18 Daftar Lagu Qasidah Terbaru Versi Trending on Youtube

Lagu Qasidah Terbaru – Siapa yang tahu dengan lagu-lagu qasidah? Benar sekali, qasidah merupakan seni suara yang menjadi ciri khas umat muslim.

Memang sih banyak dari kalian yang mungkin belum tahu apa itu qasidahan dan apa-apa ajasih lagu-lagunya.

Namun juga bukan berarti sedikit pula penggemar dari jenis musik tabuh yang satu ini. Dibuktikan dengan mulai bermunculannya lagu-lagu qasidah terbaru di berbagai kanal musik.

Penggemar qasidah memiliki kalangan tersendiri, dan mungkin kalian bisa banyak menemukan lagu-lagu ini disiarkan saat acara-acara besar umat Islam, seperti hari raya serta tahun baru Islam.

Bukan hanya itu saja para kelompok pelantun lagu qasidahan juga terkadang memenuhi panggilan untuk mengisi acara dalam pernikahan juga loh.

Kali ini penulis ingin membahas deretan lagu qasidah terbaru yang mungkin banyak dari kalian sudah menantikannya atau mungkin butuh referensi lagu-lagu qasidah buat latihan ikutan lomba bareng tim qasidahan kamu.

Tapi sebelum penulis jabarin deretan lagu qasidah terbaru, alangkah lebih baiknya jika kita mengenal lebih dalam tentang qasidah itu sendiri.


Sekilas Tentang Musik Qasidah


Qasidah sendiri merupakan seni suara yang lantunannya memiliki nuansa bernafaskan Islam.

Dimana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik serta peringatan larangan berbuat dosa sesuai ajaran Islam.

Seringkali lagu-lagu ini dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan dengan mengadopsi irama-irama menyerupai irama musik Timur Tengah.

Seiring perkembangan zaman tentu lagu-lagu ini juga mengalami perubahan sesuai kebutuhan serta budaya masyarakat sekitarnya.

Misalnya lagu “Rabbana” yang awalnya banyak dilantunkan dengan bahasa Arab sekarang lagu qasidah modern ini sudah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, khususnya bahasa Indonesia.

Biasanya formasi dalam penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu qasidahan ini terdiri dari seorang penyanyi vokal lalu dibantu oleh paduan suara.

Di Indonesia lagu qasidahan banyak dibawakan oleh kalangan wanita dalam kelompok. Alat musik khas dari aliran musik yang satu ini adalah rebana, yaitu sejenis alat musik tradisional yang terbuat dari kayu.

Awalnya rebana sendiri dipakai sebagai instrumen dalam menyanyikan lagu-lagu keagamaan berupa pujian-pujian terhadap Allah SWT dan rasul-Nya, salawat, syair-syair Arab, dan lain-lain.

Oleh karena itulah ia disebut rebana yang berasal dari kata “rabbana” yang artinya “ wahai Tuhan kami”.

Namun dalam perkembangannya alat musik dari lagu khas Timur Tengah ini mengalami peningkatan.

Sekarang ini alat musik yang dimainkan adalah rebana dan mandolin, disertai alat-alat modern lainya, seperti: biola, gitar listrik, keyboard dan flute.

Berbagai jenis alat musik ini menambah keunikan serta keindahan dalam melantunkan instrumen-instrumen lagu qasidahan.

Perintis lagu qasidah modern di Indonesia adalah grup Nasida Ria dari Semarang yang semuanya beranggotakan perempuan.

Lalu penyanyi papan atas seperti Bimbo, Koes Plus dan AKA ikut memperkenalkan jeni musik qasidah ini.


Lagu Qasidah Terbaru Versi Youtube


Yuk simak deretan lagu-lagu qasidah terbaru yang akan membuat kamu jadi nggak ketinggalan info.

Lagu-lagu qasidahan yang akan penulis jabarkan ini merupakan versi trending di youtube yang sudah bisa kalian lihat sendiri di channel Studio Kembang Desa dengan pelantunya Syifa Nazieha.

Kalau boleh jujur bukan lagu-lagunya yang baru ya, tapi lagu-lagu ini kembali dinyanyikan dengan nuansa yang berbeda, orang yang berbeda serta instrumen yang berbeda.

Jadi nggak heran lagu-lagunya sedikit banyak akan sama dengan lagu-lagu yang mungkin pernah kalian dengar. Tapi dijamin deh lagu-lagu di bawah ini tidak akan kalah kerennya:

1. An Nabi Shollu’alaih

Sudah bisa ditebak dari judulnya kalau lagu ini berbahasa Arab.

Lagu ini mungkin sudah pernah kalian dengar dari para pelantun qasidahan, karena memang banyak majelis-majelis agama yang melantunkan lagu ini.

Tapi kali ini penulis mengangkat lagu dengan pelantun terbarunya yaitu Syifa Nazieha.

Alunan dari lagu ini memiliki kesyahduan serta kelezatan untuk didengar sehingga gampang dihafal.

Kamu juga akan ketagihan jika sudah menghafal lirik-liriknya apalagi kalau kamu juga memahami maknanya.

2. Jalla Man

Masih dengan pelantun yang sama, lagu ini juga merupakan lagu lama yang dipublikasikan kembali dengan pelantun-pelantun muda yang tentunya lebih menarik dan suara yang lebih fresh.

Bisa kalian simak di berbagai channel youtube dengan versi suara pelantun terbarunya.

3. Syahru Robbi

Lagu ini akan membuat kalian semakin semanggat untuk mencintai Sang Pencipta. Dan senantiasa untuk berdamai dengan hati nurani dan tidak mengingkarinya.

4. Ya Hannan Ya Mannan

Masih dengan pelantun yang sama, lagu ini merupakan curahan hati seorang hamba yang meminta belas kasih dari Sang Pencipta.

Lagu ini akan mengingatkan kita bahwa kita hanyalah seorang insan yang lemah yang selalu membutuhkan pertolongan.

5. Ya Nabi Salam’alaika

Setelah lantunan lagu puji-pujian terhadap Sang Pencipta, lagu sanjungan kepada Baginda Rasulullah merupakan lagu terbanyak yang disiarkan oleh pelantun lagu-lagu qasidah.

Lagu ini juga menjadi refensi untuk menambah wawasan dalam memahami bahasa Arab dan juga pelajaran-pelajaran yang terkandung dalam lagu ini.

6. Asroqot

Lagu ini masih menyangkut tentang kisah sang Baginda Rasul, namun kali ini juga ikut menceritakan kisah tentang ibundanya yaitu Siti Aminah.

Menceritakan tentang kisah kelahiran Baginda Rasulullah yang lahir dari rahim yang mulia. Sosok wanita yang dimuliakan oleh Allah sehingga rahim yang dikandungnya disambut oleh alam semesta.

7. Ya Ilahi

Jika tidak diniatkan untuk beribadah tentulah semua yang kita kerjakan akan sia-sia.

Mungkin secara yang tampak kamu akan mendapatkan imbalan, namun pada akhirnya kita akan dimintai pertanggung jawaban atas setiap yang kita perbuat.

8. Allah Allah

Tiada Tuhan selain Allah Tuhan semesta alam. Sudah sepatutnya kita tidak pernah menyekutukan Nya dengan apapun dzat selain Allah SWT.

Tidak ada yang sebanding dengan kekuasaannya dan hendaknya kita sebagai hamba yakin akan keberadaannya.

9. Assalamu’alaik

Meski kita sudah mendengar banyak versi dari lagu-lagu ini, lagu yang dibawakan oleh Syifa Nazieha ini memiliki keunikan sendiri yang dapat menyesuaikan hatimu untuk selalu istiqomah.

10. Dawini

Mari kita bersholawat dan teruslah bersholawat agar kelak mendapatkan syafa’at nabi Muhammad SAW.

Lagu ini akan membawa hatimu menjadi sejuk dan juga tenang, supaya kalian bisa lebih paham dengan lagunya kalian bisa mendownload lagu ini dan memahami maknanya.

11. Ya Rasulullah

Lagu ini juga merupakan bentuk sanjungan kepada Baginda Rasul.

Kamu akan hanyut dan menikmati setiap lirik serta instrumen lagu qasidah ini dengan pelantun baru yang memiliki suara khas dan tentunya berbeda dari yang lain.

12. Rohatil

Yang terakhir tapi tidak yang paling akhir, lagu ini merupakan lagu yang liriknya berkisahkan tentang kisah kehidupan Rasulullah.

Mengisahkan tentang kehidupan beliau mulai dari lahir hingga tumbuh dewasa dan menjadi seorang Rasul.

Mungkin masih banyak yang asing dengan judul lagu ini dalam versi Arabnya, tapi lagu ini sudah begitu populer dalam alihan bahasa Arab ke lagu berbahasa Indonesia.

13. Dimana-Mana Dosa

Lisna dan kawan-kawan (Nasida ria) dari kanal Youtube Gasentra Pajampangan telah mendapat 3,6 juta penonton sejak diupload pada tanggal 16 Juni 2020. Like sebanyak 16 ribu.

Isi liriknya berisi tentang manusia yang tak pernah luput dari dosa. Sebaik- baiknya manusia adalah yang bertaubat karena Allah Maha Pengampun.

Hapuslah perbuatan dosa dengan memperbanyak berbuat amal kebaikan bahkan jika itu perbuatan sepele. Misalnya saja tidur untuk menghindari ghibah, sekecil apapun amal perbuatan kita Allah tetap akan membalasnya dengan pahala yang setimpal.

14. Jilbab Putih

Masih dari kanal Youtube Gasentra Pajampangan dengan akun Instagram bernama gasentra_official. Jilbab putih merupakan lagu yang dicover oleh Lisna dengan backing vokal Tiya, Revina, dan Salma. Penulis lagu ini adalah M. Ali Sukarno.

Sejak diunggah pada tanggal 26 Oktober 2020 video JIlbab Putih telah ditonton sebanyak 1,9 juta lebih di kanal youtube Gasentra Pajampangan.

Mendapatkan like hingga 8 ribuan dari pengguna youtube. Sesuai dengan judulnya Lisna sang vokalis utama menggunakan jilbab putih pada video ini.

Isi liriknya menggambarkan tentang wanita sholihah dengan jilbabnya. Laki-laki pasti akan tertarik pada wanita yang berjilbab yang shalihah. Warna putih jilbab melambangkan kesucian, ketaqwaan, dan pastinya menyejukkan kalbu jika dilihat oleh siapa saja.

15. Jasa Ibu

Kanal Youtube Hastina Broadcast memang langganan trending lagu-lagu qasidah. Salah satu lagu terbaru mereka Jasa Ibu telah ditonton sebanyak 1,8 juta kali sejak diunggah pada tanggal 2 Februari 2021. Vokalis yang menyanyikan Jasa Ibu adalah Hamna dari grup Adeena Musik.

Di dalam videonya Hamna menggendong anaknya Hanin. Kebersamaan mereka berdua ditengah-tengah pemain musik yang lain semakin memperjelas makna lagu ini. Sebanyak 1,5 ribu orang memenuhi kolom komentar.

Kebanyakan dari mereka mengomentari suara merdu vokalis dan perjuangannya bernyanyi sambil menggendong anak.

Kestabilan suara vokalis meski sambil menggendong anak dan mengipasinya membuat banyak orang terpukau. Beberapa komentar bahkan langsung mengingat ibu mereka dan mendoakannya.

Liriknya sendiri memang berisi tentang bagaimana perjuangan seorang ibu. Terdapat juga pesan agar kita selalu berbakti kepada ibu dan tidak menyakitinya. Bagaimanpun surga di bawa telapak kaki ibu. Backsound efek suara tangisan bayi semakin relate dengan video musiknya.

16. Ya Badrotim

Kembali lagi ke kanal Youtube dari Gasentra Pajampangan. Kali ini Lisna dan kawan-kawan Nasida ria membawakan lagu Ya Badrotim. Ya Badrotim merupakan lagu qasidah shalawat

Salah satu yang menarik dari video musik lagu qasidah Ya Badrotim adalah background viewnya. Untuk melengkapi video musiknya Gasentra Pajampangan mengambil gambar Curug Cikanteh Geopark Ciletuh yang berada di selatan Sukabumi.

Tidak seperti lagu-lagu Gasentra yang dibahas di atas, lagu ini full berbahasa Arab. Kebanyakan shalawat memang memakai bahasa Arab jadi wajar jika kali ini mereka membawakan lagu yang full berbahasa Arab. Suara LIsna dan kawan-kawan tetap bagus membawakan lagu apa saja.

17. Kain Kafan

Cover lagu Kain Kafan dibawakan oleh grup qasidah dari channel Gasentra Pajampangan. Tiya sebagai vokal utama diiringi oleh tiga backing vokal, yakni Salma, Revina, dan Rian dan seorang keyboaardis.

Setelah diupload pada tanggal 30 April 2020 lagu ini telah ditonton sebanyak 1,7 juta kali.

18. Magadir

Sebenarnya Magadir bukanlah lagu baru, bahkan lagu Magadir sering kali dibawakan oleh grup-grup qasidah di perayaan-perayaan tertentu. Meski begitu jika kalian mencari di pencarian Youtube lagu Magadir yang dibawakan Gasentra termasuk pada list qasidah terbaru.

Disini grup qasidah Nasida ria dari MAN Surade menyanyikan magadir secara kwartet diiringi keyboard. Magadir diunggah pada kanal Youtube Gasentra pada 15 Januari 2021 dan telah ditonton sebanyak 1,3 jutaan. Like untuk video ini mencapai 8,7 ribu.

Sekian dulu deretan lagu qasidah terbaru dari rahasiabelajar.com kali ini ya.

Semoga dapat menambah referensi dalam menambah list lagu qasidah di playlist favorit kamu. Salam hangat!

Leave a Comment