8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya

8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya

Jenis Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang paling terkenal di dunia. Mereka mudah menyesuaikan diri dengan habitat baru dan mudah dikembangbiakkan.

Di Indonesia ikan ini juga dikenal dengan sebutan ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar. Sedangkan diluar negeri nama lain dari ikan guppy adalah ikan pelangi (rainbow fish) dan ikan sejuta (million fish).

Mereka merupakan jenis ikan air tawar yang tersebar luas di perairan daerah tropis. Paling banyak ditemukan di daerah Amerika bagian Selatan.

Ikan ini telah banyak diperdagangkan ke luar negeri sebagai ikan hias. Guppy jantan memiliki tubuh yang lebih kecil dari betinanya serta ekor dan cirip yang bercorak.

Pejantannya memiliki panjang tubuh antara 1,5 – 3,5 cm dan betinanya sekitar 3 – 6 cm. Ikan guppy suka sekali memakan alga dan larva serangga air.

Ikan ini memiliki jenis yang beragam, setiap varietasnya memiliki sebutan dan keunikan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu supaya teman-teman bisa membedakan jenis-jenis ikan guppy, di bawah ini akan kami sajikan informasi mengenai hal tersebut.


Fakta Jenis Ikan Guppy


Ikan guppy terkenal karena warnanya yang cantik sehingga dijadikan ikan akuarium. Berikut ini beberapa spesies ikan guppy yang ada di dunia berdasarkan bentuk ekor, warna,dan coraknya.

1. Warna Ikan Guppy

8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya
zonaikan.com

Warna guppy berbeda-beda tiap spesiesnya bahkan ada spesies yang antara badan, sirip, dan ekor memiliki warna yang berbeda pula. Ikan ini memiliki banyak varian warna bahkan ada yang berwarna metalik.

Warna metalik pada ikan ini akibat sel-sel pada tubuh mereka yang disebut iridofor. Selain memiliki perbedaan warna pada bagian badan dnegan sirip-siripnya, jenis guppy juga ada yang memiliki perbedaan warna antara tubuh bagian atas dan bawah.

Kebanyakan bagian atas guppy termasuk kepala berwarna lebih cerah. Mereka juga memiliki warna keemasan dan platinum.

2. Corak Ikan Guppy

Corak pada ikan guppy berbeda antara bagian ekor dengan bagian badannya. Beberapa spesies ikan guppy memang ada yang memiliki warna solid, tapi guppy yang menjadi favorit adalah mereka yang bercorak unik.

Corak pada bagian badan guppy meliputi corak tuksedo, kobra, dan kulit ular. Sedangkan corak pada bagian sirip dan ekor diantaranya ada corak macan tutul atau leopard, mosaik, rumput, dan renda.

Corak-corak pada guppy benar-benar mirip dengan nama yang disematkan. Contohnya tuksedo, ikan guppy bercorak ini biasanya memiliki warna hitam putih seperti tuksedo dan kemejanya.

Begitu juga dengan motif cobra atau kulit ular, guppy ini memiliki corak yang mirip dnegan kulit ular.

Bagian ekor yang bercorak juga mempunyai motif yang sesuai dengan namanya, misalnya saja motif macan tutul dimana ada corak totol-totol diatas warna dasar pada ekor guppy.

3. Betuk Ekor dan Sirip Guppy

8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya
satujam.com

Pengembangbiakan ikan guppy oleh para peternak banyak menghasilkan spesies guppy dengan bentuk yang unik termasuk ekor mereka. Ada berbagai macam tipe ekor ikan guppy, setidaknya 12 bentuk ekor ikan guppy yang eksis.

Bentuk-bentuk ekor ikan guppy tersebut, diantaranya ada bentuk kipas, segitiga, bentuk bendera, dua pedang, pedang atas, dan pedang bawah. Adapula ekor jarum, sekop, membulat, bentuk tudung, letter U, dan bentuk tombak.

Ikan guppy di Indonesia di jual mulai dari harga 25 ribu rupiah hingga satu juta rupiah, tergantung warna, corak dan bentuk sirip.

Yang termahal dari kalangan guppy adalah spesies guppy ribbon yang dihargai satu juta rupiah karena pengembangbiakkannya yang sulit.

Bagi yang masih awal dengan jenis ikan hias mungkin akan mengira guppy sebagai jenis ikan cupang.

Cupang dan guppy adalah jenis yang berbeda karena guppy berasal dari perairan air tawar di daerah Amerika sedangkan ikan cupang banyak ditemukan di Asia.

Warna, corak, serta bentuk ekor guppy juga lebih beragam dari cupang. Guppy juga bukan ikan laga atau petarung.


Jenis (Nama) Ikan Guppy Beserta Gambarnya


8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya
infoikan.com

Jika sebelumnya kami telah membahas tentang beberapa jenis ikan berdasarkan warna, corak, dan juga bentuk siripnya, kali ini kami akan menyebutkan beberapa varietas ikan guppy berdasarkan nama sebutan.

Ikan guppy berikut ini merupakan jenis yang umum dibudidayakan oleh pecinta ikan di Indonesia. Yuk langsung saja simak informasi tentang jenis ikan guppy selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Metal Lace Thailand

8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya
tokopedia.com

Salah satu jenis guppy yang bisa ditemukan dengan mudah adalah metal lace Thailand. Sesuai dengan penyebutannya, jenis ini memang berasal dari Thailand.

Tampilannya sangat menarik dengan warna putih yang sangat terang dan pola garis-garis yang cukup padat. Keunikan tersebutlah yang membuat pecinta ikan lebih tertarik dnegan metal lace dibanding dengan jenis guppy lainnya.

2. Metal Yellow Lace

8 Jenis Ikan Guppy Populer dan Faktanya Lengkap Beserta Gambarnya
abahtani.com

Jenis metal yellow lace secara keseluruhan memiliki karakter yang sangat mirip dengan metal lace Thailand.

Perbedaannya hanya terletak pada warnanya yakni terdapat pola kekuningan di bagian kepala sampai ekor dan sirip ikan pada guppy metal yellow lace.

Harga jual ikan jenis ini dibandrol dengan harga yang sangat beragam tergantung pada corak dan jenisnya.

Untuk harga yang paling mahal tentu saja tampilan ikan guppy tersebut akan membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum.

3. Ikan Guppy Albino

gerava.com

Disebut dengan sebutan albino karena memang jenis ikan ini memiliki pigmen yang cukup unik seperti warna albino pada manusia.

jenis ikan guppy albino yang bisa ditemukan adalah red albino delta. Meskipun memiliki warna lain tetapi warna matanya tetap putih. Tersebab itu penglihatan yang dimiliki oleh ikan guppy albino bisa dibilang buruk.

4. Blue Japan

Banyak orang yang mengagumi keindahan dari ikan guppy blue japan tak terkecuali juga para pecinta ikan.

Warnanya yang sangat cantik yakni biru muda terang membuat siapapun akan terpesona melihatnya.

Menariknya lagi saat ini warna yang dimiliki oleh blue japan ini tidak hanya biru terang tetapi juga beragam jenis warna biru karena hasil dari persilangan ddengan jenis guppy lainnya.

5. Ikan Guppy Kobra

dictio.id

Tentu tanpa dijelaskan lagi teman-teman bisa mengetahui alasan mengapa guppy jenis ini dinamakan dengan guppy kobra.

Ya benar karena memang guppy kobra memiliki corak tubuh seperti kulit ular kobra, yakni kombinasi warna putih, kuning, dan hitam.

Tetapi untuk teman-teman yang tidak suka dengan corak seperti ular tentu kami sarankan untuk tidak memilih guppy kobra sebagai ikan peliharaan di rumah.

6. Blue Moscow

mascota.eu.org

Selain blue japan, terdapat jenis guppy lainnya yang memiliki warna biru khas yakni blue Moscow. Sebagaimana namanya, jenis ini berasal dari daerah Moscow, Rusia.

Berbeda dengan blue japan, guppy blue Moscow memiliki warna biru yang cenderung gelap terutama pada bagian tubuh dan ujung ekornya. Secara keseluruhan warna dari guppy ini sangat eksotis.

7. Platinum Half-Moon

Jenis guppy platinum half-moon dikenal dengan keindahan bentuk, warna, dan coraknya. Tersebab itu tak heran jika guppy ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Platinum half-moon memiliki warna putih keperakan pada seluruh bagian tubuhnya. Ekor dan siripnya memiliki bentuk yang lebar dan menjuntai.

8. Young Pair Champion Purple

Salah satu guppy yang juga sangat menarik dan cantik dengan warna birunya adalah young pair champion purple.

Gradasi biru yang dimiliki guppy ini sungguh menawan, pada bagian kepala memiliki warna yang lebih terang dan pada bagian ekor warnanya semakin menggelap.

Ikan yang sangat langka ini merupakan ikan guppy termahal di dunia. Kamu bisa menemukan guppy young pair dengan harga satu juta per ekornya.

Leave a Comment