√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah

11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah

Hewan Peliharaan – Keberadaan hewan peliharaan didalam rumah akan memberikan nuansa yang berbeda. Beberapa orang akan memelihara hewan peliharaan sebagai penghilang penat dan stres setelah rutinitas kerja seharian.

Selain itu ada juga orang yang menjadikan hewan peliharaan sebagai hobi, serta rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan hewan peliharaannya.

Tetapi terlepas dari motif apa kita memelihara hewan tentunya juga harus memperhatikan banyak hal, seperti lingkungan tempat tinggal kita, biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan hewan, faktor kesehatan yang akan mempengaruhi kita apabila memelihara hewan peliharaan tersebut dan lain sebagainya.


Hewan Peliharaan yang Mudah di Pelihara


Berikut beberapa jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara dirumah, semoga dapat menjadi referensi buat kamu yang ingin memelihara hewan peliharaan.

1. Kucing

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
pixabay.com

Siapa yang tak kenal hewan yang satu ini. Kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara.

Kucing bukan hanya sekedar menjadi hewan peliharaan dirumah, tetapi dapat menjadi sahabat bagi pemiliknya.

Konon seekor kucing yang sudah sangat dekat dengan pemiliknya dapat merasakan suasana hati yang dialami pemiliknya. Apabila kita sedang sedih, kucing dapat menjadi penghibur yang sangat baik.

Walaupun kucing merupakan hewan yang mudah dipelihara dirumah tetapi biaya yang dikeluarkan untuk memelihara kucing termasuk mahal, terutama jenis kucing ras.

Selain itu apabila kita memelihara kucing disarankan untuk memberikan vaksin, hal ini untuk menghindari penyakit yang akan menjangkiti kucing nantinya.

2. Burung Kicau

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
pixabay.com

Burung adalah salah satu hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Selain suaranya yang merdu, kita juga dapat menikmati indahnya warna-warni bulu burung.

Burung seperti lovebird selain suaranya yang dapat dinikmati, kelincahan dan bermacam warna pada bulunya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Perawatan burung kicau juga relatif mudah, yang terpenting adalah makanan dan minuman yang selalu tersedia serta kebersihan sangkar yang tetap terjaga.

Beberapa jenis burung kicau yang sering menjadi hewan peliharaan yang mudah dipelihara antara lain burung kenari, parkit, lovebird, murai, kacer, ciblek dan burung-burung kicau lainnya.

Mendengar kicauan burung peliharaan kita memang membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Tentunya akan memberikan rasa bahagia bagi pemiliknya.

3. Kelinci

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
pexels.com

Kelinci juga termasuk hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara.

Hewan yang satu ini memang cukup menggemaskan. Hal ini karena bulunya yang terlihat cantik serta tingkahnya yang menggemaskan.

Karena tingkahnya yang menggemaskan ini maka kelinci sangat disukai oleh anak-anak. Mengenai harga, kelinci ini mempunyai beragam harga.

Mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, mahalnya harga kelinci ditentukan oleh jenisnya.

Kelinci termasuk hewan yang mudah berkembang biak, bagi pemilik yang ingin beternak kelinci tentunya hal ini sangat menguntungkan dan dapat menjadi sumber penghasilan.

4. Anjing

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
pexels.com

Dibeberapa negara anjing merupakan hewan yang paling popular untuk dipelihara. Sama seperti kucing, anjing juga merupakan hewan yang dapat bersahabat dengan manusia.

Keperluan dasar dalam memelihara anjing diantaranya makanan, tempat untuk makanan dan tempat untuk minum anjing, tempat tidur yang nyaman untuk anjing dan kebutuhan lain seperti mainan.

5. Hamster

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
pexels.com

Hewan kecil yang satu ini memang cukup menggemaskan. Hamster sangat mudah untuk dipelihara, bahkan tidak menyita waktu dan tenaga kita.

Ukuran yang kecil tersebut tentunya tidak akan menghabiskan tempat dirumah kita, cukup menaruhnya didalam akuarium kecil yang sudah dialasi serbuk kayu.

Untuk penghilang penat dirumah, kita dapat memberikan mainan didalam kandang hamster dan biarkan hamster peliharaan kita itu bermain dengan mainannya.

Melihat hamster bermain dengan mainannya akan menjadi pemandangan yang sangat menggemaskan.

6. Sugar Glider

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
minews.id

Sugar glider juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Hewan ini dapat sangat jinak kepada pemiliknya, tentunya itu dapat terjadi bila kita cukup intens berinteraksi dengan sugar glider peliharaan kita.

Saat membeli pastikan pada penjual bahwa sugar glider tersebut bukan sugar glider WC (Wild Caught) atau tangkapan liar. Sugar glider WC adalah sugar glider yang ditangkap dari hutan.

Sugar glider WC biasanya sangat liar, hal ini tentunya beresiko membawa penyakit. Maka dari itu sebaiknya membeli sugar glider hasil ternakan.

7. Kura-kura Kecil

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
minews.id

Kura-kura kecil adalah salah satu contoh dari hewan yang mudah untuk dipelihara. Perawatan kura-kura kecil ini juga sangat mudah. Makanan utama dari kura-kura kecil ini adalah pelet yang berukuran kecil.

Selain karena memang kura-kura suka, pellet kecil ini mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kura-kura.

Untuk menghindari kebosanan kura-kura dengan pelet, kita bisa memberikan variasi makanan seperti cacing sutra dan bisa juga diberikan daging ikan yang tentunya sudah kita cincang.

Selain makanan, kura-kura juga harus ditempatkan dengan cahaya yang cukup.

Karena kura-kura termasuk hewan yang suka berjemur, apabila tidak memungkinkan kura-kura diletakan ditempat yang terkena sinar matahari maka kita dapat menggunakan lampu ultraviolet sebagai pengganti.

Demikian sedikit informasi tentang hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Perlu diingat, memelihara hewan dirumah itu harus penuh tanggung jawab dan konsistensi.

8. Landak Mini

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
dokterhewan.co.id

Landak memang terkenal memiliki duri yang tajam untuk melindungi dirinya, tapi duri yang ada pada landak mini tidak beracun dan tidak tajam.

Hewan yang amat pemalu dan takut disentuh ini paling besar hanya berukuran telapak tangan orang dewasa serta perawatannya pun juga mudah.

Karena pemalu dan takut disentuh, landak mini cenderung menggulungkan dirinya sampai terlihat seperti bola berduri.

Kandangnya, kamu bisa menggunakan akuarium atau apapun dengan tinggi minimal 30cm dan pada bagian bawahnya sebagian diberikan serbuk kayu, sebagian lagi kerikil.

Makanannya, kamu bisa memberikan cat food, dog food, telur, tahu matang, serangga (ulat, jangkrik, cacing), buah dan sayur.

Untuk membersihkan tubuhnya, agar tidak bau dan menjaga kesehatannya, landak mini juga perlu dimandikan secara teratur.

9. Ikan Aquascape

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
99.co

Jika menyukai ikan hias, memelihara ikan aquascape di dalam akuarium bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ikan aquascape sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang tiap jenisnya memiliki ciri khas bentuk dan warna yang indah jika ditempatkan di dalam akuarium.

Beberapa ikan dengan bentuk dan warna yang cantik serta siap memperindah akuarium kamu misalnya seperti ikan gupi, ikan discus, ikan moli, ikan mas koki dll.

Jika kamu sudah memutuskan untuk menjadikan ikan aquascape sebagai peliharaan, kamu juga perlu melakukan perawatannya.

Beberapa tips seperti melakukan pengecekkan mutu air, pengecekkan dan perawatan komponen aquascape, sistem filter, pembersihan gravel, mengganti air, membersihkan kaca, dll.

Perawatan pada aquascape menentukan sehat tidaknya ikan baik dalam kondisi biasa atau ketika sedang masa pertumbuhan.

10. Iguana

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
freepik.com

Iguana bisa menjadi pilihan jika ingin hewan peliharaan yang tidak biasa dan kamu juga menyukai hewan dengan jenis reptil.

Sebenarnya ada sekitar 35 spesies iguana yang ada di dunia, tapi spesies yang umum dipelihara adalah iguana hijau atau iguana amerika.

Sebelum memelihara, pastikan benar-benar siap karena tubuh iguana bisa tumbuh sampai sepanjang 1,8 meter dan beratnya dapat mencapai 9 kg.

Meskipun tergolong sebagai reptil, tapi sebenarnya iguana merupakan hewan herbivora. Di habitat aslinya iguana hanya mengonsumsi makanan dari tumbuhan.

Jika memeliharanya, bisa memberikan makanan seperti sayuran hijau tua yang bernutrisi. Sebisa mungkin hindari pemberian sayuran berwarna hijau muda seperti kubis dan selada.

Selain sayuran, biji-bijian dan buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai makanan. Pemberian makan juga harus secara rutin dan teratur, yakni pagi, siang, dan sore hari.

Tidak hanya makanan, pastikan juga selalu tersedia air bersih di dalam kandang, rutin membersihkan kandang, mengatur suhu lingkungan dan memerhatikan kondisi kesehatan.

11. Ikan Cupang

√ 11 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah
istockphoto.com

Siapa yang tidak kenal dengan ikan cupang? Ikan yang kerap kali dijadikan sebagai ikan aduan ini juga bisa menjadi jenis peliharaan yang diperlihara lho.

Cupang yang dipelihara biasanya adalah cupang hias yang memiliki sirip, ekor, dan warna yang cantik.

Berbeda dengan ikan aquascape, pada dasarnya cupang merupakan jenis ikan yang agresif, oleh karena itu lebih baik menempatkannya secara terpisah agar tidak saling menyerang.

Jika saling menyerang, maka dapat merusak sirip, melukai tubuh, atau bahkan bisa membuatnya stress dan berakibat meninggal.

Perawatan ikan cupang sebagai hewan peliharaan agar tetap terlihat cantik dan indah pun juga tidaklah sulit.

Jika kamu memeliharanya, pastikan mengganti air dua hari sekali, jika ingin memindahkan, pastikan dengan hati-hati dan tidak menyentuhnya.

Berikan pakan hidup seperti cacing, kutu air atau jentik nyamuk. Berikan daun Ketapang sebagai aintibiotik pada ikan cupang.

Jika ekor atau sirip cupang patah, kamu bisa memberikan metil bitu untuk proses pemulihannya.

Leave a Comment