Umpan Ikan Gabus untuk Memancing Baik yang Alami maupun Artifisial

Umpan Ikan Gabus – Jika berbicara memancing, ikan gabus merupakan salah satu ikan pancingan yang terbilang menyenangkan, karena penggunaan iming-iming alami hidup seperti anak katak dan tarikannya yang cukup kuat.

Selain tarikannya yang kuat, gigi ikan gabus yang tajam juga dapat membuat tali pancing terputus. Sebenarnya ikan gabus termasuk jenis ikan predator dan dapat ditemui di danau, sungai, rawa, saluran air atau bahkan sawah.

Makanan ikan gabus sendiri adalah ikan-ikan secil, serangga atau hewan air seperti anak katak dan juga berudu.

Bagi petani, ikan gabus dapatdikatakan sangat membantu dalam memusnahkan hama, misalnya seperti hama keong di sawah yang kerap kali dapat menyebabkan gagal panen.

Sisi lain ikan gabus adalah ikan ini terbilang merugikan jika masuk ke kolam ikan karena cenderung memangsa ikan-ikan kecil.

Karena sifat predatornya ini, pemancing yang ingin memancing ikan gabus pun sebenarnya tidak terlalu sulit menyiapkan umpan untuk memancingnya.


Umpan Ikan Gabus Alami


Sebagai salah satu jenis ikan predator air tawar yang rakus memakan apapun, umpan untuk memancing ikan gabus pun tidak sulit ditemukan.

Berikut merupakan beberapa umpan alami untuk memancing ikan gabus di habitat aslinya.

1. Anak katak

Anak katak dapat dikatakan sebagai salah satu umpan alami yang cukup ampuh dan digunakan oleh banyak pemancing untuk memancing ikan gabus. Hal ini karena anak katak juga merupakan makanan alami bagi ikan gabus.

Penggunaan anak katak sebagai umpan pun haruslah dalam keadaan hidup dan utuh, agar umpan dapat terlihat secara alami dan dapat menarik perhatian ikan gabus.

2. Belalang

Belalang memiliki aroma dan warna yang dapat menarik perhatian ikan gabus.

Jika ingin menggunakan belalang sebagai umpan, buang terlebih dahulu bagian sayap pada belalang baru kaitkan pada mata kail pancing yang digunakan.

3. Ikan Kecil/wader

Sebagai salah satu ikan predator air tawar, memangsa ikan kecil sudah bukan hal aneh lagi bagi ikan gabus.

Oleh karena itu penggunaan ikan kecil/wader sebagai umpan ikan gabus juga merupakan salah satu pilihan yang bisa dicoba.

4. Cacing

Sebagai umpan yang umum digunakan dalam memancing, cacing juga bisa digunakan sebagai umpan alami dari ikan gabus.

Tidak hanya sebagai umpan untuk pemancingan kolam saja, melainkan juga memancing ikan gabus di habitat aslinya.

5. Cicak

Jika kamu kesulitan mendapatkan umpan alami yang sudah disebutkan di atas di sekitar area kamu, maka kamu juga bisa menggunakan cicak sebagai gantinya.

Menemukan cicak tentunya terbilang cukup mudah karena hampir di tiap rumah terdapat cicak.

Penggunaan cicak sebagai umpan memancing ikan gabus dapat persiapkan dengan membakarnya terlebih dahulu untuk mengeluarkan aroma, atau langsung secara mentah dikaitkan ke mata kail juga bisa.

6. Laron

Laron merupakan salah satu serangga yang bagi sebagian orang dirasa cukup mengganggu karena sekalinya ada laron, maka aka nada banyak sekali laron di tempat yang sama.

Namun laron pun sebenarnya bisa menjadi iming-iming alami untuk memancing ikan gabus.

7. Kroto

Untuk kamu yang masih awam, kroto merupakan istilah atau sebutan untuk larva atau anak semut. Penggunaan kroto sebagai umpan sendiri sudah terbilang populer di kalangan pemancing.

Jika ingin menggunakan kroto untuk umpan ikan gabus, campurkan atau racik dengan pelet, daging ayam atau telur terlebih dahulu.

8. Jangkrik

Jangkrik juga dapat dikatakan sebagai serangga yang sudah lazim dan cukup umum dijadikan umpan memancing, tidak terkecuali sebagai umpan ikan gabus. Umpan ini pun dapat dengan mudah ditemukan.

Sebelum digunakan sebagai umpan, terdapat tips untuk memencet tubuh jangkrik terlebih dahulu supaya mengeluarkan cairan yang dapat menarik perhatian ikan gabus.


Umpan Ikan Gabus Artifisial


Gabus terkenal sebagai ikan yang invansif, meski begitu ikan gabus merupakan ikan yang cukup menjadi favorit di kalangan para pemancing. Tahukah kalian kalau ikan gabus merupakan predator yang aktif? Mereka memakan banyak hewan kecil.

Mulai dari katak hingga hewan pengerat kecil yang tinggal dekat perairan dimana ikan gabus berada. Beberapa umpan yang biasa dipakai untuk ikan lumpur juga berguna bagi ikan gabus karena mereka masih satu family.

Gabus merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar yang panjang dan besar. Motif sisiknya bintik-bintik coklat atau hijau sehingga bentuknya mirip seperti ular. Itulah mengapa ikan gabus disebut snakehead fish dalam Bahasa Inggris.

Nama mereka sebenarnya berasal dari beberapa spesies yang memiliki warna terang di ekornya. Warna terang tersebut digunakan untuk mengelabui hewan lain termasuk predatornya dan para pemancing.

Taktik tersebut dilakukan agar ikan gabus kecil tidak disantap oleh ikan yang lebih besar.

Sebagian besar jenis gabus bisa tumbuh hingga lebih dari 1 meter dengan berat mencapai 5 kilogram.

Mereka termasuk jenis ikan predator besar yang memakan semua jenis hewan yang hidup di habitatnya. Ikan kecil, katak, tikus kecil, bahkan burung kecil juga bisa dimakan oleh ikan ini.

Memilih Umpan

Lalu, apa umpan terbaik untuk ikan gabus? Terdapat beberapa pilihan umpan yang bisa kalian gunakan untuk memancing ikan ini. Ada umpan buatan maupun umpan hidup atau umpan alami. Kedua jenis umpan juga memiliki banyak pilihan.

Apabila kalian menggunakan umpan hidup, kaitkan kail di hidung atau punggung hewan. Sehingga mereka masih bisa bergerak leluasa dan menarik perhatian ikan gabus untuk berenang ke arahnya.

Sedangkan penggunaan umpan buatan carilah yang paling mirip dengan umpan asli.
Hal unik tentang ikan gabus adalah mereka juga suka mengejar umpan yang mirip dengan aslinya.

Jika umpan buatan biasa tidak berhasil cobalah umpan artifisial yang beraroma. Biasanya ikan gabus akan mencari sesuatu yang berbau seperti apa yang mereka makan.

Banyak yang menyukai gabus untuk dipancing karena rasa mereka yang enak. Bisa dibilang gabus merupakan salah satu ikan air tawar dengan rasa yang paling enak. Biasanya para pemancing memancing gabus menggunakan senar tipe braid dengan umpan tanpa gulma (weedless).

Ikan-ikan gabus menghabiskan sebagian besar waktunya di perairan dangkal yang banyak vegetasi. Penggunaan senar monofilamen dengan kait non-weedless tidak akan berfungsi dengan baik di daerah tersebut.

Asal kondisinya tepat dan kalian berada di spot yang bagus, maka kelima jenis umpan buatan ini dapat membantu kalian menangkap gabus. Berikut rekomendasi lima umpan buatan untuk gabus:

1. Katak Berongga Weedless

umpan ikan gabus
image source: amazon.com

Sejauh ini umpan katak beronggga weedless menjadi umpan sintetik paling populer untuk memancing gabus di ssungai. Umpan berat yang satu ini juga memungkinkan casting dengan jarak yang jauh.

2. Buzzbait

image source: shopee.co.id

Ketika memancing ikan gabus tidak ada iming-iming yang lebih baik daripada buzzbait. Pisau dua sisi pada buzzbait bekerja paling baik untuk kepala gabus. Ini karena pisau pada umpan memiliki aksi memotong yang baik dari pada pisau bilah tiga atau empat sisi.

3. Jig

umpan ikan gabus
image source: shopkarls.com

Jig merupakan umpan yang tepat untuk dilempar ke aliran anak sungai yang lebih kecil dengan sedikit vegetasi. Para ikan gabus akan mengira iming-iming ini sebagai alga yang bergerak karena ada ikan di dalamnya. Lantaran hal itu gabus akan mudah mendekat.

4. Chatterbait

umpan ikan gabus
image source: thefisherman.com

Iming-iming atau umpan lain yang cocok untuk perairan terbuka dengan sedikit vegetasi adalah chatterbait. Bilah berderak pada umpan ini menarik perhatian gabus terutama saat air sungainya keruh.

5. Umpan Berenang

Baik umpan keras atau lunak jika mereka terlihat mirip seperti ikan berenang yang asli tentu akan menarik perhatian. Gunakan jenis ikan yang paling mirip dengan bentuk ikan kesukaan gabus.

Demikian penjelasan kami mengenai Umpan Ikan Gabus. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment