23 Film Stop Motion Terbaik yang Aman Ditonton Segala Usia

Film stop motion bisa menjadi alternatif pilihan film bagi kalian yang suka akan film-film animasi.

Stop motion adalah teknik pembuatan film animasi dimana objek dimanipulasi secara fisik dari potongan potongan gambar yang dipotret secara individual, sehingga gambar-gambar tadi akan membentuk gerakan independen yang terintegrasi ketika serangkaian frame atau potongan gambar tadi diputar ulang secara berurutan dengan cepat.

Boneka dengan sendi atau yang bisa digerakkan dan figur tanah liat sering digunakan dalam film stop motion untuk memudahkan reposisi.

Film animasi stop-motion yang menggunakan karakter dari plastisin atau tanah liat disebut Clay-mation (clay animation).

Tidak semua animasi stop motion membutuhkan gambar atau model figur, mereka bisa dibuat menggunakan manusia, peralatan rumah tangga, dan objek lainnya.

Film stop-motion yang menggunakan manusia sering disebut sebagai animasi pixilation atau pixilate. Seiring majunya teknologi perkembangan dalam film animasi juga terjadi.

Film-film animasi kini berevolusi sesuai dengan tuntutan zaman. Film animasi generasi terdahulu mayoritas dibuat dengan cara yang sederhana, seperti stop-motion.

Sekarang ini film-film animasi telah dibuat dengan CGI (Computer Generated Imagery) yang lebih dipilih karena pembuatannya lebih cepat dan tak membutuhkan teknik ekstra untuk membuatnya.

Meskipun saat ini film animasi CGI lebih tenar dibanding animasi stop motion bukan berarti animasi stop-motion tidak laku lagi atau kurang bagus.


Film Stop Motion Terbaik


Film-film animasi stop-motion nyatanya mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta film animasi. Berikut ini beberapa film stop motion terbaik yang bisa menemani hari libur kalian.

1. Shaun the Sheep Movie (2015)

Ketika Shaun memutuskan untuk mengambil cuti dan bersenang-senang, dia harus beraksi lebih banyak daripada liburan yang ia dapat.

Keadaan yang campur aduk bersama petani, karavan, dan bukit yang sangat curam membawa mereka semua ke sebuah kota besar.

Keputusan ada pada Shaun dan kawanannya untuk kembali bersama rombongan ke rumah mereka di peternakan dengan padang rumput yang hijau.

2. My Life as a Zucchini (2017)

Setelah kehilangan Ibunya seorang anak laki-laki dikirim ke panti asuhan bersama anak-anak yatim yang seusia dengannya. Ia mulai belajar arti kepercayaan dan cinta sejati.

3. Kubo and The Two Strings (2016)

Seorang anak laki-laki yang masih muda bernama Kubo harus menemukan baju zirah ajaib yang dikenakan oleh almarhum Ayahnya untuk mengalahkan roh pendendam dari masa lalu.

Menggarap film animasi sangatlah tidak mudah, apalagi yang menggunakan efek CGI (stop motion). Dibutuhkan kerja keras yang lebih agar detail setiap pergerakan dari film terlihat lebih nyata.

Kubo and The Two Strings adalah salah satu karya stop motion terbaik garapan sutradara Travis Knight. Berkat film ini ia berhasil membawa pulang 17 piala kemenangan dalam satu tahun yang sama.

Tentu cerita tentang Kubo dengan latar belakang Jepang Kuno ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu.
Jangan mengaku pecinta film stop motion, jika belum menyaksikan film stop motion terbaik yang satu ini.

4. Chicken Run (2000)

Ketika seekor ayam jantan tiba-tiba terbang ke peternakan ayam membuat ayam-ayam lain yang melihatnya sebagai kesempatan untuk melarikan diri dari pemilik mereka yang jahat.

5. Mary and Max (2009)

Sebuah kisah persahabatan antara dua orang sahabat pena yang jika dinalar tidak mungkin terjadi.

Mary seorang gadis berusia delapan tahun yang kesepian dimana ia tinggal di pinggiran Kota Melbourne, dan Max seorang lelaki bertubuh gemuk berusia empat puluh tahun yang tinggal di New York.

“Sometimes perfect strangers make the best of friends”, sebuah slogan yang menggambarkan film garapan Adam Elliot ini sungguh mengesankan.

Mary menjadi sahabat pena Max, seorang pria Yahudi Amerika yang hidup kesepian dan menyendiri. Persahabatan unik yang terpaut usia sangat jauh ini dibalut oleh nuansa melankolis antar kedua tokohnya.

Dipadu oleh penampilan vokal terbaik dari Toni Collette dan Philip Seymour sebagai pengisi suara, membuat suasana melankolis terasa semakin gelap.

Penyajian karakter animasi dalam film ini pun terasa sangat hidup dengan detail gerak stop motion yang sempurna.

Penasaran dengan kesempurnaan film stop motion terbaik satu ini? Langsung saja ditonton ya.

6. The Curse of the Were-Rabbit (2005)

Wallace dan anjingnya yang setia, yaitu Gromit berangkat untuk menemukan misteri dibalik sabotase taman yang mengganggu desa mereka dan mengancam penyelenggaraan konter penanaman sayuran raksasa tahunan.

7. The Nightmare Before Christmas (1993)

Jack Skellington, si raja Halloween Town menemukan Christmas Town, tetapi upayanya untuk membawa natal ke kotanya menyebabkan kegaduhan.

Karya legendaris dari sutradata Henry Selick dan Tim Burton ini menjadi pencapaian film stop motion terbaik sepanjang masa.

Perpaduan konsep natal dan Halloween dalam film ini mampu menghadirkan sosok berkesan di kepala tiap penonton.

Seperti karakter Pumpkin King Jack Skellington ataupun Oogie Boogie, Sally, Dr. Finkelstein dan karakter-karakter lainnya.

The Nightmare Before Christmas adalah film animasi stop motion yang dinamis, yang kini meskipun sudah berusia puluhan tahun tetap meninggalkan kesan terbaik di hati tiap penontonnya.

8. The Little Prince (2015)

Seorang gadis kecil tinggal di dunia yang sangat besar bersama ibunya yang mencoba mempersiapkannya untuk menghadapi itu.

Tetangganya, sang pilot memperkenalkan gadis kecil itu pada dunia yang luar biasa di mana segala sesuatu mungkin terjadi, yaitu dunia Little Prince.

9. Fantastic Mr. Fox (2009)

Seekor rubah yang sopan tidak dapat menahan diri untuk tidak kembali ke ladang dan kemudian harus membantu kelompoknya bertahan dari pembalasan para petani.

Aktor George Clooney ikut andil dalam mengisi suara Mr. Fox.

10. Anomalisa (2015)

Seorang pria yang lumpuh karena kehidupannya yang biasa berubah menjadi sesuatu yang tidak biasa.

Sebuah kisah sendu dan haru ini diadaptasi dari soundplay karya Charlie Kaufman. Cerita tentang kehidupan seorang pria paruh baya yang menderita delusi frelogi.

Ia meyakini bahwa setiap orang berasal dari satu entitas yang sama.

Saking terlihat nyatanya, Duke Johson menggambarkan film ini seolah “membawa medium animasi stop motion ke dalam dunia yang belum pernah kita lihat sebelumnya”.

Dimana efek stop motion membuat kisah ini menjadi lebih sempurna sehingga lebih berbekas di hati para penikmatnya.

Bagi yang penasaran seperti apa efek sentuhan raw pada karakter utama di film ini, langsung saja saksikan sekarang tak usah ditunda-tunda.

11. Coraline (2009)

Seorang gadis petualang berusia 11 tahun menemukan dunia lain yang merupakan versi aneh dan mengerikan dari dunianya yang membuat frustasi, tapi ia merahasiakan pengalamannya tersebut.

Lagi-lagi Henry Selick membuktikan kepiawaiannya dalam memproduksi film stop motin terbaik. Kali ini hadir dengan genre cenderung horor, Coraline menghadirkan semesta lewat imajinasi seorang anak perempuan.

Film yang diadaptasi dari buku karya Neil Gaiman ini menceritakan kisah tentang seorang anak perempuan yang memilih kabur dari kedua orang tuanya yang menyebalkan.

Niat melarikan diri ia justru menemukan dimensi lain dari semesta. Dimensi aneh menyeramkan yang membuatnya ingin kembali ke dunia nyata.

Bagaimana petualangan si bocah perempuan tersebut? dunia mana yang akan dipilihnya untuk menetap selamanya?

12. Fantastic Planet (1973)

Di sebuah planet yang jauh dimana penguasa yang berkuasa adalah raksasa biru. Humanoid yang tertindas memberontak dan bersatu melawan penguasa mereka yang kuat seperti mesin.

13. Frankenweenie (2012)

Saat anjing kesayangan dari seorang anak laki-laki tiba-tiba mati, ia mencoba untuk menghidupkan sang anjing melalui percobaan sains hebat.

14. The Pirates! Band of Misfits (2012)

Kapten bajak laut memulai misi untuk mengalahkan saingannya, yaitu Black Bellamy dan Cutlass Liz untuk sebuah penghargaan bajak laut tahun ini.

Misinya membawa sang kapten dan kru kapalnya dari pantai pulau Blood (darah) Island ke jalan-jalan berkabut di Victoria London.

15. Corpse Bride (2005)

Ketika seorang pengantin pria pemalu mempraktikkan pernikahannya di hadapan kuburan perempuan muda yang sudah meninggal dalam keadaan akan menikah dan membuatnya bangkit dari kubur dengan asumsi si pria telah menikahinya.

16. ParaNorman (2012)

Seorang anak laki-laki yang sering disalahpahami mengatasi para hantu, zombie, dan orang dewasa untuk menyelamatkan kotanya dari kutukan yang telah ada berabad-abad.

17. A town Called Panic (2009)

Satu-satunya harapan si koboi dan orang Indian dengan ide cemerlang mereka untuk perayaan ulang tahun tuan Horse malah berakhir dengan rencana mereka yang berubah menjadi bencana besar.

Mereka harus berkeliling dunia dan kembali untuk memperbaiki keadaan seperti semula.

18. Early Man (2018)

Berlatar belakang kehidupan masa lalu, dimana manusia purba dan mamoth berbulu menjelajahi bumi.

Film ini menceritakan kisah Dug bersama dengan sahabat karibnya Hognob ketika mereka menyatukan sukunya untuk melawan musuh besar Lord Nooth dan Kota Zaman Perunggu untuk menyelamatkan tempat tinggal mereka.

19. The Adventures of Mark Twain (1985)

Tom Sawyer, Becky Thatcher dan Huck Finn bergabung dengan Mark Twain di pesawat miliknya dan menemukan komet Halley.

20. The Boxtrolls (2014)

Seorang anak laki-laki yatim piatu yang dibesarkan oleh pemulung yang tinggal di bawah tanah berusaha menyelamatkan teman-temannya dari petugas jahat.

Sebuah kisah unik tentang makhluk aneh bertubuh kardus yang membesarkan seorang anak manusia. Kisah ini diadaptasi dari novel berjudl “Here Be Monster” karangan Alan Snow.

The Boxtrolls merupakan film stop motion yang menghadirkan fitur-fitur terbaru yang jarang ditemukan dari efek CGI (Computer-Generated Imagery).

Film keluaran Laika Entertainment ini berhasil menciptakan karakter hero baru yang terpatri di kepala setiap penonton.

“Heroes come in all shapes and sizes… even rectangles”

Kalimat ini mematahkan opini bahwa seorang pahlawan harus berbadan kekar, berotot, dan memiliki kekuatan super.

Justru dalam film ini makhluk aneh bertubuh segiempat lah yang berhasil menaklukkan seorang penjahat kakap.

21. Isle of Dogs (2018)

Mengambil latar di Jepang, Isle of Dogs menceritakan tentang pengembaraan seorang bocah dalam mencari anjingnya yang telah hilang.

22. The Lego Movie (2014)

Film animasi yang dirilis tahun 2014 ini merekrut Chris Pratt, Will Ferrell, serta Elizabeth Bank sebagai pengisi suaranya.

“The Lego Movie” yang berdurasi satu jam empat puluh menit ini disutradarai oleh Phil Lord dan Christopher Miller yang juga ikut menulis naskahnya.

Film ini bercerita bercerita tentang Lego pekerja konstruksi biasa yang dianggap telah dinobatkan sebagai seorang yang istimewa dan direkrut untuk bergabung dalam sebuah upaya untuk menghentikan seorang tiran jahat yang ingin menempelkan alam semesta Lego ke dalam keadaan statis abadi.

23. The Wrong Trousers (1993)

Wallace menerima pemondok baru seorang pinguin yang licik. Penguin tersebut membuat beberapa celana mesin dan merencanakan pencurian besar. Rencana tersebut akan menempatkan Wallace dalam bahaya.

“The Wrong Trousers” merupakan film animasi komedi pendek berdurasi sekitar tiga puluh menit.


Itu tadi film-film animasi stop motion terbaik yang bisa jadi referensi tontonanmu saat liburan. Berhubung film-film animasi di atas merupakan film-film keluarga jadi semua umur bisa menikmatinya.

Bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan kartun ala-ala zaman lawas, film-film animasi stop motion tentunya akan jadi pilihan yang tepat. Selamat menonton everyone!

Baca Juga: Contoh Soal CPNS

Leave a Comment