10 Lagu Religi Wali Band Terbaik (Auto Ingat Akhirat)

Lagu Religi Wali –  Siapah sih yang tidak kenal band wali? Apalagi lagu-lagu religi wali yang langganan mengisi soundtrack sinetron Ramadhan. Bahkan dari yang semula hanya mengisi soundtrack kini wali juga sering membintangi sinetron ramadhan dengan mereka sebagai tokoh utamanya.

Sebagai band yang personilnya santri semua menjadikan lagu-lagu religi wali lebih mengena ke masyarakat. Pesan-pesan yang terkandung di dalam lagu wali mudah tersampaikan lewat lagu religi wali band.

Band yang digawangi Apoy, Faank, Ovie, dan Tomi ini telah menelurkan banyak lagu-lagu pop-Melayu baik yang religi maupun tidak. Mereka biasa merilis lagu-lagu religi disaat bulan ramadhan, seperti kebanyakan band lainnya.

Namun, ada juga beberapa lagu yang memiliki pesan religi, tapi tidak dirilis saat ramadhan. Saat ini, jika Ramadhan tiba band Wali lebih disibukkan dengan project sinetron religi.

Sementara untuk soundtracknya mengambil dari single-single yang sudah ada, tapi terkadang ada juga single anyar.Di zaman yang super sibuk ini banyak orang-orang yang mulai mencari-cari jati diri. Salah satunya banyak dari kita-kita lebih cendrung untuk lebih religious.

Karena terkadang kesibukan dan padatnya aktifitas membuat diri kita atau hati kita kosong.

Seperti halnya mulai mengikuti ceramah-ceramah kajian, mengikuti keanggotaan bernuansa agamis, mulai berhijrah dan melakukan perjalanan religi dan sampai mengganti lagu-lagu dari bersifat duniawi ke lagu-lagu mengingat akhirat.

Musik sendiri diyakini sedikit banyak akan mempengaruhi diri seseorang tergantung lirik dan iramanya.

Band Wali membuat lagu lagu religi yang mungkin jika lirik-liriknya disimak dengan baik akan mengingatkan kita pada akhirat, Insyaallah.


Lagu Religi Wali Band


Karir

Sebelum tetap dengan formasi empat personil, wali band memiliki basis yang bernama Nunu. Di tahun 2009 Nunu memutuskan untuk keluar band. Penyebab pastinya Nunu hengkang dari band Wali belum diketahui hingga kini.

Gosip yang beredar Nunu keluar karena berselisih paham dengan Faank sang vokalis, tapi hal itu langsung ditepis Faank. Personil lainnya berkomentar jika Nunu keluar band karena berminat dengan genre musik lain. Saat ini ia diberitakan mengerjakan projek dengan Yuke Sampurna.

Yuke sendiri merupakan basis dari Dewa 19 yang juga digawangi oleh Ahmad Dhani. Berhubung lagu-lagu Dewa dan beberapa artis lain di bawah manajemen Ahmad Dhani mengusung genre rock mungkin Nunu berminat kesitu.

Lagu religi Wali yang pertama kali dirilis adalah Mari Sholawat pada tahun 2009. Setahun setelah album pertama mereka, yakni Orang Bilang rilis di tahun 2008. Selama berkarir, Wali telah merilis album religi sebanyak lima buah.

Band yang beranggotakan 5 orang ini memiliki latar belakang pendidikan pesantren, sehingga kita ngak heran lagi kalau semua lagu-lagunya bernuansa religi.

Namun yang buat lagu-lagu dari band ini berbeda adalah lirik-liriknya yang mengandung nasehat disampaikan dengan jenaka dan sentuhan pop yang ringan sehingga bisa diterima semua kalangan.

1. Ya Allah

Lagu ini merupakan salah lagu dari album religi yang berjudul Ingat Sholawat yang dirilis tahun 2009.

Lagu ini menceritakan doa seorang hamba yang memohon kepada Allah agar tidak diuji melebihi batas kemampuanya, akan tetapi semua kehendak Allah.

Apa yang kita angap baik belum tentu baik dan sebaliknya yang kita angap buruk belum tentu buruk.

Maka perhonan seorang hamba hendaknya berserah diri kepada Allah dan meminta kasih sayangnya serta perlindunganya.

Dan seharusnya kita selalu berhusnuzon kepada Allah apapun cobaan yang datang menghampiri karna Allah lah pelindung hidup dan mati kita.

2. Tuhan

Masih dalam album yang sama lagu ini dibelatar belakangi saat mereka pergi berumrah.

Lagu ini menceritakan masih seputar seorang hamba yang memohon kepada Allah untuk tidak diambil nyawanya sebelum siap bekalnya untuk di akhirat.

Lagu ini juga mengambarkan tingginya kuasa Allah dan rendahnya kedudukan seorang hamba. Dimana seorang hamba sujud bersimpuh berserah diri kepada Allah.

3. Mari Sholawat

Lagu berjudul sholawat ini diyakini merupakan salah satu lagu yang sifatnya tabligh atau proses menyebarkan ilmu agama yang dibawakan secara ringan dan jenaka oleh band Wali.

Sebagaimana kewajiban setiap muslim untuk harus menyebar luaskan agama kapan dan dimana saja dalam bidang apapun.

Lagu ini sendiri berisikan ajakan untuk selalu bersholawat dan diselipkan nasehat untuk tidak berkhalwat atau berdua-duan jika tidak dengan mahramnya.

4. Tomat ( Tobat Maksiat)

Mungkin kamu pernah menyaksikan film Indonesia yang berjudul “islam KTP”. Lagu ini merupakan soundtrack dari sinetron islam KTP yang tayang di SCTV.

Suksesnya film yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat sehari-hari ini membawa kesuksesan juga bagi lagu band ini.

Sedikit beda dengan lagu-lagu sebelumnya yang bersifat jenaka dan ceria, lagu ini sedikit lebih tegas dalam lirik-liriknya.

Nasehat yang disampaikan dalam lagu ini masih sama seputar larangan yaitu unutk tidak melakukan maksiat karna hidup di dunia hanyalah tempat bersinggah dan kita akan menerima ganjaran sebenarnya di rumah abadi yakni akhirat.

5. Aku Cinta Allah

Aku cinta Allah merupakan salah satu soundtrack film dari Utusan Ilahi yang pernah ditayangkan di tv nasional pada tahun 2011.

Dengan fokalis Faank lagu ini sedikit berbeda dari yang lain karna dibawakan dengan irama mellow dan isi dari lagu ini adalah pernyataan cinta seorang hamba kepada Allah.

6. Status Hamba

Lagu terakhir dari album Ingat Sholawat ini melengkapi lagu religi ingat akhirat.

Lagu ini menceritakan tentang ajakan untuk sesama manusia yang tidak luput dari dosa untuk selalu kembali kepada Allah dan menghindari segala kesalahan yang telah perbuat.

Dan berisikan permohonan doa kepada Allah untuk selalu memberikan pengampunan.

Tanpa terkecuali apapun kedudukan ataupun besar kecilnya usia seseorang tetap saja status kita hanyalah seorang hamba.

7. Abatasa

Abatasa merupakan lagu religi Wali untuk Original Soundtrack sinetron Mahar 30 Juz. Sinetron Mahar 30 tersebut dibintangi oleh Rifky Balwel dan Faradila Yoshi.

Rifky berperan sebagai Faris seoranga anak band yang playboy. Sedangkan Faradilla berperan sebagai Hasna, anak seorang ustadz kampung yang sudah haji.

Lirik lagu ini mengingatkan masa kanak-kanak saat kita semua gemar mengaji ke mushola atau masjid bersama pak ustad. Kita semua pergi mengaji dengan tujuan yang baik, yakni untuk mengingat serta mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Seperti kebanyakan lagu wali lainnya, Apoy sang gitaris berhasil menciptakan sebuah lagu yang ceria sekaligus penuh pesan-pesan baik. Mendengar lagu religi wali yang satu ini serasa membawa kita kembali ke masa lalu saat sedang-rajin-rajinnya mengaji.

8. Cari Berkah (CaBe)

CaBe merupakan lagu pembuka untuk sinetron Ustad Fotocopy yang tayang pada September 2012. Ustadz Fotocopi dibintangi oleh Ramzi dan Aulia Sarah. Cari Berkah sendiri merupakan lagu yang liriknya mengandung pesan untuk mencari rezeki yang berkah.

Klip musiknya sendiri mengambil latar belakang sebuah pasar tradisional. Para personil wali berperan sebagai pedagang. Dimana mereka berjualan tidak hanya mencari untung, tapi juga mencari berkah.

9. Si Udin Bertanya

Semprul Mengejar Surga merupakan sinetron Ramadhan yang soundtracknya diisi oleh lagu religi Wali, yakni Si Udin Bertanya. Cerita trio semprul dalam sinetron tersebut memang relate dengan lagu wali Si Udin Bertanya.

Dimana lirik lagu ini menceritakan seorang anak bernama Udin yang bercita-cita ingin masuk surga. Sama seperti kisah tiga semprul yang juga sedang mengejar surga.

10. Salam 5 Waktu

Salam 5 waktu merupakan lagu dari Wali yang juga menjadi lagu sinetron religi mereka, yakni Amanah Wali. Amanah Wali merupakan sinetron pertama dimana personil wali berperan sebagai pemeran Utama. Salam 5 waktu merupakan soundtrack untuk Amanah wali season 1.

Leave a Comment