunakan pada mata kail dalam keadaan hidup, atau jika memancing di danau atau sungai, pemasangan umpan udang kecil dari bawah ke atas.

4. Cacing

Sebagai umpan alami, cacing mungkin tidak perlu dipertanyakan lagi karena memang hampir digunakan pada saat memancing dan untuk ikan jenis apapun. Cacing juga bisa digunakan untuk umpan memancing ikan bandeng.

5. Umpan Racikan Pelet Jitu dan Kuning Telur Bebek

Selain menggunakan umpan alami, kamu juga bisa menggunakan umpan racikan yang bisa kamu buat dan siapkan sendiri di rumah. Umpan racikan di bawah ini merupakan perpaduan pelet dan kuning telur bebek.

Bahan:

  • 2 bungkus pelet jitu
  • 1 kuning telur asin

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah, lalu masukkan pelek dan tambahkan air sedikit demi sedikit smabil diaduk sampai pelet hancur dan mengental.
  • Masukkan kuning telur asin lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
  • Bentuk bahan umpan menjadi bulatan kecil disesuaikan dengan mata kail pancing yang digunakan.

6. Umpan Racikan Pelet dengan Telur, Kroto dan Sarden

Berikut merupakan umpan racikan lainnya yang terbuat dari perpaduan bahan pelet, kroto, telur dan juga sarden. Umpan racikan ini bisa juga dicoba untuk digunakan memancing bandeng.

Bahan:

  • 2 telur
  • 2 bungkus pelet dengan merek wayang
  • Kroto secukupnya
  • Satu kaleng sarden yang sudah dibuang kuahnya

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah, masukkan dan campurkan pelet telur dan sarden.
  • Tambahkan air panas sedikit demi sedikit dan diaduk sampai tercampur rata.
  • Masukkan kroto lalu aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata, kenyaldan tida encer.
  • Namun jika bahan umpan kamu encer, kamu bisa mencoba menambahkab mi instan yang sudah dihaluskan.

7. Umpan Pelet

Salah satu umpan yang bisa kamu coba ketika menargetkan ikan bandeng adalah pellet.

Tentu teman-teman sudah tidak asing lagi dengan pelet, karena pelet memang seringkali dijadikan umpan.

Karenanya kamu tak perlu susah mencari pelet, sebab bisa ditemui dengan mudah di toko pancing terdekat.

Jenis pelet yang digunakan pada ikan bandeng adalah pelet merah. Kemudian kamu bisa mencampurkannya dengan 1 butir kuning telur agar tekstur pelet menjadi lengket dan menguar aroma amis.

Selain kuning telur bebek, teman-teman juga sebaiknya menambahkan sedikit air panas.

Lalu aduk hingga merata ketiga bahan tersebut sampai tekstur pelet menjadi lembut. Tapi ingat ya jangan sampai terlalu encer juga.

8. Telur Ikan

umpan ikan bandeng
image source: shopee.co.id

Telur ikan merupakan salah satu umpan yang ampuh untuk memancing bandeng. Gunakan telur ikan selain bandeng. Jangan memasak telur ikan yang akan kalian gunakan sebagai umpan.

Biarkan telur ikan dalam kondisi mentah karena akan mudah dikaitkan dan tidak gampang lepas dari kail.

Tidak perlu menggunakan timah pemberat dan pemutar kait yang justru membuat telur bergerak tidak wajar. Letakkan umpan yang sudah dikaitkan ke pancingan di area yang mudah terlihat oleh bandeng. Kendurkan tali pancing dan tunggu sampai umpanmu dilahap.

9. Lalat

Lalat memungkinkan untuk digunakan sebagai umpan ikan bandeng. Sebenarnya lalat biasa diumpankan untuk memancing ikan belanak, tapi ini juga berfungsi untuk keluarga ikan bandeng, yakni ikan torpedo.

Siapkan lalat yang cukup besar, seperti lalat hijau yang biasanya berkeliaran di sampah. jika susah menangkap lalat, menggantinya dengan tonggeret juga bisa.

10. Alga

Alga merupakan tumbuhan air yang disukai bandeng sebagai makanan mereka. Bagian bawah atau akar alga sering menjadi santapan ikan omnivora ini. Ambil beberapa alga dari kolam atau laut sebagai umpan mereka.

Tips Memancin Bandeng

Bandeng biasanya relatif mudah dikenali dibanding saat kalian memancing meski banyak jenis ikan lainnya. Ketika kalian memancing di perairan darat yang memiliki kedalaman selutut hingga sepinggang carilah bandeng di antara tumbuhan-tumbuhan air atau alga.

Ekor mereka yang tajam seperti garpu akan terlihat mencolok diantara alga-alga di dalam air. Alga merupakan salah satu makanan favorit mereka karena bandeng merupakan ikan omnivora. Mereka lebih suka berada di perairan yang lebih dalam karena sumber makanan mereka melimpah.

Mungkin akan sulit melihat bandeng ketika mereka berenang terlalu dalam. Tidak perlu khawatir karena bandeng biasanya muncul tiba-tiba ke permukaan air untuk mencari makan saat di dalam air tidak menemukan makanannya. Itulah saat yang tepat untuk melempar umpan.

Semua ikan bisa ditangkap menggunakan pancing dan kailnya, tapi untuk menarik perhatian ikan tentu saja kita membutuhkan umpan. Prinsip memancing yang paling dasar dan sudah menjadi rahasia umum adalah temukan apa yang disukai ikan sebagai umpan.

Dengan prinsip tersebut kita akan dengan mudah mendapatkan ikan yang kita mau. Hal itu berlaku untuk semua umpan, baik umpan alami atau umpan buatan. Umpan persis hingga simulator dan umpan keras hingga yang lunak juga memegang prinsip yang sama.

Hal penting lainnya adalah meninjau atau mencari tahu terlebih dulu tempat memancingmu memiliki ketersediaan umpan alami atau tidak. Biasanya ikan akan lebih tertarik dengan umpan alami yang menjadi makanannya sehari-hari, apalagi yang berasal dari habitatnya.

Ikan bandeng termasuk ikan yang pemilih cara tersebut sangat efektif untuk menarik perhatian ikan bandeng. Kalian bisa membawa persediaan umpan dari rumah, tapi umpan alami dari habitat aslinya adalah yang terbaik.

Teknik dan Waktu Mancing

Sebenarnya teknik memancing bandeng bukan hanya bergantung pada umpan saja, tapi juga medannya. Terkadang umpan yang kalian sudah siapkan justru dilahap ikan lain. ada beberapa jenis ikan yang juga melahap umpan untuk bandeng.

Ikan belanak, ikan gulama, hingga ikan kakap menyukai umpan-umpan yang biasa disiapkan untuk jenis ikan bandeng. Apabila perairan yang kalian datangi terdapat banyak makanan ikan, maka kemungkinan kecil umpan kalian akan dimakan.

Waktu terbaik untuk memancing ikan bandeng adalah di pagi dan sore hari pada saat posisi bulan berada dibawah garis lintang atau saat purnama. Bisa juga disaat posisi bulan berada pada sudut 90 derajat dari titik utama.

Saat musim hujan mungkin kalian akan lebih sulit untuk memancing ikan bandeng. Hal itu dikarenakan ikan bandeng stress akibat ketidakseimbangan pH air yang disebabkan oleh air hujan. Namun tak perlu khawatir kalian tetap bisa memancing bandeng meski di musim hujan.

Leave a Comment