12 Rekomendasi Film Polisi Terbaik yang Tak Akan Bikin Kamu Bosan

Tentang film polisi terbaik yang kebanyakan berisi adegan aksi maupun kriminal memang tidak sepopuler film-film bertema fantasi, petualangan, maupun drama percintaan.

Meskipun begitu film-film bertemakan polisi sudah mempunyai penggemarnya sendiri. Terbukti dengan banyaknya film-film yang mengangkat kisah seorang polisi yang mendadak menjadi hero.

Biasanya penikmat film jenis ini kebanyakan dari kaum pria yang memang menyukai film-film aksi dengan sedikit adegan kekerasan.

Menyukai film-film sejenis ini memang akan meninggalkan kesan yang “laki banget” untuk kaum adam.

Polisi memang pekerjaan yang sering dianggap keren apalagi untuk anak-anak. Masih ingat tidak teman kecil kalian yang cita-citanya saat sudah dewasa ingin menjadi seorang polisi.

Pekerjaan semacam polisi, detektif, maupun penegak hukum lainnya memang cukup keren apalagi pekerjaan mereka menumpas para penjahat.

Kehidupan penegak hukum, seperti polisi di dunia nyata menginspirasi para sineas untuk menghidupkannya dalam sebuah film.

Kebayang kan kerennya adegan kejar-kejaran atau aksi kucing-tikus antara polisi dan penjahat. Adegan-adegan dalam film yang kayak gini nih yang biasanya menjadi favorit para pria.


Deretan Film Polisi Terbaik


Eits, bukan berarti cewek nggak boleh nonton atau tertarik dengan film-film bertema polisi.

Beberapa film yang masuk kategori film bertema polisi juga mengangkat cerita tentang mata-mata, detektif, dan penegak hukum sejenis untuk jadi peran utamanya.

Beberapa film polisi terbaik ini bisa menjadi pilihan kalian untuk menemani kekosongan di hari libur.

1. Dirty Harry

Saat seorang pria gila menyebut dirinya pembunuh scorpio tengah mengancam kota, Inspektur Polisi San Francisco Harry Callahan yang ditugaskan untuk melacak dan menemukan psikopat gila tersebut mengejarnya dengan sangat profesional.

Film yang rilis tahun 1971 ini mendapat arahan dari sutradara Don Siegel, serta dibintangi oleh Clint Eastwood, Andrew Robinson, Harry Guardino, dan Reni Santoni.

“Dirty Harry” merupakan film bergenre thriller dengan aksi kriminal berdurasi sekitar 102 menit.

2. Serpico

Sebuah film biografi bergenre drama kriminal yang dirilis tahun 1973.

Film berdurasi 130 menit ini disutradarai oleh Sidney Lumet. Al Pacino, John Randolph, Jack Kehoe, serta Biff McGuire adalah aktor-aktor yang berperan dalam “Serpico”.

Ceritanya sendiri tentang seorang polisi New York yang jujur bernama Frank Serpico mengemukakan tentang korupsi yang merajalela di kepolisian dan membuat rekan-rekannya di kepolisian berbalik melawannya.

3. Chinatown

“Chinatown” menceritakan tentang seorang detektif swasta yang disewa untuk mengekspos seorang pelacur, namun ia justru terjebak dalam jaringan penipuan, korupsi, dan pembunuhan.

Dirilis tahun 1974, film garapan sutradara Roman Polanski ini dibintangi oleh Jack Nicholas, Faye Dunaway, John Huston, serta Perry Lopez. “Chinatown” bergenre drama misteri thriller dengan durasi selama 130 menit.

4. RoboCop

Nah, kalau film yang satu ini pasti tak asing bagi kalian generasi 70/80-an yang menikmati film-film bioskop kala itu.

Sebelum ada “Captain America”, film tentang superhero dari kepolisian yaitu” Robocop” sempat menjadi favorit anak-anak lho.

Film yang dirilis tahun 1987 ini dibintangi oleh Peter Weller, Nancy Allen, Dan O’Herlihy, dan Ronny Cox.

Film yang berdurasi sekitar 102 menit dengan genre sci-fi aksi kriminal ini disutradarai oleh Paul Verhoeven. RoboCop meraup pendapatan sebesar 53, 42 juta dollar Amerika.

“RoboCop” menceritakan tentang keadaan di kota Detroit yang dilanda kejahatan dan distopia (tempat pada cerita merupakan khayalan dengan segala sesuatunya yang sangat buruk dan tidak menyenangkan sehingga semua orang tak menginginkannya) seorang polisi yang terluka parah dan hampir mati kembali ke markas kepolisian.

Ia dijadikan sebuah cyborg yang kuat, namun dihantui oleh kenangan yang telah tenggelam. Pasti anak-anak dari generasi 70-an dan 80-an masih ingat saat dulu sering bermain polisi-polisian ala “RoboCop”.

5. Die Hard

Film bergenre aksi serta thriller ini dirilis tahun 1988 dan disutradarai oleh John McTiernan.

Aktor-aktor kenamaan seperti Bruce Willis, Alan Rickman, Bonnie Bedelia, serta Reginald VelJohnson ikut mewarnai film berdurasi 132 menit ini.

“Die Hard” menceritakan tentang John McClane, seorang petugas departemen kepolisian Kota New York mencoba menyelamatkan istrinya Holly Gennaro dan beberapa orang lain yang disandera oleh teroris Jerman bernama Hans Gruber saat pesta natal di Nakatomi Plaza Los Angeles.

6. The Silence of the Lambs

Seorang kadet FBI muda terpaksa menerima bantuan dari seorang yang dipenjara dan manipulatif, yaitu pembunuh kanibal.

Ia menerima bantuan darinya untuk mengungkapkan dan menangkap pelaku pembunuhan berantai lain, seorang psikopat gila yang menguliti korban yang dibunuhnya.

Tahun 1991 “The Silence of the Lambs” dirilis dan telah meraup pendapatan hingga 130, 74 juta dollar Amerika.

Film arahan sutradara Jonathan Demme ini juga mendapat respon serta review yang bagus dari pengamat dan penikmat film.

Film ini dibintangi oleh Jodie Foster, Anthony Hopkins, Lawrence A. Bonney, serta Kasi Lemmons.

7. Se7en

“Se7en” merupakan sebuah film drama kriminal dengan bumbu misteri.

Film berdurasi 127 menit ini mendapat rating yang cukup tinggi di situs IMDb, yaitu sebesar 8.6 serta dipilih oleh sekitar 1.241.085 orang pengguna situs tersebut sebagai salah satu film polisi terbaik.

Filmnya sendiri bercerita tentang dua orang detektif yang terdiri dari seorang detektif senior dan seorang detektif pemula bersama-sama memburu seorang pembunuh berantai yang menggunakan tujuh dosa mematikan sebagai motifnya.

Dirilis tahun 1995 film ini turut dibintangi aktor tampan mantan suami Angelina Jolie, yaitu Brad Pitt.

Selain Pitt masih ada Morga Freeman, Kevin Spacey, dan juga Andrew Kevin Walker. Se7en meraup pendapatan sebesar 100.13 juta dollar Amerika di seluruh dunia.

8. Fargo

Kejahatan yang dibuat secara tidak kompeten oleh Jerry Lundegard menjadi berantakan karena kecerobohannya dan ulah kaki tangannya dapat ditangani secara mudah oleh polisi yang cukup gigih, yaitu Marge Gunderson.

Dirilis pada tahun 1996, “Fargo” yang hanya berdurasi 90 menit nyatanya berhasil menyuguhkan sebuah drama thriller kriminal yang apik.

Film garapan sutradara Joel dan Ethan Coen ini turut dibintangi oleh William H. Macy, Frances McDormand, Steve Buscemi, serta Peter Stomare.

9. The Departed

Nah kalau film yang rilis tahun 2005 ini banyak bertabur bintang hollywood papan atas sebut saja Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, dan Mark Wahlberg.

“The Departed” bercerita tentang seorang mata-mata polisi yang menyamar dan berusaha mencari “tikus” dalam kepolisian.

Mereka saling mengidentifikasi satu sama lain saat menyusup ke dalam sebuah kelompok mafia Irlandia di Boston Selatan.

Film yang berdurasi sekitar 150 menit ini meraup pendapatan hingga 132. 38 juta dollar Amerika diseluruh dunia.

Film drama kriminal thriller arahan sutradara Martin Scorsese ini juga mendapat tanggapan yang positif dari pengamat serta penikmat film.

Tak heran deh kalau film ini menjadi salah satu film polisi terbaik sepanjang masa.


Film Polisi Terbaik dari Dalam Negeri


Film action dari dunia kepolisian Indonesia juga tak kalah serunya. Kisah ini kebanyakan dibuat untuk membangun citra positif tentang polisi kepada publik.

Berikut beberapa film polisi terbaik karya anak bangsa:

10. Pohon Terkenal

Film yang ditayangkan sejak 2019 ini merupakan kerja sama Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia dengan Monty Tiwa.

Bercerita tentang kehidupan para Akpol (Akademi Kepolisian) dalam menjalani masa pendidikan mereka. Seperti siswa/siswi normal lainnya tentu saja ada Akpol yang nakal, jail, dan iseng.

Bara (Umay Shahab), Ayu (Laura Theux), dan Johanes (Raim Lode) adalah tiga karakter utama yang nantinya dijuluki sebagai ‘Pohon Terkenal’.

Pohon Terkenal adalah julukan bagi baru Taruna yang sering membuat masalah dan onar di akademi. Bara, Ayu, dan Johanes adalah tiga Taruna yang mengisi daftar nama Pohon Terkenal tersebut.

Diwarnai aksi kocak mereka, film ini akan menjadikan perjalanan ketiga Pohon Terkenal tersebut hingga bisa masuk ke Akademi Kepolisian.

Dimana masing-masing dari mereka memiliki masalah pribadi masing-masing yang justru menjadi pemicu setiap konflik yang ada dalam film ini.

Penasaran dengan aksi seru mereka? Yuk, langsung saja tonton film persembahan dari Kepolisian RI ini!

11. Sekuel The Raid

The Raid1: Redemption dan The Raid2: Berandal adalah sekuel yang membawa film Indonesia ke kancah perfilman internasional.

Sekuel pertama diputar di Festival Film International Toronto 2011 sedangkan sekuel kedua memperoleh penghargaan tampil perdana di dunia pada Sundance Film Festival 2014.

Tak hanya itu The Raid juga diputar di beberapa festival film internasional lainnya seperti di Irlandia, Skotlandia, USA, dan Korea Selatan.

Film yang dibintangi Iko Uwais dan Joe Taslim ini telah meraih beberapa penghargaan, salah satunya The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award.

Bercerita tentang tokoh polisi anggota tim elit SWAT bernama Rama (Iko Uwais) di bawah pimpinan Sersan Jaka (Joe Taslim). SWAT adalah sebutan bagi pasukan khusus yang menangani kasus-kasus penting.

Dalam kehidupan normalnya di The Raid 1, Rama diceritakan sedang menanti kelahiran buah hatinya.

Menunggu hari bahagia tersebut, Rama ditugaskan untuk melumpuhkan sebuah gedung apartemen terlantar di daerah kumuh Jakarta.

Dimana gedung tersebut kini menjadi markas para mafia pimpinan gembong narkoba terkenal, Tama Riyadi (Ray Sahetapy).

Cerita berlanjut di film The Raid 2, dimana Rama terpaksa menyamar dan ikut bergabung dalam kelompok mafia karena keamanan keluarganya terancam.

Tak hanya keluarga Rama yang menjadi incaran, teman-teman sejawatnya pun menjadi sasaran para mafia. Lewat penyamaran Rama berencana akan menghancurkan kelompok mafia tersebut dari dalam.

Akankah Rama mampu menuntaskan tugas dan menyelamatkan keluarganya atau justru mati di kandang lawan?

12. Hit and Run

Film polisi terbaik kali ini bergenre drama komedi dan diwarnai aksi kocak dari para pemainnya.

Tegar Saputra (Joe Taslim) adalah seorang polisi selebriti yang populer dan selaku diikuti kamera kemanapun ia pergi.

Ia disebut sebagai polisi selebriti karena memiliki acara reality show sendiri.

Suatu ketika Tegar diperintahkan atasannya untuk menangkap seorang gembong narkoba bernama Coki (Yayan Ruhian).

Tidak seperti biasanya, kali ini Tegar dipasangkan dengan Lio (Chandra Liow) oleh atasannya. Lio yang merupakan tukang tipu justru membuat susah Tegar yang lebih senang bekerja secara individual.

Namun karena menjalankan perintah, Tegar harus berusaha sebaik mungkin menuntaskan kasusnya bersama Lio.

Strategi Tegar adalah menggandeng penyanyi dari kalangan selebriti yaitu Meisa (Tatjana Saphira) dan Jefri (Jefri Nichol).

Tegar akan memanfaatkan posisi Meisa yang sering mengisi acara di pesta-pesat besar agar untuk bisa masuk dan menangkap Coki yang sering bertranksasi di acar-acara tersebut.


Itulah beberapa film dengan tema polisi terbaik yang pernah ada.

Mungkin beberapa dari kalian tidak begitu tertarik dengan film bergenre polisi apalagi cewek. Tapi tidak ada salahnya mencoba untuk nonton film-film di atas, dijamin ketagihan deh.

Pastinya film-film di atas tidak akan membuat kalian menguap saat menontonnya. Happy watching!

Baca Juga: Film Petualangan Terbaik

Leave a Comment