Umpan Ikan Tombro Alami dan Racikan Bisa Cepat Strike

Umpan Ikan Tombro – Ikan tombro merupakan jenis ikan air tawar yang digemari dan diminati oleh banyak orang, termasuk para pemancing.

Nama ikan tombro bagi yang awam mungkin terdengar cukup asing. Ikan tombro memiliki nama lain ikan mas, dan nama ikan mas mungkin yang lebih populer di kalangan masyarakat umum.

Selain di kolam pemancingan, kamu juga bisa memancing ikan tombro ini dihabitatnya, diantaranya seperti air sungai yang tidak terlalu dalam dan mengalir, atau di danau.

Ikan tombro merupakan termasuk ikan omnivora, di mana ikan ini memakan segalanya, baik itu berupa hewani, atau nabati seperti cacing, lumut, atau ganggang yang ada di sungai atau kolam tempat ikan tombro berada.

Oleh karena itu jika ingin memancing ikan tombro, umpan yang disiapkan juga tidak terlalu sulit.

Namun jika kamu ingin memancing ikan tombro di kolam pemancingan di mana ada banyak jenis ikan, maka kamu bisa juga menyiapkan umpan khusus.


Umpan Ikan Tombro


Ikan Tombro merupakan sejenis ikan mas dengan nama latin Cyprinus carpio L. bentuk badan ikan tombro memanjang dan pipih dengan mulut yang monyong. Di bagian mulut terdapat dua pasang sungut pendek sementara dibagian dalam mulut terdapat tiga baris gigi berbentuk geraham.

Sirip punggung ikan tombro memanjang yang letaknya bersebrangan dengan permukaan sirip perut. Sering disebut juga ikan karper atau ikan mas.

Ciri-ciri morfologi ikan mas terbagi menjadi dua jenis, yakni yang bersisik normal dan yang bersirip memanjang. Dimana ikan yang bersisik normal masih dibagi lagi ke dalam dua kelompok, yakni yang sisiknya biasa dan yang lebih kecil.

Sementara berdasarkan fungsinya ikan mas di Indonesia, dibagi menjadi dua golongan. Pertama golongan ikan mas hias dan kedua golongan ikan mas konsumsi. Untuk ikan mas konsumsi masih dibagi lagi jenisnya.

Ada ikan tombro bersisik penuh dan yang sisiknya sedikit. Biasanya ikan yang bersisik penuh adalah ikan-ikan yang memiliki sisik normal tersusun rapi menyelimuti seluruh tubuh.

Seperti kebanyakan ikan, mata ikan tombro juga sedikit menonjol dengan badan yang relatif pendek dibanding ikan mas lainnya. Punggungya sedikit menonjol daripada jenis ikan mas lain. pergerakan ikan ini terbilang lambat dan sifat mereka jinak.

Tips Umpan Ikan Tombro

Mengenai umpan untuk memancing ikan tombro berkaitan juga dengan pakan sehari-harinya. Kandungan energi dan protein dalam pakan tombro saling berpengaruh. Sumber energi utama didapat dari karbohidrat dan lemak.

Ketika asupan energi dari karbohidrat dan lemak tidak mencukupi, maka protein akan digunakan sebagai sumber energi utama. Protein merupakan nutrisi yang memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga protein dapat menjadi sumber nergi utama pada pertumbuhan ikan.

Sebagai ikan omnivora atau ikan yang dapat memakan berbagai jenis makanan. Entah itu makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan hingga hewan renik. Makanan utama mereka tentu yang berada di dasar dan tepi perairan tempat mereka tinggal, baik tumbuhan maupun hewan.

Berikut merupakan umpan untuk memancing ikan tombro, baik itu umpan alami yang mudah didapat atau umpan racikan yang dibuat sendiri.

1. Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang merupakan umpan alami yang juga kerap kali digunakan untuk memancing, tidak terkecuali memancing ikan tombro. Kamu bisa menggunakan ulat daun pisang sebagai umpan ikan tombro.

Ulat daun pisang biasanya ditemukan di daun pisang yang melinting atau menggunlung.

2. Jangkrik

Selain ulat daun pisang, jangkrik juga bisa digunakan sebagai umpan alami untuk memancing ikan tombro.

Umpan alami ini termasuk mudah didapatkan, bahkan jika kamu kesulitan kamu bisa membelinya di toko burung.

3. Racikan Pelet, Telur Bebek, Ubi dan Mie Instan

Berikut merupakan umpan racikan dengan perpaduan pelet, telur bebek, ubi dan juga mie instan:

Bahan:

  • 100 gram pelet
  • 50 gram ubi jalar
  • 4 kuning telur bebek
  • 1 bungkus mie instan
  • Air secukupnya

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah masukkan pelet, mie instan dan sedikit air panas untuk membuat mie menjadi lembek.
  • Masukkan kuning telur bebek dan aduk sampai tercampur rata.
  • Kukus bahan umpan selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika sudah dinginkan dan bentuk umpan sesuai dengan mata kail pancing yang digunakan.

4. Racikan Kuning Telur, Pelet, Madu dan Kroto

Berikut merupakan umpan racikan ikan tombro perpaduan pelet, kuning telur, madu dan kroto yang bisa dicoba gunakan:

Bahan:

  • 1 ons pelet 48
  • 2 kuning telur ayam
  • 3 sdm madu
  • 1 ons kroto
  • 1 potong ikan asin
  • Air hangat secukupnya

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah dan campurkan semua bahan menjadi satu.
  • Aduk sambil diampurkan dengan air hangat sedikit demi sedikit supaya bahan umpan mudah dicampur dan diaduk rata.
  • Jika sudah rata, kukus bahan umpan selama kurang lebih 15 menit.
  • Dinginkan dan bentuk bahan umpan menjadi bulatan kecil sesuai mata kail pancing yang digunakan.

5. Racikan Ubi Manis, Pelet dan Essen

Berikut merupakan umpan racikan ikan tombro dengan perpaduan ubi manis, essen dan juga pelet yang bisa dicoba gunakan:

Bahan:

  • Pelet
  • Ubi Manis
  • Essens durian
  • Air secukupnya

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah dan campurkan pelet bersama air panas untuk membuat pelet menjadi lunak.
  • Kukus bahan ubi sampai matang, kemudian campurkan ke pelet yang sudah dilunakkan.
  • Masukkan essen durian secukupnya dan aduk semuanya sampai tercampur rata.
  • Jika sudah, tutup wadah kemudian tunggu beberapa hari sampai bahan umpan terfermentasi.
  • Bentuk umpan menjadi bulatan kecil sesuai dengan mata kail pancing.

6. Roti

Kebanyakan spesies ikan air tawar memang sering memakan umpan roti dari para pemancing. Cara membuat umpan dari roti tawar pun cukup mudah. Pakai roti tawar apa saja atau bagian pinggir roti tawar.

Ambil roti secukupnya lalu tekan-tekan hingga padat. Tujuan memadatkan roti adalah agar tidak mudah terlepas dari kait saat masuk ke air. Pakai pemberat agar umpan bisa masuk ke dasar perairan.

7. Jagung

Jagung merupakan salah satu umpan ikan tombro yang bagus. Selain mengandong karbohidrat, jagung juga mengandung protein dan serat. Warna jagung yang mencolok juga mudah menarik perhatian ikan tombro yang akan kalian pancing.

8. Tomat Ceri

Warna tomat yang mencolok dan kandungan airnya yang banyak membuat tomat disukai beberapa jenis ikan air tawar. Termasuk ikan tombro dan beberapa jenis ikan mas lainnya yang juga menyukai tomat ceri.

Jika tidak ada tomat ceri, kalian bisa gunakan tomat biasa yang dipotong kecil-kecil. Tenang saja. Ikan tertarik pada tomat ceri bukan karena bentuknya, tapi karena aroma dan warnanya. Selama warnanya menarik tomat apa saja bisa dipakai.

Cara memakainya cukup potong tomat menjadi ukuran yang cukup untuk masuk ke mulut ikan. Jika satu tomat ceri terlalu besar, kalian bisa memotongnya menjadi dua atau empat bagian.

9. Sosis

Sosis juga bisa dijadikan sebagai umpan ikan tombro loh. Beli saja sosis siap makan seribuat bila budget kalian terbatas. Sosis yang kalian beli juga bisa menjadi bekal makan siang kalian saat merasa lapar.

10. Alang-alang

Alang-alang adalah tumbuhan yang disukai beberapa jenis ikan air tawar. Meskipun begitu, kita tidak boleh terlalu banyak memberi ikan dengan alang-alang karena rumput ini agak susah dicerna oleh ikan.

Leave a Comment