13 Film Kuliner Terbaik Bagi Kamu yang Bercita-Cita Menjadi Koki Handal

Bosan dengan film yang itu-itu saja? Coba deh tonton beberapa film kuliner terbaik di bawah ini dijamin langsung membuat kalian lari ke dapur setelah menontonnya.

Bukan hanya cerita yang menghibur tapi banyaknya makanan yang tersaji di layar pastinya memanjakan mata kalian para foodies.


Deretan Film Kuliner Terbaik


Berikut ini kami rangkum beberapa film kuliner terbaik versi rahasiabelajar.com, check it out!

1. Burnt (2015)

Sebuah film bergenre drama komedi tentang seorang chef bernama Adam Jones yang diperankan oleh Bradley Cooper.

Adam merupakan seorang chef yang brilian namun tidak dengan kelakuannya.

Diakui sebagai seorang chef yang berbakat membuat Adam besar kepala karena hal itu pula Adam menjadi seseorang yang perfeksionis.

Ia tak menerima kegagalan dan disaat ia sedang depresi karena sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya ia melampiaskannya dengan narkoba.

Sempat jatuh karena obat-obatan terlarang dan perilaku buruknya Adam akhirnya bangkit sedikit demi sedikit.

Ia berhasil membuka restorannya sendiri dan mendapatkan Bintang Michelin ketiganya. Film ini sangat inspiratif apalagi bagi kalian para koki rumahan yang bermimpi untuk menjadi chef kelas dunia.

2. Chef (2014)

Seorang kepala chef bernama Carl Casper memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya pada sebuah restauran ternama, Gauloise di Brentwood.

Ia memutuskan untuk memulai bisnis kuliner kreasinya menggunakan sebuah foodtruck setelah ia berseteru dengan pemilik restoran tempatnya bekerja dan juga seorang pengkritik makanan.

Carl suka berkreasi dengan makanan dan membuat inovasi baru sedangkan Riva si pemilik restoran tidak menginginkan adanya inovasi.

Carl juga berseteru dengan Ramsey, pengkritik makanan yang memviralkan ketidak profesionalan Carl dalam menjawab tantangannya.

Selain Jon Favreau film ini juga turut dibintangi oleh Robert Downey Jr, Scarlett Johansson, serta Sofia Vergara.

3. The Hundred-Foot Journey (2014)

Salah satu film tentang dunia kuliner yang menarik untuk ditonton. Steven Spielberg serta Oprah Winfrey ikut memproduseri film yang menceritakan tentang persaingan antara dua restoran yang berbeda menu.

Film drama komedi ini tidak hanya mengocok perut dan membuat kita meneteskan air liur, tapi juga mengajarkan kita akan keberagaman budaya termasuk juga makanannya.

Dua restauran yang bersaing, yaitu restauran Eropa pimpinan Madame Mallory serta restauran India milik Papa dari Hassan. Meskipun bersaing mereka tidak saling menjatuhkan.

Salah satu karya terbaik sutradara Lasse Hallstrom ini diadaptasi dari sebuah novel karya Richard C. Morais. Kali ini ia mengangkat tema film kuliner terbaik dengan judul yang sama ke layar lebar.

The Hundred-Foot Journey adalah kisah perjalanan keluarga India yang mengungsi ke Eropa dengan niat untuk mengubah hidup.

Paris, kota yang keluarga ini pilih untuk memulai kembali hidup mereka dari nol. Disana mereka kembali membangun bisnis keluarga dengan mendirikan sebuah restoran masakan khas India.

Bersebelahan dengan restoran masakan khas Perancis, persaingan sengit pun tak bisa dihindari oleh keluarga Kadam (Manish Dayal).

Ketika dua kultur ini bertemu banyak benturan konflik yang terjadi. Mulai dari suara musik yang terlalu keras dari restoran keluarga Kadam hingga bumbu kari yang bertaburan kemana-mana.

Film ini memiliki daya tariknya sendiri terutama dari segi penggabungan budaya India dan Perancis.

“Indian cannot be French, and the French cannot be Indian”

Begitulah kutipan yang paling kita ingat setelah menyaksikan film kuliner terbaik yang satu ini. dengan ending yang memuaskan penonton sekali lagi berhasil dibuat kagum oleh kepiawaian sang sutradara.

4. Tabula Rasa (2014)

Hans adalah seorang pemuda dari Serui, Papua yang bermimpi untuk menjadi seorang pesepak bola profesional.

Ia pergi merantau ke Jakarta untuk mengejar mimpinya tersebut. Takdir berkata lain bukannya menjadi pesepak bola Hans justru menjadi seorang pelayan di rumah makan Padang.

Ia bertemu dengan Mak yang diperankan oleh Dewi Irawan pemilik rumah makan padang tempat Hans bekerja.

Rumah makan padang milik Mak terancam bangkrut dan akan ditutup, tapi Hans sebagai pekerja keras tak mau itu terjadi.

Meskipun gagal menjadi pesepak bola Hans tak mau gagal dalam pekerjaannya. Hans mempelajari menu-menu masakan Padang dari Mak dan coba membuatnya.

Ia berhasil membuat rumah makan Padang milik Mak bangkit kembali. Di film ini kita akan disuguhkan cara-cara membuat masakan Padang yang enak.

Setelah menyaksikan film ini rasanya langsung ingin pergi ke warung nasi Padang terdekat.

5. The Lunchbox (2013)

Film yang berlatar belakang Kota Mumbai ini menceritakan tentang kisah seorang duda dengan ibu rumah tangga. Perkenalan mereka dimulai dengan kesalahan kurir pengantar kotak bekal.

Bekal yang dibuat Ila, seorang Ibu rumah tangga seharusnya diantarkan kepada Shaikh, suaminya.

Namun yang terjadi justru bekal dari Ila sampai ditangan Saajan, seorang duda yang suka menyendiri setelah ditinggal mati istrinya.

Mulai dari situ mereka sering bertukar pesan lewat kertas yang dimasukkan ke dalam kotak bekal.

6. Julie and Julia (2009)

Kisah tentang dua orang wanita yang berbeda, yakni Julie dan Julia.

Julie Child merupakan seorang chef, penulis, serta influencer di bidang kuliner, mungkin kalau di Indonesia seperti Bu Siska. Sedangkan Julia merupakan seorang kuliner blogger yang mengagumi Julie.

Mereka tidak pernah bertemu satu sama lain cerita tentang keduanya pun tidak saling berhubungan.

Film ini mengisahkan tentang perjuangan Julie Child di awal karirnya sebelum ia jadi seperti sekarang ini.

Serta kisah Julia yang tertantang untuk membuat semua makanan yang ada dalam buku pertama milik Julie.

7. Today’s Special (2009)

Sebuah film bergenre komedi tentang seorang sous chef keturunan India bernama Samir. Ia bermimpi untuk bisa menjadi chef handal tetapi bosnya menganggap kalau masakan Samir tidak ada ‘jiwanya’.

Samir memutuskan untuk berhenti dari restauran tempatnya bekerja karena tidak juga dipromosikan. Ia berencana pergi ke Paris untuk mengejar mimpinya, namun sang ayah justru terkena serangan jantung.

Samir harus menggantikan orang tuanya untuk menjalankan bisnis restauran India milik keluarganya atas permintaan sang Ayah.

Samir yang tidak bisa memasak makanan India ditolong oleh seorang supir taksi yang dikenalnya secara kebetulan.

Supir taksi yang diperankan oleh aktor India Naseeruddin Shah itu mengaku kalau ia merupakan mantan koki yang pernah memasak untuk kerajaan Inggris saat di Mumbai.

Bagaimana kalanjutannya, langsung ditonton saja film yang satu ini.

8. Soul Kitchen (2009)

Chef Zinos seorang keturunan Yunani menjalankan sebuah restauran di bekas sebuah gudang yang dinamakan “Soul Kitchen”.

Menu restauran miliknya bisa dibilang biasa saja alias tidak ada yang spesial, tapi ia memiliki pelanggan setia karena harganya yang murah dan suasananya yang menyenangkan.

Hidupnya berubah ketika pacarnya pergi ke Tiongkok dan meninggalkannya. Ia mengejar pacarnya hingga ke China dan menitipkan restauran miliknya pada adiknya.

Sekembalinya dari China yang ia dapati justru restaurannya telah diambil alih oleh teman-teman adiknya yang kriminal.

9. Mostly Martha (2001)

Film yang berjudul asli “Bella Martha” ini bergenre drama komedi romantis.

Tokoh utama dalam film ini adalah Martha, seorang koki di sebuah restauran Jerman yang sangat keras kepala dan enggan menerima kritik.

Suatu hari ia harus mengambil alih perwalian keponakan perempuannya setelah kakaknya meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil.

Sayangnya mereka berdua sama-sama keras kepala sehingga hubungan tante dan keponakan tersebut tidak berjalan baik.

Hingga suatu hari restoran Martha kedatangan sous chef baru bernama Mario yang perlahan-lahan melonggarkan ketegangan antara mereka.

10. Chocolat (2000)

Melihat judulnya pasti sudah ada yang terlintas di benak kalian. Yup, film ini memang berhubungan dengan coklat.

“Chocolat” bercerita tentang seorang wanita dan anak perempuannya yang membuka sebuah toko coklat di sebuah desa kecil di Perancis.

Keberadaan toko coklat tersebut membawa suasana baru ditengah-tengah masyarakat yang kaku. Film ini banyak dibintangi oleh aktris-aktris serta aktor berprestasi salah satu diantaranya Johnny Depp.

11. Eat Drink Man Woman (1994)

Film kuliner terakhir ini datang dari Taiwan. Film yang berjudul asli “Yin Shi Nan Nu” ini banyak menampilkan cara-cara memasak masakan ala restoran China.

Seorang koki senior dari sebuah restoran China ternama yang hidup dengan tiga putrinya dan kehidupan mereka diceritakan dalam film yang satu ini.

12. Aruna dan Lidahnya (2018)

Film ini merupakan ajang reuni bagi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra setelah berhasil menjadi sepasang kekasih di film Ada Apa Dengan Cinta.

Aruna (Dian Sastro) melakukan petualangan kuliner bersama kedua sahabatnya Bono (Nicholas Saputra) dan Nad (Hannah Al Rashid).

Aruna ditugaskan untuk mengusut kasus flu burung dari kantornya sementara Bono seorang koki profesional sedang butuh inspirasi untuk mencari resep kuliner autentik.

Bersama Nad mereka berkeliling dan melakukan wisata kuliner di beberapa kota besar Indonesia. Mulai dari Jakarta, Surabaya, Pemekasan, Pontianak, hingga Singkawang.

Film ini dipenuhi dengan sajian khas nusantara dari setiap daerah yang Aruna dan kawan-kawannya kunjungi.

Selama perjalanan Aruna berjumpa dengan seseorang dari masa lalunya, Farish (Oka Antara). Seseorang yang kembali membawa cerita lama dan rahasia terpendam jauh tertinggal di belakang.

13. Cook Up A Storm (2017)

Comeback dengan penampilan berbeda, Jung Yong Hwa mencoba peruntungan di dunia layar lebar.

Cook Up A Storm adalah sebuah kompetisi kuliner yang menampilkan pertarungan sengit antara seorang koki jalanan dari Kanton dan koki asal Perancis dengan bintang Michelin.

Sky Ko (Nicholas Tse) seorang pemuda Hongkong yang memiliki ambisi besar untuk menjadi yang terbaik dalam memasak.

Ambisinya tak lain ingin mengalahkan sang Ayah yang semasa kecil meninggalkannya karena dianggap tak memiliki bakat memasak.

Selama dua puluh tahun Sky mengasah kemampuannya dalam memasak hingga berhasil mendirikan restoran masakan Kanton bernama Seven.

Seven terkenal sebagai restauran yang memiliki rasa makanan autentik dan lezat yang alami. Restauran ini bertahan dikala rivalnya di lingkungan mereka gulung tikar karena mengalami kerugian.

Di sisi lain Paul Ahn (Jung Yong-hwa) seorang koki utama di sebuah restoran merupakan lulusan sekolah memasak di Perancis dengan bintang Michelin.

Restoran tempat Paul bekerja menjadi saingan utama restoran Sky dalam menarik hati pelanggan.

Persaingan kedua koki ini kemudian berlanjut di sebuah kompetisi memasak. Hingga mereka menyadari jika perbedaan mereka digabungkan maka akan menghasilkan masakan yang sempurna.

Paul yang ahli dalam masakan modern dan estetik akhirnya memilih bergabung dnegan Sky yang ahli dalam rasa autentik.

Dalam sebuah kompetisi internasional, keduanya menyatukan kekuatan untuk mewujudkan masing-masing ambisi pribadi mereka dalam bentuk satu tim yang solid.


Sudah menonton film-film di atas? Kalau sudah kalian pasti punya banyak referensi tentang makanan dari berbagai belahan dunia.

Sekian ulasan tentang film kuliner terbaik. Next time kita sambung dengan review yang lebih banyak lagi ya. Setelah menonton film-film di atas, bisa coba-coba nih jadi food blogger, tester, reviewer, atau bahkan chef amatir.

Baca Juga: Film Kriminal Terbaik

Leave a Comment