jenis bunga sepatu

14 Jenis Bunga Sepatu Berdasarkan Golongan dan Nama Spesiesnya

Jenis bunga sepatu adalah bunga yang indah. Nama sepatu disematkan bukan karena bentuknya mirip dengan sepatu loh. Jenis bunga ini sering kita temui dan sering pula dimainkan atau dipetik oleh anak-anak perempuan.


Jenis Bunga Sepatu


Bagi kalian yang masa kecilnya tidak dipenuhi gadget pasti sangat mengenal bunga ini. Saat masih kuncup sering kali dipetik dan ditempelkan ke hidung.

Daun dari bunga sepatu mempunyai tekstur yang mirip dengan daun cincau ketika diremas-remas atau diperas akan mengeluarkan cairan kental lengket.

Meski teksturnya mirip daun dari bunga sepatu tidak enak untuk diolah menjadi cincau. Anak perempuan dahulu sering memanfaatkan perasan daunnya untuk bermain masak-masakan.

Di Sumatera dan Malaysia kembang sepatu sering juga disebut bunga raya. Bahkan bunga ini telah ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia. Berikut beberapa jenis kembang sepatu yang cantik menawan.

1. Kembang Sepatu Amerika

twitter.com

Di Amerika jenis ini kerap disebut rose mallows. Setidaknya ada sekitar 35 spesies yang termasuk kedalam jenis ini.
Banyak ditemukan di daerah Amerika bagian Tenggara terutama Florida.

Scarlet rose mallow tinggi pohonnya bisa mencapai 1 hingga 2, 5 meter. Beberapa orang menyebutnya bunga sepatu rawa.

Nama tersebut berhubungan dengan habitat hidupnya yang cenderung di tanah yang agak basah. Meskipun begitu mereka tetap bisa hidup di tempat yang kering.

2. Bunga Sepatu Tangguh

Disebut tangguh karena bunga sepatu ini dapat bertahan di suhu yang dingin. Ada spesies dari kembang sepatu tropis dan bunga sepatu abadi yang tergolong jenis ini.

Dimana yang jenis abadi sama indahnya dengan yang jenis tropis dengan berbagai warna. Rose Sharon merupakan salah satu contoh dari kelompok ini dengan warna bunga merah muda, putih, hingga ungu.

3. Bunga Sepatu Tropis

Tipe bunga sepatu yang satu ini memiliki hubungan dengan bunga sepatu Amerika yang banyak tumbuh di Florida dan Lousiana bagian selatan. Rosa sinesis adalah salah satu perpaduan tersebut.

Warna-warna yang cantik dari jenis ini banyak ditemukan karena hasil budidaya dan rekayasa. Mahkota bunganya cukup besar dan menarik perhatian.

4. Kembang Sepatu Abadi

wanita22.com

Tanaman bunga semak ini memiliki banyak ragam dalam hal tinggi. Mulai dari yang kecil, kerdil, hingga besar seperti pohon.

Mereka yang termasuk jenis bunga sepatu abadi bisa saja masuk kelompok yang tropis atau bahkan bunga yang tangguh.

5. Bunga Sepatu Tahunan

Walaupun nama mereka bunga sepatu tahunan, tapi mereka tidak benar-benar tumbuh tahunan. Sebenarnya yang termasuk kelompok ini adalah jenis tropis yang tumbuh tahunan di iklim yang dingin.

Sehingga mereka hanya tumbuh di bulan-bulan yang hangat atau di musim panas hingga musim semi. Bagi kalian yang ingin memelihara bunga sepatu varietas ini akan sangat cocok menghiasi rumah kalian.

Spesies China dan kembang sepatu berdaun merah adalah contohnya. Keduanya ditemukan dalam berbagai warna dengan berbagai ukuran tentunya.

Berdasarkan jenis spesiesnya, berikut beberapa jenis kembang sepatu yang paling banyak dijumpai di sekeliling kita:

6. Hibiscus calyphyllus

Nama lain dari bunga sepatu ini adalah lemon yellow atau rosemallow. Salah satu varian jenis bunga sepatu berwarna kuning dengan lebar kelopak bunga yang lebar.

Pada bagian tengah kelopak bunga berwarna kecoklatan, sehingga membuat bunga ini cukup indah dipandang.
Bunga yang berasal dari hutan tropis di wilayah Afrika ini dapat tumbuh hingga 1,8 meter alias seukuran 6 kaki.

7. Hibiscus cannabinus

jenis bunga sepatu
etsy.com

Dikenal dengan nama kenaf karena bagian batang dari tumbuhan Hibiscus cannabinus sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas kenaf.

Habitat aslinya berasal dari Asia Selatan dan kini banyak dibudidayakan di berbagai negara Asia Tenggara. Mulai dari Indonesia, Malaysia, Thailand, hingga Vietnam.

Varietas ini memiliki warna yang beragam. Kebanyakan yang kita jumpai di Indonesia yaitu Hibiscus cannabicus warna merah, pink, dan putih.

8. Hibiscus coccineus

Merupakan salah satu spesies bunga sepatu yang berasal dari Amerika dengan nama panggung Scarlet Rosemallow. Banyak dijumpai di daerah rawa-rawa hingga pesisir dataran Amerika Serikat.

Tahukah kamu jika bunga yang sekilas mirip dengan tanaman ganja ini akan mati ketika musim dingin tiba? Karena itulah banyak yang menjadikan bunga ini sebagai penanda musim dingin telah tiba.

9. Hibiscus genevii

Memiliki variasi warna merah muda dan ungu muda, ternyata tanaman bunga cantik ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 5 meter loh.

Keberadaan bunga ini sempat terancam punah karena tak ditemukan hampir lebih dari satu abad. Barulah pada tahun 1968 bunga ini kembali ditemukan hingga kini.

10. Hibiscus grandiflorus

Jenis bunga sepatu
mailordernatives.com

Berteman dengan Scarlet Rosemallow, Hibiscus grandiflorus berasal dari habitat yang sama dari Amerika Serikat. Nama lainnya adalah Rawa rosemallow, paling sering dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan.

Kelopak bunga rawa rosemallow memiliki warna yang bervariasi. Mulai dari ungu, merah muda, hingga ungu muda dimana mampu tumbuh mencapai ketinggian hingga 3 meter.

11. Hibiscus hastatus

Hampir mirip dengan lemon yellow, kembang sepatu ini juga berwarna kuning pucat dengan bagian tengah kelopak berwarna merah tua.

Berasal dari daerah Tahiti sebagian orang menyebut bunga ini dengan nama daerah asalnya, yakni kembang sepatu Tahiti.

12. Hibiscus rosa-sinensis

Nah kembang sepatu yang satu ini pasti paling sering kamu jumpai. Memang benar spesies yang satu ini banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, ada yang menamai kembang sepatu Hawaii atau kembang sepatu China.

Terdiri dari beragam warna namun paling sering kita jumpai adalah varietas berwarna merah. Sebagai tumbuhan tropis bunga ini dapat tumbuh hingga ketinggian 5 meter.

Sangat cocok ditanam di taman rumah karena akan mewarnai hari-harimu yang menjemukan saat nanti bunganya sudah tumbuh mekar.

13. Hibiscus arnottianus

Di Hawaii Hibiscus arnotianus memiliki nama yang cukup uni yaitu “Koki ‘o Ke’ oke ‘o”yang artinya putih bersinar umpama perak.

Bunga dengan kelopak cantik berwarna putih ini menjadi salah satu spesies endemik di Hawaii. Di daerah asalnya spesies Hibiscus arnottianus sedang gencar dibudidayakan agar lestari.

14. Hibiscus acetosella

amazon.com

Baca Juga : Jenis Bunga Puring

Berasal dari Afrika ternyata Hibiscus acetosella adalah hasil hibridasi antara Hibiscus asper Hook dan Hibiscus surattensis L. Pertama kali ditemukan oleh tim botani dari Perancis pada tahun 1896.

Keunikan bunga sepatu yang satu ini tak hanya terletak pada kelopak bunganya yang berwarna merah muda. Juga bentuk dan warna daun nya yang indah yaitu merah tua atau maroon pekat.

Daunnya saja sudah akan menghiasi warna pekarangan rumah apalagi ketika sudah tumbuh bunga. Tentu kombinasi bunga dan daun kembang sepatu ini akan memanjakan mata yang memandang.

Kini tanaman yang mampu tumbuh hingga ukuran panjang 170 cm ini lebih populer di Brazil. Hingga banyak yang keliru menduga jika bunga ini berasal dari negara yang terkenal dengan sepak bolanya tersebut.

Nah, itu tadi beberapa jenis dari bunga sepatu yang ada di dunia. Apa kalian pernah menemukan jenis lain selain jenis tropis? Di Indonesia sendiri jenis tropis memang yang paling mudah ditemukan dan dikembangbiakkan.

Cukup banyak bukan pilihan bunga sepatunya. Kalian hanya tinggal menyesuaikan jenis yang cocok dengan kondisi cuaca dan tanah di tempat tinggal kalian.

Merawat bunga sepatu cukup mudah dan tak memerlukan banyak biaya cukup rajin menyiramnya sehari sekali dan diberi pupuk mereka akan tumbuh dengan indah menghiasi kebun atau pekarangan rumah dengan baik.

Leave a Comment