Contoh Poster Lomba 17-an / Poster 17 Agustus

Contoh Poster Lomba 17-an – Setiap memperingati HUT RI, masyarakat Indonesia akan disibukkan dengan berbagai kegiatan di masing-masing tempat tinggalnya.

Berbagai macam perlombaan diadakan, mulai dari lomba panjat pinang hingga perlombaan digital masa kini yaitu membuat poster 17 Agustus.

Para pemuda yang aktif dalam jajaran pengurus desa, biasa disebut Karangtaruna, tentu akan mengemban tugas yang banyak demi terwujudnya acara yang meriah.

Segala persiapan dilakukan mulai dari membuat poster perlombaan, membentuk kepanitian, hingga membuat proposal untuk mengajukan penggalangan dana.

Nah, bagi kamu yang sudah sering menjadi panitia tentu sudah tidak bingung lagi dong jika diminta ikut andil dalam mempersiapkan kegiatan perlombaan.

Bagi yang baru pertama kali ikut kepanitiaan 17-an nih, jangan khawatir kamu tidak akan bekerja sendiri. Karena dalam satu tim biasanya terdiri dari banyak orang.


Poster


Keberardaan poster sudah tak asing lagi bagi kita. Lantara kita sudah sering menjumpai poster di tempat-tempat umum, seperti jalan, papan pengumuman, hingga rumah kita sendiri.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah kita bisa membuat poster sendiri? Banyak sekali event mendesai poster dengan hadiah yang cukup menarik terutama di saat acara 17 agustusan. Tentu hal itu tidak mau kita lewatkan bukan.

Lomba poster yang diadakan dapat berupa poster manual maupun poster digital. Bagi kalian yang tidak mahir menggambar manual aplikasi atau software komputer dapat membantu untuk membuat poster yang bagus.

Tak perlu menjadi ahli menggambar atau menjadi seorang desainer grafis dulu untuk membuat sebuah poster. Kalian hanya perlu mendownload aplikasi desain yang bisa digunakan untuk membuat poster.

Beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan, diantaranya ada Photoshop, CorelDraw, Adobe InDesign, Adobe Spark, dan lain sebagainya. Bagi kalian yang pemula hendaknya membuat trial terlebih dulu sebelum mengirimkan postermu untuk perlombaan.

Tonton tutorial mengenai aplikasi yang akan kalian gunakan untuk mendesain poster. Jika sudah terbiasa menggunakan aplikasi cobalah membuat poster sederhana. Apabila sudah semakin mahir kalian bisa mengikuti lomba poster 17 Agustusan.

Mengenai isi poster yang baik akan dibahas dibawah ini. Pestikan untuk mengikuti setiap langkahnya agar poster kalian bisa menjadi juara lomba poster.

Poster termasuk sebuah pengumuman berbentuk gambar atau tulisan yang biasanya ditempelkan di dindin, tembok, atau tempat umum strategis agar mudah dilihat banyak orang. Di era digital seperti saat ini poster lebih banyak disebarkan lewat media digital, seperti platform sosial media.

Dilihat dari kepentingannya, poster dibedakan menjadi poster pendidikan, poster penerangan, poster kegiatan ilmiah, poster niaga, poster hiburan atau pertunjukan, serta poster slogan suatu daerah.

Tujuan poster tak lain untuk menarik perhatian orang agar berpartisipasi sesuai imbauan dalam poster.

Unsur-unsur Poster

1. Isi Poster
Setiap poster hendaknya memiliki isi dengan ciri-ciri sebagai berikut:

a. Menarik perhatian orang banyak
b. Singkat, padat, dan jelas.
c. Tidak menyinggung perasaan orang lain dan tidak SARA
d. Tidak membosankan

2. Bahasa Poster
Bahasa yang digunakan dalam poster sudah seharusnya memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini:

a. Informatif, yang artinya dapat segera membangkitkan rasa ingin tahu dan rasa ingin mengerti yang melihatnya.

b. Komunikatif, yang artinya kalimat dalam isi poster haruslah singkat, jelas, mudah dipahami, dan tidak ambigu atau bermakna ganda.

c. Persuasif, artinya dapat segera membangkitkan rasa ketertarikan ingin memiliki atau melakukan sesuatu sesuai dengan yang diberitahukan.

d. Langsung tepat sasaran yang hendak dicapai atau sesuai tujuan.

e. Dapat disertai gambar, foto, lukisan, atau sketsa yang mendukung bunyi poster sehingga memiliki kesamaan tema antara kalimat dengan gambarnya.

Gaya Bahasa dalam Poster

1. Gaya Bahasa Anafora

contoh poster 17an
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kita Indonesia
Kita Pancasila

Kalimat tersebut mengandung gaya bahasa anafora. Anafora merupakan gaya bahasa repetisi atau pengulangan kata pertama pada setiap baris atau kalimat. Kata ‘Kita’ dalam teks diatas mengalami pengulangan di awal baris.

2. Gaya Bahasa Pleonasme

contoh poster lomba 17an

Ikutilah lomba mewarnai untuk balita, anak-anak usia 4 – 5 tahun! Hadiah tabungan pendidikan senilai 2 juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.

Kalimat tersebut termasuk gaya bahasa pleonasme. Cermati dalam teks diatas, frasa balita, anak-anak, dan usia 4 – 5 tahun memiliki arti yang sama.

Penggunaan ketiga frasa tersebut secara bersamaan menyebabkan kalimat poster berlebihan. Perbaikan yang tepat dengan menggunakan salah satu frasa balita atau anak-anak.

Kepanitiaan Lomba 17-an dan Pembagian Divisinya

Kepanitiaan 17 Agustusan biasa terbagi menjadi beberapa divisi.

Diantaranya kesekretariatan, divisi penggalangan dana, divisi perlengkapan, dan tim paling sibuk yaitu divisi acara.

Divisi acara akan terbagi lagi ke dalam berbagai tim mulai dari tim lapangan hingga tim pre-acara.

Tim pre acara ini yang banyak bertugas H-sekian sebelum acara terlaksana. Salah satu tugas utama dan paling krusial dari tim acara adalah menyampaikan infromasi.

Menginformasikan ke setiap dusun maupun desa terkait kegiatan perlombaan apa saja yang akan diadakan berikut dengan masing-masing jadwalnya.

Salah satu cara untuk menyampaikan informasi tersebut adalah dengan menyebarkan pamflet.

Atau dengan menempelkan poster-poster lomba Agustusan di setiap papan pengumuman desa yang ada.

Menyebarkan poster dapat membantu meringankan tugas kamu sebagai panitia tanpa harus memberikan informasi dari mulu ke mulut atau pintu ke pintu.

Lomba Poster 17 Agustus

Berbicara mengenai poster 17-an, sebagai divisi acara kamu dapat menambahkan poster sebagai salah satu cabang perlombaan acara 17-an, engan tema lomba “poster 17 Agustus”.

Di era digital yang sangat berkembang pesat ini tentu akan banyak anak muda yang tertarik.

Selain mengadakan perlombaan lapangan seperti perlombaan panjat pinang, balap karung, dan makan kerupuk, lomba poster 17 Agustus dapat memberikan nuansa baru dan menyegarkan.

Hal ini dapat juga menarik perhatian para kawula muda yang kurang aktif di masyarakat namun hobi dalam mengutak-atik aplikasi digital.

Diaharapkan dengan diadakannya cabang lomba poter 17 Agustus ini, bagi mereka muda-mudi yang kurang aktif sebelumnya, setidaknya dengan mengikuti perlombaan tersebut mereka akan hadir di tengah-tengah masyarakat meski hanya sebagai peserta lomba.

Sebagai acuan, berikut rahasiabelajar.com sajikan beberapa contoh poster lomba 17-an dan juga contoh lomba poster 17 Agustus yang unik dan menarik. Check this out!


Contoh Poster Lomba 17-an / Gambar Lomba “Poster 17 Agustus”


source image: indosmartschool.com
Image Source: walisongo.co.id
Image Source: walisongo.co.id
photo source: walisongo.co.id
image source: walisongo.co.id
photo source: walisongo.co.id
Image Source: walisongo.co.id
photo source: walisongo.co.id
Image Source: walisongo.co.id
source image: walisongo.co.id
photo source: walisongo.co.id
source image: walisongo.co.id
photo source : walisongo.co.id

Bagi para panitia semoga beberapa contoh poster di atas dapat menginspirasi kalian, terkait design poster yang akan dibuat berikutnya.

Kalian bisa membuat berbagai tema untuk cabang perlombaan poster. Misalnya poster dalam bentuk lomba foto ataupun lomba 17-an lainnya.

Bagi kamu yang diam-diam berencana ikut lomba poster, tentu sudah mendapatakn inspirasi dong ya. Semoga di perlombaan 17-an nanti poster kamu menang dan ditempel dimana-mana.

Leave a Comment