16 Rekomendasi Film Kriminal Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Sejarah

Film-film kriminal terbaik tak lepas dari film dengan tema penjahat, polisi, gangster, aksi perkelahian, dan sejenisnya.

Genre kriminal tentu menampilkan banyak adegan tindak kejahatan yang meliputi kekerasan, perkelahian maupun hal-hal kriminal lainnya, karena itu film dengan genre kriminal tidak ditujukan untuk ditonton oleh anak-anak.

Film bergenre kriminal bukan berarti peran utamanya adalah seorang atau sekelompok penjahat.

Setiap film yang setidaknya mengandung 30% adegan kejahatan atau hal-hal berbau kriminal maka film tersebut bisa dikategorikan sebagai film dengan sedikit genre kriminal.

Justru di dunia perfilman tidak ada film yang benar-benar 100% menyuguhkan adegan kejahatan karena akan berujung dengan pencekalan atau banned.


Daftar Film Kriminal Terbaik


Film-film bergenre kriminal tak lepas dari tindakan kriminal yang terjadi di dunia nyata. Kejahatan selalu ada kapan saja dan dimana saja.

Di negara maju yang kaya sekalipun tindak kejahatan tetap ada meskipun tak setinggi di negara-negara miskin dan tertinggal.

Pelaku kriminal selalu saja menyulitkan dan merugikan orang lain apalagi bila aksi kejahatan tersebut dirancang dengan baik oleh penjahat berotak cerdas dan berpengalaman.

Beberapa aksi kriminal tersebut menginspirasi para sineas untuk menyuguhkannya dalam bentuk film tentunya dengan beberapa tambahan di sana-sini agar filmnya menjadi lebih menarik.

Berikut ini beberapa film kriminal terbaik yang bisa jadi referensi kalian.

1. Papillon (1973)

Film biografi berdurasi sekitar 151 menit ini disutradarai oleh Franklin J. Schaffner.

“Pappilon” menceritakan tentang seorang pria yang berteman dengan seorang kriminal.

Saat mereka berdua memulai untuk menjalani masa hukuman mereka pada sebuah penjara mengerikan di suatu pulau, dimana pria tersebut terinspirasi untuk merancang sebuah rencana pelarian diri.

Film ini dibintangi oleh Steve McQueen, Dustin Hoffman, Victor Jory, serta Don Gordon.

2. Taxi Driver (1976)

Seorang veteran linglung bekerja sebagai seorang supir taksi malam di kota New York.

Saat kekurangan bahan bakar dia terpaksa untuk melakukan aksi kekerasan saat berusaha membebaskan pekerja kampanye presiden dan prostitusi anak di bawah umur.

3. Pulp Fiction (1994)

Film drama kriminal yang satu ini bertabur bintang hollywood papan atas, seperti John Travolta, Uma Thurman, Samuel L. Jackson, serta Bruce Willis.

Film “Pulp Fiction” meraup pendapatan sebesar 107, 93 dollar Amerika di seluruh dunia. Film berdurasi sekitar 154 menit ini digarap oleh sutradara Quentin Tarantino.

“Pulp Fiction” menceritakan tentang kehidupan dari dua orang preman, petinju, istri gangster, dan sepasang penjahat malam yang terjalin dalam empat cerita tentang kekerasan dan aksi penyelamatan.

4. Léon: The Professional (1994)

Mathilda, seorang gadis kecil berusia 12 tahun diculik oleh Léon seorang pembunuh bayaran profesional setelah seluruh keluarganya dibunuh.

Léon dan Mathilda membentuk sebuah hubungan yang tidak biasa. Mathilda menjadi “anak didik” Léon dan belajar mengenai keterampilan membunuh (bisnis pembunuh bayaran).

Film arahan sutradara Luc Besson ini turut dibintangi oleh Jean Reno, Gary Oldman, Natalie Portman, serta Danny Aiello.

5. Heat (1995)

Sebuah grup pencuri bank yang profesional mulai merasakan tekanan dari kepolisian saat mereka secara tidak sengaja melakukan kesalahan, yaitu meninggalkan jejak pada aksi perampokan mereka yang terakhir.

“Heat” merupakan film kriminal bergenre drama thriller yang berdurasi 170 menit.

Film arahan sutradara Michael Mann ini turut dibintangi oleh aktor kawakan Al Pacino, Robert De Niro, Val Khimer, dan Jon Voight.

6. Kill Bill: Vol. 1 (2003)

Kill Bill merupakan sebuah film martial arts dengan peran utama wanita. Film bergenre thriller aksi kriminal ini berdurasi sekitar 111 menit.

“Kill Bill: Vol. 1” bercerita tentang seorang pembunuh yang setelah kembali sadar dari koma selama empat tahun dan ingin membalas dendam kepada sekelompok pembunuh yang mengkhianatinya.

Fyi, Uma Thurman si pemeran utama memakai kostum yang sama dengan yang dipakai Bruce Lee dalam film “Game of Death”.

7. Kill Bill: Vol. 2 (2004)

Masih diperankan oleh aktris Uma Thurman pada sekuelnya nama karakter Uma Thurman diungkap, yaitu Bride.

Bride melanjutkan pencarian untuk balas dendamnya terhadap bos sekaligus kekasihnya terdahulu Bill, Budd si tukang pukul tersembunyi, dan pengkhianat bermata satu Elle.

Pada “Kill Bill: Vol. 2” Bride (Uma Thurman) tidak lagi memakai setelan ala Bruce Lee melainkan kostum berwarna hitam.

Film ini juga turut dibintangi oleh David Carradine, Michael Madsen, serta Daryl Hannah. Sutradara Quentin Tarantino juga masih dipercaya untuk menggarap sekuel dari Kill Bill ini.

8. Collateral (2004)

Seorang supir taksi menemukan seorang sandera dari sebuah perjanjian pembunuhan yang menarik saat ia berputar-putar di suatu malam di Los Angeles.

Film berdurasi 120 menit arahan sutradara Michael Mann ini dibintangi oleh Tom Cruise, Jamie Foxx, Mark Ruffalo, serta istri dari Will Smith yaitu Jada Pinkett Smith.

9. Sin City (2005)

“Sin City” merupakan sebuah film yang mengeksplor sebuah kota sengsara dan penuh kegelapan, yaitu Basin City.

Film ini juga menceritakan tentang kisah tiga orang berbeda yang semuanya tertangkap karena kasus korupsi.

Film berdurasi sekitar 124 menit ini disutradarai oleh tiga sutradara sekaligus, yaitu Frank Miller, Robert Rodriguez, serta Quentin Tarantino.

Sin City dibintangi oleh Mickey Rourke, Clive Owen, Bruce Willis, dan Jessica Alba.

10. The Dark Knight (2008)

Film yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi nih bagi kalian para penggemar komik DC.

Yup, apalagi kalau bukan cerita tentang si manusia kalong alias Batman si pahlawan kaya dari Gotham City.

Film yang diperankan oleh aktor ganteng Christian Bale ini berdurasi sekitar 152 menit.

Bercerita tentang pertarungan antara kebaikan melawan kejahatan ini (Batman Vs Joker) cukup populer. “The Dark Knight” berhasil meraup pendapatan sekitar 535, 86 juta dollar Amerika.

11. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Seorang jurnalis bernama Mikael Blomkvist mendapat pertolongan dalam pencariannya untuk menemukan seorang wanita yang telah hilang selama 40 tahun, Lisbeth Salander seorang peretas komputer.

Film berdurasi 158 menit ini disutradarai oleh David Fincher.

Daniel Craig yang juga pemeran karakter James Bond 007 menjadi peran utama di film ini bersama dengan Rooney Mara, Christoper Plummer, dan Stelan Skarsgard.

12. The Hateful Eight (2015)

Di tengah-tengah musim salju Wyoming seorang pemburu hadiah dan tawanannya yang seorang narapidana menemukan tempat perlindungan dalam sebuah kabin yang saat ini dihuni oleh kumpulan orang-orang jahat.

Film arahan sutradara Quentin Tarantino ini berdurasi 187 menit dengan bumbu misteri di dalamnya.

13. The Wolf of Wall Street (2013)

Sebuah film biografi bergenre kriminal komedi “The Wolf of Wall Street” dibuat berdasarkan kisah nyata dari Jordan Belfort.

Ceritanya dimulai dari kemunculannya saat menjadi pialang saham kaya dengan kehidupan mewahnya hingga ia jatuh dan mulai terlibat aksi kriminal, korupsi, dan kekacauan di pemerintah pusat.

Film ini berdurasi sekitar 180 menit lewat arahan sutradara Martin Scorsese. Leonardo DiCaprio, Jonah Hill, Margot Robbie, serta Matthew McConaughey berperan dalam film ini.

14. The Grand Budapest Hotel (2014)

Film kriminal terbaik tak melulu bernada serius dan menegangkan. Ada juga yang dihiasi dengan adegan mengundang tawa seperti film ‘The Grand Budapest Hotel’ ini.

The Grand Budapest adalah nama hotel yang dikelola oleh seorang pebisnis bernama Mr. Gustave. Di sisi lain seorang karyawan bernama Zero sangat mengagumi pemilik hotel tersebut.

Kekaguman ini tentu saja beralasan, karena Mr. Gustave melatih dan mengajari Zero tentang bagaimana cara mengelola hotel dengan baik.

Seolah menjadi murid kesayangan, suatu hari Zero diangkat menjadi manager sekaligus menjadi orang kepercayaan Mr. Gustave.

Di sisi lain dibalik kepiawaian Mr. Gustave ia memiliki kebiasaan yang aneh yaitu mengencani setiap tamu-tamu hotel.

Seorang wanita berinisial Madam D menjadi salah satu tamu yang dikencani oleh Mr. Gustave.

Namun kabar mengejutkan tiba-tiba terdengar yaitu kematian Madam D. Di hari pemakamannya Mr. Gustave mendapatkan warisan berupa lukisan dari Madam D.

Penuh pertentangan dari keluarga Madam D hingga Mr. Gustave dituntut lewat jalur hukum. Dimana letak lucunya? Lalu apa peran Zero dalam cerita ini?

Jika penasaran, boleh dilanjutkan sendiri menuntaskan cerita ini ya.

15. Knives Out (2019)

Berbeda dari film kriminal pada umumnya, Knives Out jauh dar adegan aksi berbahaya dan menegangkan.

Menceritakan tentang kelihaian seorang detektif dalam menemukan pelaku pembunuhan seorang patriarki dari sebuah keluarga nyentrik, tak biasa, dan unik.

Kematian Harlan Thrombey (Christopher Plummer) secara misterius pada hari ulang tahunnya ke-85 mengundang banyak tanya.

Secara mendadak penulis novel misteri ini ditemukan tidak bernyawa, sehingga Benoit Blanc (Daniel Craig) harus menemukan siapa dalang dibalik kematian ini.

Film terbaru dari Rian Johnson ini dapat dinobatkan sebagai salah satu film detektif terbaik 2019. Mengusung genre drama misteri, drama ini juga ada bumbu komedinya.

Menceritakan bagaimana uniknya cara Benoit Blanc sebagai seorang detektif terkenal dalam mengupas tuntas kasus ini.

Blanc mengumpulkan semua anggota keluarga Harlan yang datang di hari ulang tahun dan berbicara dengan mereka satu per satu. Ia menelusuri sekecil apa pun petunjuk demi menemukan pembunuh Harlan.

Alur ceritanya sulit ditebak, sepanjang pemutaran film kita akan ikut berpikir keras untuk menemukan pelakunya.

Semua anak-anak Harlan termasuk cucu-cucunya masing-masing memiliki motif sehingga akhir dari cerita ini sulit ditebak.

Banyak yang ragu untuk menonton film ini karena lebih banyak dialog di satu tempat yang sama. Namun nyatanya Knives Out menuai banyak pujian terlebih untuk plot twist nya yang mengagumkan.

Meraup keuntungan yang cukup besar bahkan beberapa review menyebutkan jika film ini menjadi film kriminal terbaik yang pernah ada.

16. Detroit (2017)

Mengangkat isu rasisme tentang diskriminasi warga kulit hitam yang sering terjadi di Amerika. Detroit menjadi salah satu film kriminal terbaik pada tahun 2017.

Diangkat dari kisah nyata, Detroit adalah kisah tentang tragedi besar yang pernah terjadi di kota Detroit itu sendiri.

Berawal dari perilaku para polisi berkulit putih yang selalu berburuk sangka kepada para polisi berkulit hitam. Hingga sebuah tragedi menjadi puncak klimaks cerita yang melibatkan tiga orang anak muda berkulit hitam.

Ketiga anak muda yang dikenal berperilaku baik ini terjebak di dalam kerusuhan dan mereka menjadi buruan pada polisi berkulit putih.

Mereka dicurigai lantas semata-mata berkulit hitam dan dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya kerusuhan.

Penasaran dengan kisah lengkapnya, langsung saja searching film ini dan lupa siapkan pop corn untuk camilan menonton ya.


Nah, itu tadi beberapa film kriminal terbaik yang mengandung tindak kejahatan di dalamnya. Menurut kalian film kriminal mana nih yang terbaik versi kalian.

Kalian boleh banget suka dengan film-film bergenre kriminal, tapi jangan sampai meniru isinya ya. Salam kedamaian!

Baca Juga: Film Korea Terbaru Terbaik

Leave a Comment