17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)

Anime terbaik dari masa ke masa menjadi salah satu informasi yang sering dicari oleh pecinta anime atau orang-orang yang akan mencoba menonton anime.

Sebab anime terbaik tersebut tentu saja merupakan pilihan dan kemungkinan besar dapat memuaskan ekspektasi penonton.

Anime, sebuah cerita gambar bergerak yang berasal dari Jepang ini telah menjadi salah satu hal yang digandrungi banyak remaja.

Anime sering digambarkan dengan tokoh-tokoh berwajah tirus, bertubuh ideal, bermata bulat besar, dan berbibir mungil.

Ciri khasnya ini menjadi satu daya tarik yang tidak dapat terpisahkan ketika kamu mengucapkan kata ‘anime’.

Dari tahun ke tahun, kegandrungan terhadap anime saat ini mulai meluas, bahkan penggemarnya tidak terbatas hanya pada kalangan remaja.

Beberapa penggilanya yang telah berusia cukup matang ternyata juga banyak yang masih belum bisa melepaskan diri dari anime.

Selain penggambaran tokoh yang sempurna, cerita dari film anime juga sangat kuat dan memiliki daya tarik tersendiri.

Tak jarang penonton akan disuguhi dengan quotes atau kata-kata bijak yang berkesan dan secara tidak langsung bisa menjadi penyemangat seseorang.

Penggambaran karakter masing-masing tokoh dalam anime biasanya juga cukup unik, tidak hanya hitam dan putih saja.

Setiap karakter memiliki alasan yang kuat mengapa harus dimunculkan, seperti pada tokoh-tokoh film anime terbaik dari masa ke masa berikut ini.


Anime Terbaik Sepanjang Masa


Seperti yang telah dijelaskan di atas, anime merupakan tontonan yang saat ini banyak digandrungi oleh banyak orang dengan segala usia.

Nah, apakah kamu salah satu dari mereka? Kalau kamu merasa dirimu benar-benar layak disebut sebagai penggila anime, maka daftar anime terbaik versi kami di bawah ini cocok menjadi salah satu referensi yang kudu banget kamu baca.

Daftar ini akan memuat anime-anime di segala zaman, baik yang sudah dirilis lama maupun yang masih baru.

1. Anime Terbaik: One Piece

17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)
onepiece.fandom.com

Alur yang susah ditebak, tokoh yang unik, dan cerita yang seru menjadi daya tarik tersendiri bagi para OP-lovers.

Kamu pastinya sudah sangat mengenal Monkey D. Luffy. Ya, si kapten bajak laut bertubuh elastis dan bertopi jerami yang terkenal dengan jurus Gomu-Gomu-nya.

Bersama Luffy, kamu akan dibawa tenggelam dengan berbagai petualangan seru hingga ia menjadi Raja Bajak Laut.

2. Naruto

Nah! Ini dia salah satu anime terbaik dan terlaris dunia. Hampir semua generasi –mungkin kecuali kakek nenekmu pasti mengenal anime ini.

Menceritakan tentang Naruto, seorang bocah lelaki konyol, bodoh, hiperaktif, dan ambisius.

Anime ini berisi perjalanan Naruto menjadi seorang hokage atau ninja terkuat di desanya, Konohagakure. Kini Naruto telah ditayangkan berkali-kali dengan ratusan episode yang semakin berkembang.

3. Anime Terbaik: Dragon Ball

Kalau kamu generasi 90-an dan hafal lirik lagu Dragon Ball versi bahasa Indonesia, maka dapat dipastikan kamu memiliki hari minggu yang menyenangkan di masa kecilmu.

Karena setiap hari minggumu diisi dengan mengikuti perjalanan seru Goku dalam mencari 7 buah bola Naga.

Dalam setiap perjalanan Goku bersama Bulma, mereka selalu menemukan berbagai rintangan yang menjadikan anime ini semakin menegangkan namun tetap renyah.

4. Anime Terbaik: Shingeki no Kyojin

17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)
blog.roommed.id

Anime dengan genre dominan action ini diadaptasi dari manga karya Hajime Isayama. Berkisah tentang Eren Jeger, pemuda yang berambisi menghabisi para titan, makhluk raksasa pemakan manusia, yang telah memakan ibunya.

Kalau kamu doyan adegan perang menegangkan, anime ini sangat cocok untukmu.

5. Fullmetal Alchemist

Masih dengan anime action, Fullmetal Alchemist atau FMA, berasal dari manga karya Hiromu Arakawa. FMA banyak disanjung, hingga mendapat predikat sebagai anime terpopuler berdasarkan polling oleh TV Asahi.

FMA juga mengukir prestasi di American Anime Awards dengan berhasil menjadi nominator dalam 6 kategori dan memenangkan 5 diantaranya.

Anime ini menyuguhkan pertempuran para ahli kimia atau alchemist yang tinggal di negara Amestris.

Elric bersaudara, yaitu Edward dan Alphonse, berusaha mencari cara untuk mengembalikan keutuhan tubuh mereka yang telah terkorbankan untuk transmutasi.

Edward bergabung dengan alchemist negara dan mendapat julukan fullmetal alchemist atau ahli kimia baja.

Di FMA kamu juga akan menyaksikan serunya perlawanan Elric bersaudara menghadapi para homonculus atau manusia buatan.

6. Anime Terbaik: One Punch Man

Buat kamu yang suka tantangan tapi nggak suka yang terlalu serius, anime action comedy ini worth it banget.

Berkisah tentang lelaki super kuat bernama Saitama, yang merasa bosan karena semua musuhnya langsung kalah dengan satu pukulannya saja.

Menontonnya akan mengantarmu pada tawa lepas sebagai bumbunya, tapi tetap dengan aksi-aksi keren sebagai menu utama.

7. Shigatsu Wa Kimi No Uso

Dalam bahasa Indonesia, diartikan sebagai ‘Kebohonganmu di Bulan April’, sebuah anime musikal yang menyajikan romance yang mampu meneteskan air matamu.

Masih dengan tokoh utama seorang anak lelaki, namanya Arima Kousei, yang memiliki bakat luar biasa dalam bermain piano, namun berhenti menjadi pianist karena sebuah trauma.

Hingga suatu hari ia bertemu dengan Kaori, dan membuatnya menjadi pianist lagi.

8. Oremonogatari

17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)
notupdate.wordpress.com

Takeo Gouda adalah tokoh utama dalam anime bergenre romance comedy ini. Tidak seperti tokoh utama lelaki dalam anime romance lainnya yang tampan dan proporsional, Takeo justru menonjol dengan kekurangan fisiknya.

Bertubuh bongsor tanpa wajah tampan dan tidak laku di kalangan perempuan.

Uniknya anime ini diceritakan dari sudut pandang laki-laki, yaitu Takeo. Ia menyimpan perasaan kepada Rinko, yang ia pikir menyukai sahabatnya yang tampan, Makoto.

Penonton akan dibuat kesal namun penasaran, karena Takeo memiliki persepsi yang salah terhadap Rinko yang sebenarnya justru menyukai dirinya.

9. Anime Terbaik: Toradora!

Masih dengan kisah romantis, berkisah tentang dua sahabat, Ryuuji, lelaki baik hati yang suka memasak, dan Aisaka, gadis cantik namun galak.

Mereka adalah teman dekat yang saling menolong untuk merebut hati orang yang mereka taksir masing-masing, Ryuuji mencintai Kushieda, sedangkan Aisaka mencintai Kitamura.

Kerjasama Ryuuji dan Aisaka ternyata memberikan dampak yang salah, bukannya saling mendapatkan pasangan masing-masing, kedekatan mereka malah membuat hati mereka sendirilah yang saling bertaut.

10. Sakurasou No Pet Na Kanojo

Anime ini diadaptasi dari light novel karya Hajime Kamoshida dengan genre romance comedy. Sorata, seorang murid SMA, terpaksa pindah ke asrama Sakurasou karena ketahuan memelihara kucing.

Di asrama baru Sorata tidak betah, namun kemudian ia bertemu dengan Mashiro, murid baru, yang mengubah ketidakbetahannya menjadi kenyamanan.

Hingga ia dilibatkan dengan banyak kisah persahabatan di Sakurasou yang membuat hidupnya semakin berwarna.

11. Death Note

Yagami Light, seorang murid SMA menemukan sebuah buku kematian, yang dapat membunuh siapa saja yang namanya tertulis di dalamnya.

Satu per satu ia menulis nama kriminil Jepang dan membuat mereka mati. Hal itu membuat Light dianggap sebagai pembunuh yang dijuluki dengan “Kira”.

Seorang detektif bernama samaran “L” mencari tau siapa Kira sebenarnya untuk diserahkan pada polisi. Kira yang mengetahui kenyataan ini, mencari tahu nama asli “L” agar dapat membunuhnya. Siapakah yang akan menang?

12. Detective Conan

17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)
kaltim.idntimes.com

Kamu pasti sudah kenal dengan Shinichi Kudo, detektif SMA yang tubuhnya mengecil karena dicekoki obat oleh Black Organization.

Shinichi mengubah namanya menjadi Conan Edogawa dan tinggal bersama detektif Kogoro Mouri dan anaknya Ran Mouri.

Ran sebenarnya adalah sahabat dekat Shinichi dan mereka saling mencintai dalam diam. Bersama Conan, kamu akan disuguhi berbagai kasus kriminalitas keren yang ending-nya susah ditebak.

13. Kimi Ni Todoke

Anime ini menceritakan tentang Sawako, yang sulit berteman karena tidak bisa mengekspresikan kebaikannya, dan malah dijauhi karena dia juga memiliki penampilan seperti Sadako (salah satu nama hantu Jepang).

Hidup Sawako berubah ketika ia bertemu dengan Kazehaya yang membantunya bergaul dengan baik.

Dan lagi-lagi, cintalah yang tumbuh di antara dua sahabat ini. anime ini mendapatkan banyak penggemar karena ceritanya yang unik dan manis.

14. Slam Dunk

Pernah terkenal di Indonesia sekitar tahun 2000an, nama Hanamichi Sakuragi tentu tidak asing di telingan generasi 90-an.

Menceritakan tentang pertandingan basket anak SMA yang setiap episodenya menyajikan cerita seru dengan bumbu-bumbu cinta remaja.

Menonton anime ini membuatmu seolah terlibat langsung dalam pertandingannya yang menegangkan.

15. Sword Art Online

17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)
hai.grid.id

Bagi beberapa orang yang mengikuti anime sejak dulu kala tentu sudah tidak asing lagi dengan judul anime legend satu ini.

Ide cerita dari anime SAO cukup unik dan tidak mudah ditebak. Kalau kamu suka anime bergenre action, maka SAO adalah salah satu rekomendasi yang tidak akan mengecewakan.

Sejak dirilis pada tahun 2012 anime ini menjadi salah satu anime pilihan terbaik, dan sampai saat ini predikat tersebut masih layak untuk disandang.

Menceritakan tentang gamer, Kirigaya Kabuto yang secara harus bermain langsung secara nyata di dunia game virtual bernama Sword Art Online.

Pada game tersebut terdapat misi yang harus diselesaikan. Sayangnya misi tersebut tentu tidak mudah dan harus melewati berbagai tantangan.

Tak ada kesempatan kedua dalam game SOA jika Kabuto gagal melewati tantangan yang diberikan, maka tamat sudah nyawanya.

Mati di dunia game sama saja mati di dunia nyata. Ngeri sekali bukan. Kalau kamu penasaran dengan aksi Kabuto silahkan langsung ditonton ya.

16. Fairy Tail

Rekomendasi anime terbaik sepanjang masa lainnya yang akan memberikan kesan yang dalam adalah anime berjudul fairy tail.

Anime yang disutrradarai oleh Shinji Ishihara ini pernah mendapatkan penghargaan “Anime of the Year” pada tahun 2010 dari Animax Asia.

Dua tahun setelahnya, yakni 2012 Fairy Tail kembali mendapatkan pujian sebagai Anime Jepang Terbaik terbaik dalam penghargaan Anime & Manga Grand Prix di Prancis.

Seperti judulnya cerita anime ini tentu akan dipenuhi dengan fantasi dan imajinasi tentang dunia baru yang tidak ada di dunia nyata.

Mengisahkan kehidupan di sebuah tempat bernama Earth-Land, yang penduduknya sebagian besar dapat menggunakan sihir.

Lucy Heartfilia dan Natsu Dragneel adalah para penyihir dari Earth-Land yang tergabung dalam kelompok penyihir Fairy Tail.

Kelompok tersebut dikenal dengan aksi-aksinya yang seringkali merusak. Cerita menjadi sangat menarik ketika muncul obsesi dari Lucy yang ingin menjadi penyihir terbaik.

Di sisi lain Natsu terobsesi mencari seekor naga api, yang ternyata merupakan ayah angkatnya. Obsesi tersebut tentu harus dibayar dengan peristiwa yang sepadan.

17. Bleach

17 Rekomendasi Anime Terbaik dari Masa ke Masa (Wajib Ditonton)
polygon.com

Seri anime yang dirilis sejak tahun 2004 – 2012 masih layak untuk dinobatkan menjadi anime terbaik sepanjang masa.

Karena memang ceritanya yang menarik bleach diadaptasi ke dalam action live dan dirilis pada tahun 2018.

Kalau teman-teman suka dengan kisah petualangan, maka bleach adalah jawabannya. Bercerita tentang petualangan Ichigo Kurasaki, seorang remaja keras kepala.

Suatu hari ia mendapatkan kekuatan dewa kematian atau shinigami, dan harus mewarisi takdir orang tuanya.

Kurasaki bertugas menuntun roh-roh manusia ke alam baka, serta melindungi manusia dari roh-roh jahat.

Tugas ini membawanya pada petualangan-petualangan spiritual yang tak terduga dan penuh dengan kejutan.

17 judul anime ini mewakili berbagai anime terbaik yang banyak digandrungi dari masa ke masa, bagaimana? Ada yang belum kamu tonton?

Leave a Comment