7 Jenis Timun di Indonesia dengan Keunggulan Rasa yang Menyegarkan

Timun, Mentimun atau Ketimun termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Berbagai jenis timun sering dijadikan sayuran sebagai pelengkap masakan seperti lalapan atau acar. Terkadang juga dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan makanan seperti gado-gado, lotek dan rujak.

Ciri khas dari buah ini adalah rasanya yang sangat menyegarkan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, timun juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Kandungan air yang tinggi mencapai 95% dan kandungan vitamin seperti vitamin A, B dan C serta mineral seperti kalium, magnesium dan mangan membuat timun dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Jenis-Jenis Timun

1. Timun Biasa

liputan6.com

Timun biasa merupakan jenis yang paling mudah kita temui di pasaran. Paling banyak ditanam di Indonesia dan dikonsumsi sebagai acar. Pada saat masih muda timun ini memiliki kulit buah yang tipis dan lunak dengan warna hijau keputihan. Jika dibiarkan warna kulit buahnya akan berubah menjadi hijau pucat.

2. Timun Jubilee

benihpertiwi.co.id

Timun Jubilee termasuk kedalam jenis timun mini dengan ukuran 16 cm dan berdiameter 4-5 cm. Dengan ukurannya yang mini dan tekstur buahnya yang sangat renyah sehingga mudah untuk dikunyah menjadikan timun ini sering dijadikan sebagai lalapan.

Tanaman timun jubilee juga cocok dijadikan tanaman hias untuk ditanam dipekarang rumah. Karena tanaman ini memiliki bunga dan bakal buah yang akan tumbuh di setiap ruasnya.

Nggak ada ruginya kan menanam timun jubilee ini. Kamu bisa memanen buahnya lalu bisa dikonsumsi dan bunga dari tanaman ini juga akan menghiasi dan mempercantik halaman rumahmu.

3. Timun Mawi

benihpertiwi.co.id

Timun yang satu ini banyak dibudidayakan di daerah Sulawesi Selatan. Berbeda dengan timun lainnya yang memiliki warna kulit hijau, timun ini memiliki kulit yang berwana hijau pucat keputihan. Dengan ukurannya yang tergolong cukup besar, di daerah asalnya timun ini biasa diperjualbelikan secara satuan atau per buah.

4. Timun Monroe

benihpertiwi.co.id

Mirip dengan Timun Jubilee, Timun Monroe juga memiliki ukuran buah yang mini sehingga lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan. Secara garis besar tidak ada perbedaan yang mencolok diantara kedua jenis timun tersebut, sama-sama memiliki rasa buah yang menyegarkan dan ukuran yang mini.

Bedanya hanya pada bagian kulit buahnya saja, Timun Monroe memiliki kulit buah yang berwarna lebih putih dibandingkan dengan kulit buah Timun Jubilee.

5. Timun Roman

benihpertiwi.co.id

Dengan ukuran yang relatif besar, Timun jenis Roman ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan acar atau rujak. Timun ini memiliki daging buah yang tebal dan tidak pahit.

Ukuran buah timun yang satu ini bervariasi dar sedang hingga besar. Berat per buahnya antara 390-400 gram dengan ukuran 22-24 cm. Paling besarnya bisa memiliki berat mencapai 700 gram per buahnya.

6. Timun Suri

pertanianku.com

Pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu mendengar Timun Suri. Timun jenis ini lebih mudah kita temukan pada saat bulan ramadhan. Tidak hanya di pasar, banyak orang yang menjual timun suri ini di pinggir jalan.

Timun Suri biasa dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan es buah karena rasanya yang menyegarkan dapat menghilangkan rasa haus selama berpuasa. Ukuran timun ini jauh lebih besar dibandingkan dengan timun jenis lainnya bahkan bisa mencapai 10x lipatnya. Bentuknya lonjong dengan warna kulit buahnya kuning keputihan.

7. Timun Expo

bukalapak.com

Timun Expo merupakan timun yang berasal dari Jepang. Ciri khas timun jenis ini adalah kulit buahnya yang berwarna hijau tetapi lebih tua dan gelap dibadingkan timun jenis lainnya.

Walaupun memiliki warna yang lebih gelap dari jenis lainnya, tapi timun ini tetap memiliki rasa yang tidak pahit dan menyegarkan, teksturnya juga sangat renyah.

Ukuran timun ini cukup besar dengan panjang mencapai 30 cm. Banyak di budidayakan di daerah Bandung dan Bali. Timun jenis ini lebih mudah kita temui di pasar swalayan ataupun restaurant-restaurant.

Keunggulan lainnya dari Timun Expo adalah produktivitas tanamannya yang cukup tinggi. Selain itu tanaman ini juga lebih tahan terhadap penyakit dan kondisi cuaca yang ekstrem.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*