10 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia

10 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia

Tentu teman-teman pernah mendengar tentang ikan air tawar. Ya beberapa jenis ini bahkan menjadi hidangan lezat yang digemari oleh banyak orang.

Jenis ikan air tawar adalah ikan yang biasa hidup di air tawar atau dengan kadar garam sangat rendah.

Mereka biasanya berasal atau mendiami daerah perairan di darat, seperti sungai, danau, atau mungkin rawa-rawa. Selain hidup di perairan alami ikan air tawar juga banyak di ternak di pertambakan.

Mereka bisa menghabiskan hidup mereka di dalam air dengan kadar salinitas kurang dari 0,05%. Ikan air tawar bisa mati bila mereka dipindahkan ke air laut.

Banyak sekali varietas ikan air tawar yang mudah sekali kita temukan, seperti yang telah disebutkan beberapa di antaranya menjadi hidangan yang tak asing, tetapi beberapa lainnya juga ada yang hidup liar dan cukup ganas sehingga jarang untuk dikonsumsi.

Jenis Ikan Air Tawar

Secara fisik ikan air tawar dengan ikan air laut memiliki perbedaan, misalnya saja dari segi insang, sisik dan ginjal. Jenis ikan air tawar memiliki ginjal yang besar karena banyak air yang melewatinya.

Supaya teman-teman lebih mudah dalam memahami jenis ikan air tawar, berikut ini kami sajikan beberapa informasi tentang jenis ikan air tawar yang biasa atau banyak dikonsumsi manusia.

1. Jenis Ikan Air Tawar: Mujair

10 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia
tokopedia.com

Diantara kalian pasti pernah memakan hidangan dari ikan mujair atau mujaer atau paling tidak sekedar tau tentang ikan ini.

Ikan air tawar yang satu ini bahkan menjadi sebuah single lagu dari penyenyi dangdut Ayu Ting Ting.

Ikan mujair atau mujaer bersisik hitam ke abu-abuan dengan bagian ujung ekor sedikit berwarna merah muda.

Badannya pipih dengan panjang maksimum sekitar 40 cm. daging ikan ini sangat gurih apalagi setelah dimasak dan durinya tidak terlalu banyak.

Mujaer termasuk ikan yang bergizi karena kaya akan kandungan fosfor. Menu ikan mujaer termasuk yang pupuler di saung-saung ikan dengan konsep pemancingan. Mujair juga nikmat digoreng kering dan dimakan bersama sambal terasi.

2. Bawal

10 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia
fimela.com

Tahukah kalian kalau ikan bawal masih berkerabat dengan ikan piranha. Bawal memiliki gigi-gigi yang tajam dan mereka suka memangsa ikan lainnya ataupun binatang kecil lainnya di air tawar.

Warna bawal campuran antara hitam dan oranye dengan bentuk pipih dan lebar. Daging bawal cukup tebal dengan banyak duri meskipun tak sebanyak bandeng.

Ikan pipih dengan daging tebal ini harganya cukup terjangkau. Bawal juga mudah di temukan di sungai sungai besar yang berair jernih maupun agak keruh.

3. Jenis Ikan Air Tawar: Gabus

10 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia
healthkompas.com

Gabus adalah ikan air tawar yang unik karena mampu bernapas langsung di udara atau diluar air. Mereka bahkan masih bertahan hidup didaratan setelah dipancing ataupu saat sungai mengering. Gabus banyak ditemukan di area sungai, rawa, maupun danau.

Kepalanyanya berbentuk antara gabungan ular dan lele karena mulutnya yang cukup lebar sekaligus panjang membulat seperti ular. Tubuhnya juga memiliki motif seperti ular dengan warna hitam keabuan berbercak putih.

4. Ikan Kepala Batu

Ikan kepala batu atau yang bahasa Inggrisnya dikenal dengan smelt termasuk jenis ikan berukuran kecil untuk dikonsumsi.

Smelt dapat ditemukan diperairan darat maupun laut. Beberapa spesies yang hidup di air tawat dapat ditemukan di sungai-sungai di daerah Eropa, Amerika Utara, dan Timur laut Asia.

Ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran 20 cm beberapa spesies yang hidup di laut bahkan mencapai 70 cm. mereka dapat hidup di air sungai dengan suhu hingga 4˚C. Mereka bisa hidup di air yang keruh sekalipun.

5. Jenis Ikan Air Tawar: Tilapia

bululengkab.go.id

Tilapian merupakan jenis ikan air tawar dari keluarga ikan lemon (chichlid). Jika dibandingkan dengan ikan lemon tubuh mereka lebih besar dengan warna yang tidak terlalu menarik.

Habitatnya berada pada sungai dangkal, kolam alami, hingga danau. Beberapa spesies dari tilapia juga hidup di air payau.

Banyak ditemukan di perairan Afrika dan Australia. Panjang dari tilapia bisa mencapai 60 cm dengan bibir yang tebal.

6. Gurame

10 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia
manaberita.com

Tak kalah populer dari ikan air tawar yang telah disbeutkan sebelumnya, gurame menjadi salah satu jenis ikan yang enak dikonsumsi oleh manusia.

Dagingnya yang sangat padat, gurih, dan mudah dipisahkan dengan durinya membuat gurame banyak diminati.

Oleh karena itu wajar saja jika ikan ini dipatok dengan harga yang cukup mahal, sesuai dengan ukuran yang ingin dibeli.

Tetapi tak perlu khawatir, untuk ukuran yang besar bisa dinikmati oleh 6-7 orang sehingga jika dikalkulasikan harga tersbeut bisa lebih murah.

Gurame memiliki bentuk tubuh yang pipih dan melebar, juga sisik yang besar serta rapat. Pada umumnya berwarna cokelat muda. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana bentuk ikan gurame silahkan lihat gambar di atas.

7. Patin

stiebp.ac.id

Ikan yang masih termasuk dalam kelompok lele adalah patin. Seperti ikan lele, patin juga memiliki kumis yang memanjang, tekstur tubuhnya basah dan berlendir, dagingnya pun lembut tak jauh berbeda dengan lele.

Selain rasanya yang nikmat, hal yang membuat patin begitu digemari adalah karena kandungan gizi yang cukup tinggi.

Terdapat lemak tak jenuh yang mencapai 50% dari keseluruhan nilai gizi pada patin. Selain itu patin juga mengandung DHA dan Omega 3 yang baik untuk dikonsumsi anak-anak, orang tua, dan juga ibu hamil.

8. Ikan Nila

Kalau teman-teman tidak asing dengan ikan mujair, maka kalian juga akan familiar dengan ikan nila, sebab bentuk tubuhnya hampir menyerupai mujair.

Nila mempunyai tubuh berwarna hitam agak keabuan, dengan panjang paling maksimal 30 cm. Untuk membudidayakannya mudah saja sebab pertumbuhan ikan ini sangatlah cepat.

Kebiasaan yang cukup unik dari ikan air tawar ini adalah mengulum telur yang dibuahi dalam rongga mulut atau dalam bahasa kerennya disebut dengan mouth breeder.

9. Sidat

stockistnasa.net

Jenis ikan yang diperhitungkan secara ekonomis dan menjadi komoditi ekspor dengan nilai jual tinggi adalah sidat.

Akhir-akhir ini kebutuhan pasar terhadap ikan sidat semakin meningkat terutama permintaan Negara Jepang. Karenanya wajar saja jika harga sidat yang dibandrol di pasaran cukup mahal.

Sidat memiliki bentuk tubuh yang persis seperti belut, perbedaannya hanya terletak pada bentuk ekor dan kepala sidat yang lebih pipih dan melebar dibanding belut.

10. Ikan Lele

merdeka.com

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka dengan daging ikan lele, tetapi banyak juga yang mengidolakan lele sebagai santapan yang menggugah selera.

Sehingga tak heran jika makanan pecel lele sangat populer di Indonesia. Lele dikenal dengan dagingnya yang gurih dan lembut.

Meskipun tubuhnya licin dan berlendir sehingga cukup sulit jika ditangkap dnegan menggunakan tangan kosong.

Bentuk tubuhnya semakin mengecil pada bagian ekor dan mempunyai ciri khas kumis yang menjuntai.

Itulah beberapa jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi manusia, baik di Indonesia maupun luar negeri. Perlu diketahui kalau ikan-ikan air tawar tak kalah bergizi dari jenis ikan air laut.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan air tawar di seluruh dunia yang belum disebutkan pada tulisan di atas, oleh karena itu kami memohon maaf karena belum bisa menyajikan informasi tersebut secara utuh. Semoga di lain kesempatan kita dapat berjumpa kembali.

Leave a Comment