Bentuk dan Kegunaan Timah Pancing Beserta Gambarnya

Bentuk dan Kegunaan Timah Pancing Beserta Gambarnya

Bentuk dan kegunaan timah pancing – Sebagaimana kita tahu memancing adalah kegiatan yang tidak hanya mengandalkan keberuntungan semata.

Memancing membutuhkan teknik dan peralatan tertentu yang bisa mendukung keberhasilannya.

Salah satu peralatan yang harus diketahui dan disiapkan adalah timah pancing. Timah bisa juga disebut dengan pemberat pancing karena memang berfungsi sebagai pemberat dalam rangkaian pancing.

Dikenal dengan timah pancing karena pada umumnya pemberat pancing terbuat dari bahan timah yang kemudian dibentuk ke dalam berbagai rupa.

Pemakaian timah ini harus melihat kondisi air yang menjadi area pemancingan. Jika timah yang dipakai semakin berat maka arus yang berdampak pada umpan menjadi semakin rendah.

Biasanya alat ini digunakan ketika memancing dengan teknik dasaran, tetapi bisa juga dipakai pada teknik memancing lainnya.

Karena selain berfungsi sebagai pemberat, timah juga bisa digunakan untuk membantu melempar umpan, yang mana akan berguna pada semua teknik memancing.

Hanya saja memang timah pancing memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan bentuknya.

Oleh karena itu supaya teman-teman bisa menentukan atau memilih timah pancing yang sesuai dengan kebutuhan, yuk simak artikel tentang bentuk dan kegunaan timah pancing di bawah ini:


Fungsi Timah Pancing Secara Umum


Pada umumnya alat ini memiliki beberapa fungsi atau kegunaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat membantu meletakkan umpan pancing pada kedalaman dasar yang diinginkan
  • Timah juga bisa membantu umpan agar tidak mudah berpindah tempat terlebih ketika pada arus yang deras
  • Berfungsi untuk menjaga keseimbangan rangkaian pancing
  • Timah dapat berfungsi untuk menahan umpan agar tetap pada titik lemparan ketika menggunakan pelampung pada rangkaian pancing
  • Berfungsi sebagai penjaga senar supaya tetap dalam kondisi tegang dan ketat.

Bentuk dan Kegunaan Timah Pancing


Selanjutnya mari kita pelajari juga pemakaian timah pancing berdasarkan bentuk-bentuk yang dibuat, sebab seperti yang telah kami jelaskan di atas, setiap bentuk memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah uraiannya:

Timah Daun/Lembaran

Timah dengan bentuk seperti lembaran kecil yang bisa disobek dan dilipat ini biasanya digunakan untuk memancing di kolam dan dengan menggunakan lumut.

Selain itu jenis ini juga bisa digunakan pada umpan hidup di laut, sehingga umpan dapat berenang dengan bebas di dasar laut.

Penggunaannya juga tidak rumit, kita hanya perlu menyobeknya lalu melipatnya pada senar pancing. Cukup mudah bukan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Bentuk dan Kegunaan Timah Pancing: Timah Kerucut

Dinamakan timah kerucut karena memang memiliki bentuk seperti kerucut. Jika diamati bentuk dari timah kerucut juga seperti sebutir peluru.

Dapat digunakan pada medan pemancingan apa saja, baik di air tawar maupun air laut.

Timah Telur

Bentuknya oval seperti telur atau melinjo, sehingga terkadang jenis ini dinakaman juga dengan timah pancing melinjo.

Pada umumnya digunakan ketika memancing pada area berbatu, berarus deras atau jeram.

Cara pemasangannya juga mudah yakni dengan melewatkan tali senar melalui lubang yang ada di tengah-tengah timah.

Timah Bank Sinker atau Torpedo

Pemancing luar negeri sering menyebut jenis timah ini dengan sebutan bank sinker. Berbentuk seperti torpedo atau kapal selam, memiliki ring kecil pada ujungnya yang berfungsi sebagai pengait tali leaders pancing.

Biasanya timah torpedo dipakai untuk memancing dengan teknik dasaran di area pemancingan sungai. Untuk lebih jelasnya bentuk timah ini dapat dilihat pada gambar di atas.

Bentuk dan Kegunaan Timah Pancing: Timah Piramid

Penamaan timah ini juga sesuai dengan bentuknya yang menyerupai piramid.

Memiliki ujung yang runcing sehingga dapat membuat timah piramid menancap di dasar perairan yang berlumpur dan berpasir dengan baik.

Hal ini berguna untuk menahan letak kail yang berisi umpan supaya tidak bergerak. Keunggulan lainnya dari timah ini adalah kecepatan meluncur di dalam air yang sangat baik.

Pada umumnya timah jenis piramid cocok dipakai untuk memancing di sungai dan laut yang dalam, yang mempunyai dasar perairan lumpur atau pasir.

Leave a Comment