5 Macam Jenis Ikan Molly Unik Paling Populer Di Dunia

5 Macam Jenis Ikan Molly Unik Paling Populer Di Dunia

Jenis ikan Molly adalah jenis ikan kecil yang hidup di sungai air tawar, danau air payau, hingga lautan. Ikan ini derasal dari daerah Mexico.

Ukurannya yang kecil membuat ikan mobil menjadi mangsa bagi beberapa ikan air tawar dan ikan air laut, seperti ikan pari, ikan oscar, dan ikan gar.

Molly sebenarnya merupakan jenis ikan air tawar, namun mereka suka berenang ke muara sungai berair payau dan kembali lagi ke sungai air tawar.

Jenis yang sama juga ditemukan di lautan, yang jelas ikan molly mempunyai kemampuan beradaptasi yang sangat baik.


Jenis Ikan Molly


Ikan ini memiliki panjang sekitar 8 cm untuk pejantannya dan 4,8 cm untuk betinanya. Varietas ikan ini beragam sehubungan dengan kemajuan manusia dalam membudidayakan ikan.

Setidaknya ada beberapa spesies yang berbeda warna dan ukuran. Berikut ini beberapa jenis ikan molly yang sering ditemui.

1. Molly Dalmatian

5 Macam Jenis Ikan Molly Unik Paling Populer Di Dunia
AquariumFish.net

Molly jenis ini sering juga disebut sebagai ikan molly marble karena corak dan warnanya mirip motir bebatuan.

Sedangkan nama dalmatian didapatkan karena warna mereka yang memang hitam putih seperti pola jenis anjing dalmatian.

Beberapa orang menganggap corak jenis ini mengganggu sekaligus unik. Perlu diketahui kalau jenis ini mempunyai sirip dubur yang lancip dimana milik pejantan lebih besar dari betinanya.

Selain itu sirip punggung pada pejantan juga lebih besar dan betinanya memiliki sirip dubur yang lebih membulat.

2. Ikan Molly Hitam

Dinamakan molly hitam karena warna mereka yang hitam solid. Beberapa spesies ada yang memiliki sisik emas atau perak saat masih muda dan berubah seiring usia mereka.

Warna hitamnya mungkin tidak terlalu menarik, tetapi mereka jenis ikan yang tenang dan ramah.

Jenis molly hitam suka sekali hidup disekitar vegetasi. Jika ingin memelihara jenis ini pastikan untuk mengisi akuarium kalian dengan banyak tumbuhan atau alga.

Mereka juga dapat hidup jenis ikan lain yang memiliki kepribadian yang sama.

3. Molly Platinum Ekor U

Jenis ini sebenarnya sama saja dengan ikan molly ekor u lainnya, seperti jenis Mexican, Yukatan, atau jenis molly ekor u besar. Molly platinum bersisik metalik berwarna platinum. Mereka termasuk jenis ikan omnivora.

Sama seperti molly lainnya mereka juga bisa hidup diberbagai jenis kondisi air. Jika ingin memelihara molly dalam akuarium pastikan beri garam akuarim sekitar satu sendok teh untuk satu galon air.

Mereka juga suka memakan alga dan pakan ikan, seprti rebon, cacing darah, dan pelet.

4. Molly Emas Sirip Layar

Tipe molly ini dinamakan sesuai dengan warna dan bentuknya. Kebanyakan dari varietas ini memiliki sisik berwarna emas atau oranye keemasan.

Sirip pada bagian punggu mereka juga sangat lebar seperti layar pada perahu.

Beberapa spesies jenis ini kebanyakan bersisik kuning emas dibanding oranye keemasan. Sisik emas pada molly ini adalah hal yang paling menarik dari mereka selain sirip yang lebar tentunya.

Mereka termasuk ikan molly yang cepat beranak dan mudah dikembangbiakkan.

5. Ikan Molly Balon

Nama Molly balon didapatkan dari bentuk fisik ikan ini. Mereka memiliki pustur punggung yang melengkung dengan perut yang membulat.

Tampulam mereka terlihar seperti balon ikan mesti tidak menggembung seperti ikan fugu.

Sisik mereka umumnya berwarna kuning, putih, dan hitam dengan ekor yang berbentuk u. jenis ini sangat cocok bila disatukan dengan jenis molly lain, seperti molly perut pot.

Selain kepribadiannya yang sama mereka juga memiliki kemampuan berenang yang serupa.

Perlu diperhatikan saat akan memelihara ikan molly adalah vegetasi atau rumput palsu pada akuarium. Pilih akuarium yang berukuran 30 galon dengan pH 7,5 – 8,5 dan suhu 24 – 28˚C.

Leave a Comment