7 Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok (Paling Ampuh)

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok –¬†Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan terutama kucing, pasti pernah menjumpai bulu-bulu kucing kalian rontok dan menempel pada banyak tempat seperti baju, kaos kaki, sofa dan lain-lain.

Selain itu, sebagian dari kalian ada yang merasa panik dan bertanya-tanya, kenapa ini bulu kucing tiba-tiba rontok banyak sekali.

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini kita akan membahas apa penyebab rontoknya bulu kucing dan bagaimana cara mengatasinya. Simak selengkapnya pada artikel ini.


Cara Mengatasi Kerontokan Pada Bulu Kucing


Bulu kucing yang rontok memang sudah bisa terjadi pada kucing, tetapi terkadang sangat mengganggu karena jumlahnya yang banyak dan mengakibatkan kekhawatiran.

Berikut adalah beberapa sebab penyebab bulu rontok pada kucing, yaitu :

a. Saatnya rontok, bahwa bulu kucing memang akan rontok seiring dengan pergantian bulu baru
b. Kekurangan gizi dan vitamin
c. Kurang cocok dengan sabun mandinya
d. Kucing sedang stress
e. Kucing terserang kutu atau jamur
f. Kucing sedang mengalami alergi
g. Akibat dari pengobatan tertentu yang sedang dijalani oleh kucing

Nah setelah mengetahui berbagai penyebab bulu kucing yang rontok, pada ulasan kali ini kita juga akan menjelaskan bagaimana saja cara mengatasinya.

Jika memang terjadi kerontokan pada bulu-bulu kucing kalian, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bulu kucing yang rontok.

1. Memandikan Kucing Secara Rutin

Penyebab bulu kucing yang rontok salah satunya bisa disebabkan karena jamur atau kutu.

Nah, hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan bulu kucing yang kotor dan jarang dibersihkan.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah menjaga kebersihan bulu kucing dengan memandikannya secara rutin agar bulu kucing selalu bersih dan terhindar dari jamur dan kutu.

2. Menyisir Bulu Kucing

Selain memandikan, tindakan manual yang bisa dilakukan adalah dengan menyisir bulu kucing secara berkala.

Tidak hanya merapikan dan mencegah bulu yang rontok, menyisir bulu kucing juga memperlancar metabolisme dan bisa meningkatkan hubungan emosional dengan pemiliknya.

3. Rawat Seperti Biasanya

Jika memang penyebab rontok adalah karena waktunya pergantian bulu, maka hal yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan seperti biasanya.

Hal tersebut memang lumrah terjadi pada bulu kucing yang mengalami pergantian bulu secara rutin seperti yang terjadi pada kita saat terjadi regenerasi kulit.

4. Membuat Kucing Tenang dan Tidak Membiarkannya Stress

Seperti halnya stress pada manusia yang bisa menyebabkan rambut rontok, stress pada kucing juga membuat bulu kucing rontok.

Kucing yang stress biasanya akan mengalami kenaikan tekanan darah sehingga membuat nutrisi yang tersebar pada tubuh melambat.

Hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan bulu dan kulit kucing.

Maka dari itu, yang bisa kita lakukan untuk meminimalisirnya adalah dengan membuat kucing nyaman dan berikan perawatan yang baik.

5. Memberikan Vitamin yang Cukup

Selain memberikan makanan yang bergizi, kalian juga bisa menambahkan vitamin untuk kucing.

Namun tidak perlu berlebihan, artinya berikan secukupnya saja sesuai kebutuhan kucing kalian agar tidak memberikan efek samping tertentu.

6. Mengganti Produk Makanan dan Sabun Mandi

Beberapa penyebab rontoknya bulu kucing adalah tidak cocok dengan produk tertentu, baik berupa produk makanan ataupun produk mandi.

Nah jika kalian menemui bulu yang rontok setelah mengganti produk-produk tertentu, kalian bisa menjadikan hal tersebut tanda tidak cocoknya produk-produk tersebut.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa konsultasikan dengan ahlinya atau dokter hewan.

7. Memberikan Obat untuk Bulu Rontok

Jika memang kerontokan pada bulu kucing sudah parah dan tidak normal, maka untuk tindakan pamungkas adalah dengan memberikannya obat khusus untuk bulu rontok.

Obat untuk bulu rontok bisa didapatkan di pet shop terdekat. Tetapi jika selama penggunaannya tidak berpengaruh maka, kalian bisa membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.


Itu tadi semua adalah penyebab dan cara mengatasi bulu kucing yang rontok.

Sebelum hal-hal itu terjadi pada kucing kalian, alangkah baiknya kalian meminimalisir dengan cara menghindari penyebab rontoknya bulu kucing.

Apabila sudah terjadi kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara di atas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Keyword: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Leave a Comment