Cara Sukses Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag

Menanam tomat Costoluto Genovese dalam polybag yang baik dan efektif bagaimana? Adakah teman-teman yang sudah mencoba menanamnya?

Tapi sebelum itu sudah tahukah Anda apa itu tomat Costoluto Genovese? Jika belum, simak penjelasan berikut ini tentang tomat Costoluto Genovese dan cara menanamnya didalam polybag.

Beberapa orang tentu masih merasa asing dengan jenis tomat yang satu ini. Hal tersebut wajar saja, karena memang petani sekalipun belum tentu mengetahui nama dari tomat tersebut.

Tomat pada umumnya menjadi bahan masakan yang hampir selalu ada di dapur setiap orang. Rasanya yang asam, tajam, dan memiliki banyak air membuat rasa masakan menjadi semakin kaya.

Dan tentunya menjadi lebih segar. Tak hanya untuk bahan masakan tomat juga bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus.

Pada intinya tomat bukanlah buah asing bagi orang Indonesia, atau bahkan di dunia. Selain rasanya yang segar, tomat memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi.

Sehingga buah ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Nah meski tomat bukanlah makanan yang asing di Indonesia, tetapi ada beberapa jenis yang memang kurang populer, terutama bagi orang awam.

Salah satunya ya jenis Costoluto Genovese. Bagi para juru masak yang telah banyak mengenal bahan masakan dari seluruh penjuru dunia, mungkin sudah familiar.

Tomat Costoluto Genovese merupakan salah satu varietas tomat yang memiliki ukuran besar-besar. Diameter dari tomat ini bisa mencapai 10 cm setiap buahnya.

Bentuk dari buah tomat jenis ini ialah bergelombang, tidak beraturan dan keriting, seperti buah tomat belimbing.

Daging tomat Costoluto Genovese ini tebal dan teksturnya juicy dan berair. Tomat jenis ini memiliki cita rasa yang asam manis khas tomat Itali serta termasuk dalam golongan tomat beefsteak.

Agar teman-teman tidak penasaran dengan bentuk tomat asal Italia ini, penulis sertakan gambar-gambarnya. Selamat menikmati.


Menanam Tomat Costoluto Genovese


Dari namanya barangkali kita tahu bahwa jenis tomat Costoluto bukanlah berasal dari Indonesia. Ya memang tomat tersebut berasal dari daerah Italia.

Meski begitu distribusi dan penanamannya sudah tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di pasaran, terutama di tempat perbelanjaan atau swalayan mungkin kamu akan banyak menemukan tomat ini.

Beberapa petani Indonesia juga sudah mencoba menanam tomat Costoluto. Kalau kamu juga tertarik untuk menanam tomat tersebut boleh banget loh.

Tak perlu khawatir akan lahan yang sempit, sebab kamu bisa menanamnya di polybag. Lalu bagaimana cara menanamnya?

Berikut ini akan dibahas bagaimana cara menanam buah tomat Costoluto Genovese dalam polybag.

Cara Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag

Cara Sukses Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag
bukalapak.com

Sebelum disemai, benih direndam selama 2 jam dalam air dingin kemudian disemaikan didalam tray persemaian yang diisi dengan campuran pupuk organik dan tanah dengan perbandingan 1:1 kemudian disiram dengan air sampai media lembab dan diletakkan ditempat teduh.

Benih akan tumbuh setelah 5-7 hari semai dan harus menunggu muncul 5-6 helai daun sebelum dipindahkan ke lahan.

Setelah daun muncul 5-6 helai daun, bibit siap dipindahkan kedalam polybag.

Polybag yang digunakan sebaiknya polybag yang berukuran 35 x 35 atau lebih besar, agar pertumbuhan akar dan simpanan air dalam media tanam nantinya cukup untuk menjamin pertumbuhan tanaman.

Polybag diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik 1:1 dan usahakan tidak terlalu penuh mengisinya agar terdapat ruang untuk melakukan pembubunan nantinya.

Gunakan pencungkil (lihat cara memindah bibit disini) untuk memindahkan tray semai kedalam polybag agar perakaran tidak rusak dan tanaman tidak layu setelah dipindahkan.

Setelah tanaman dipindah kedalam polybag, beri pengairan yang teratur, pasang ajir dan lakukan pemangkasan/prunning untuk tunas-tunas baru dibagian bawah serta daun yang sudah menguning.

Jangan lupa menambahkan media tanamam serta pupuk organik ketika tanaman mulai kelihatan akarnya, ini disebut pembubunan.

Setelah muncul bunga pertama, bersihkan semua tunas baru dan daun yang tua dibawah bunga, sehingga pertumbuhan bunga baik dan iklim mikro sekitar tanaman cocok untuk proses pembungaan dan pembentukan buah.

Ketika buah sudah mulai terbentuk, lakukan pemupukan dengan pupuk organik 5 hari sekali sampai buah masak.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara menanam tomat Costoluto Genovese dalam polybag. Anda bisa praktek di rumah dengan menggunakan cara diatas. Semoga berhasil.


Perawatan Tomat Custoluto Genovese


Cara Sukses Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag
medium.com

Merawat tanaman adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan setelah menanamnya. Perawatan akan menentukan bagaimana hasil dari apa yang ditanam.

Apakah dapat tumbuh dengan baik? Atau justru mati sebelum berbuah atau berkembang. Semua tergantung pada perawatannya, meski cara menanamnya juga harus benar.

Lalau bagaimana cara merawat tomat yang dikenal juga dengan tomat giant ini? Berikut tips dan trik merawatnya:

Penyiraman

Menyiram tanaman harus idsesuaikan dengan kondisi yang terjadi ya, jangan asal saja disiram-siram saja. Karena nantinya akan jadi terlalu lembab atau terllau kering.

Nah penyiraman ideal bagi tomat giant adalah 2 kali sehari jika media tanam cenderung kering. Sedangkan kalau media cenderung lembab cukup siram 1 kali saja dalam sehari, di pagi hari atau sore hari.

Pemupukan

Pemupukan ini dilakukan untuk membuat tanaman menjadi lebih subur sehingga dapat menghasilkan buah yang ideal baik kualitas maupun kuantitasnya.

Mengenai aturan dari pemberian pupuk ini silahkan, baca petunjuk pada kemasan masing-masing pupuk.

Penyulaman

Apa sih penyulaman itu? Adalah menanam ulang bagi bibit yang tidak tumbuh sempurna, rusak, atau bahkan mati.

Hal ini juga penting ya, karena terkadang semua bibit yang ditanam tidak dapat tumbuh dengan baik.

Pemberian Insektisida

Apakah ini penting? Dalam kondisi tertentu pemberian insektisida memang dibutuhkan. Jika tanamanmu penuh dengan hama maka penyemprotan ini menjadi penting.

Tapi ingat ya, hanya jika terserang hama saja. Jika tidak tentu tidak perlu. Kalau teman-teman tidak ingin menggunakan insektisida dengan bahan kimia, silahkan buat sendiri insektisida dari bahan-bahan alami.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara menanam tomat Custoluto Genovese dalam polybag yang bisa penulis sajikan.

Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mencoba menanam tomat tersebut di rumah. Jadi selamat mencoba menanam kawan-kawan, menanam tanaman, menanam kehidupan.

Leave a Comment