√ 8 Umpan Alami Ikan Gabus untuk Memancing di Habitat Aslinya

8 Umpan Alami Ikan Gabus untuk Memancing di Habitat Aslinya

Jika berbicara memancing, ikan gabus merupakan salah satu ikan pancingan yang terbilang menyenangkan, karena penggunaan umpan alami hidup seperti anak katak dan tarikannya yang cukup kuat.

Selain tarikannya yang kuat, gigi ikan gabus yang tajam juga dapat membuat tali pancing terputus. Sebenarnya ikan gabus termasuk jenis ikan predator dan dapat ditemui di danau, sungai, rawa, saluran air atau bahkan sawah.

Makanan ikan gabus sendiri adalah ikan-ikan secil, serangga atau hewan air seperti anak katak dan juga berudu.

Bagi petani, ikan gabus dapatdikatakan sangat membantu dalam memusnahkan hama, misalnya seperti hama keong di sawah yang kerap kali dapat menyebabkan gagal panen.

Sisi lain ikan gabus adalah ikan ini terbilang merugikan jika masuk ke kolam ikan karena cenderung memangsa ikan-ikan kecil.

Karena sifat predatornya ini, pemancing yang ingin memancing ikan gabus pun sebenarnya tidak terlalu sulit menyiapkan umpan untuk memancingnya.


Umpan Ikan Gabus


Sebagai salah satu jenis ikan predator air tawar yang rakus memakan apapun, umpan untuk memancing ikan gabus pun tidak sulit ditemukan.

Berikut merupakan beberapa umpan alami untuk memancing ikan gabus di habitat aslinya.

1. Anak katak

Anak katak dapat dikatakan sebagai salah satu umpan alami yang cukup ampuh dan digunakan oleh banyak pemancing untuk memancing ikan gabus. Hal ini karena anak katak juga merupakan makanan alami bagi ikan gabus.

Penggunaan anak katak sebagai umpan pun haruslah dalam keadaan hidup dan utuh, agar umpan dapat terlihat secara alami dan dapat menarik perhatian ikan gabus.

2. Belalang

Belalang memiliki aroma dan warna yang dapat menarik perhatian ikan gabus.

Jika ingin menggunakan belalang sebagai umpan, buang terlebih dahulu bagian sayap pada belalang baru kaitkan pada mata kail pancing yang digunakan.

3. Ikan Kecil/wader

Sebagai salah satu ikan predator air tawar, memangsa ikan kecil sudah bukan hal aneh lagi bagi ikan gabus.

Oleh karena itu penggunaan ikan kecil/wader sebagai umpan ikan gabus juga merupakan salah satu pilihan yang bisa dicoba.

4. Cacing

Sebagai umpan yang umum digunakan dalam memancing, cacing juga bisa digunakan sebagai umpan alami dari ikan gabus.

Tidak hanya sebagai umpan untuk pemancingan kolam saja, melainkan juga memancing ikan gabus di habitat aslinya.

5. Cicak

Jika kamu kesulitan mendapatkan umpan alami yang sudah disebutkan di atas di sekitar area kamu, maka kamu juga bisa menggunakan cicak sebagai gantinya.

Menemukan cicak tentunya terbilang cukup mudah karena hampir di tiap rumah terdapat cicak.

Penggunaan cicak sebagai umpan memancing ikan gabus dapat persiapkan dengan membakarnya terlebih dahulu untuk mengeluarkan aroma, atau langsung secara mentah dikaitkan ke mata kail juga bisa.

6. Laron

Laron merupakan salah satu serangga yang bagi sebagian orang dirasa cukup mengganggu karena sekalinya ada laron, maka aka nada banyak sekali laron di tempat yang sama.

Namun laron pun sebenarnya bisa menjadi umpan alami untuk memancing ikan gabus.

7. Kroto

Untuk kamu yang masih awam, kroto merupakan istilah atau sebutan untuk larva atau anak semut. Penggunaan kroto sebagai umpan sendiri sudah terbilang populer di kalangan pemancing.

Jika ingin menggunakan kroto untuk umpan ikan gabus, campurkan atau racik dengan pelet, daging ayam atau telur terlebih dahulu.

8. Jangkrik

Jangkrik juga dapat dikatakan sebagai serangga yang sudah lazim dan cukup umum dijadikan umpan memancing, tidak terkecuali sebagai umpan ikan gabus. Umpan ini pun dapat dengan mudah ditemukan.

Sebelum digunakan sebagai umpan, terdapat tips untuk memencet tubuh jangkrik terlebih dahulu supaya mengeluarkan cairan yang dapat menarik perhatian ikan gabus.

Keyword: Umpan Ikan Gabus

Leave a Comment