20 Jenis Ikan Target Mancing Ultra-Light di Perairan Indonesia

20 Jenis Ikan Target Mancing Ultra-Light di Perairan Indonesia

Ikan target mancing ultra-light – Apa kabar para angler dan pembaca yang budiman, kali ini kami kembali lagi untuk membagikan informasi mengenai dunia pemancingan.

Para angler pada umumnya barangkali pernah mendengar istilah mancing ultra-light, karena memang UL tersebut sedang populer di Indonesia.

Banyak pemancing Indonesia yang tertarik dan mulai menggeluti mancing ultra-light.

Meskipun begitu tentu tidak semua pembaca dan pemancing, terlebih yang masih pemula mengetahui apa itu mancing ultra-light, bagaimana alatnya, dan apa saja ikan targetnya.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kami akan memaparkan secara garis besar bagaimana mancing ultra-light dan apa saja ikan target mancing ultra-light.

Jadi untuk teman-teman yang penasaran dengan Ultralight fishing, coba deh simak artikel ini sampai habis, siapa tahu bisa menjawab keingintahuanmu mengenai UL.


Apa Itu Ultra-Light Fishing?


Sebelum kita membahas tentang apa saja ikan yang biasanya menjadi target ultralight fishing, kami akan memberikan informasi dasar terkait UL.

Penggunaan istilah ultra-light pada dasarnya tidak hanya ditemui dalam dunia pemancingan saja tetapi juga pada backpacking atau hiking. Nah kata ultra-light memiliki arti yang merujuk pada sesuatu yang ringan.

Sehingga dapat diartikan, bahwa secara sederhana mancing ultra-light merupakan memancing dengan menggunakan piranti atau peralatan yang ukurannya lebih kecil dan ringan dari alat mancing biasanya, serta memiliki pengaturan tersendiri.

Beberapa orang yang memang hobi dengan piranti UL menganggap bahwa hal tersebut lebih memunculkan sensasi yang berbeda dan memuaskan.

Terlebih lagi sensasi ketika joran melengkung, strike dengan ikan, dan hal lainnya meskipun ikan yang didapat pun beratnya bahkan kurang dari 3 kg.


Bagaimana Piranti Ultra-light?


20 Jenis Ikan Target Mancing Ultra-Light di Perairan Indonesia
mancingmania.com

Setelah mengetahui pengertian dari mancing UL, hal lain yang perlu diketahui adalah terkait spesifikasi piranti yang digunakan pada UL.

Piranti ultralight ini dihasilkan dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Adapun spesifikasi atau pengaturan piranti yang biasanya digunakan untuk mancing UL adalah sebagai berikut:

Senar

Spesifikasi senar yang pada umumnya dipakai oleh para pemancing ultralight adalah yang memiliki diameter 0.08 mm serta maksimal 6 lbs.

Ikan Target Mancing Ultra-Light: Reel

Adapun reel nya juga memiliki setting yang berbeda dari mancing biasanya, yakni dengan ukuran 500-1000 untuk spinning, sedangkan untuk baitcasting ukurannya adalah 50-100. Dan drag yang dipakai tidak boleh lebih dari 6 lb.

Ikan Target Mancing Ultra-Light: Lure

Biasanya umpan yang dipakai pada UL ini adalah umpan buatan atau lure yang memiliki berat maksimal 8 gram.

Joran

Untuk ukuran joran sendiri maksimal sebesar 6 lbs, sedangkan panjangnya adalah 180 cm. Beberapa pilihan joran yang bisa dipakai misalnya dengan ukuran 1-3 lb, 1-4 lb, 1-6 lb, 2-4 lb, 2-6 lb, 3-6 lb, atau 4-6 lb.


Ikan Target Mancing Ultra-light


Pada dasarnya banyak sekali ikan yang menjadi target mancing ultra-light ini. Di Indonesia sendiri wilayah yang banyak terdapat ikan target tersebut adalah pada perairan Aceh.

Sedangkan untuk jenis ikannya bergantung pada teknik apa yang dipakai ketika memancing.

Misalnya saja ketika kita memancing dengan teknik casting, maka ikan yang biasa diperoleh adalah ikan jenis Golden trevally, Bluefin trevally, dan sebagainya.

Sedangkan pada teknik jigging ultralight, ikan targetnya adalah seperti kakap merah, kurisi, kerapu, dan lain-lain. Ikan target tersebut umumnya adalah yang memiliki berat kurang dari 3 kilogram dan di bawah 25 cm.

Meskipun begitu tak menutup kemungkinan kalau ada angler yang menargetkan ikan yang memiliki berat lebih dari 3 kg, sehingga angler bisa merasakan sensasi melawan ikan dengan alat yang lentur dan ringan.

Adapun beberapa contoh ikan target mancing ultra-light adalah sebagai berikut:

  1. Kuwe Gerong/Belitong
  2. Kuwe Mata Besar
  3. Ikan Salem
  4. Pompano
  5. Kuwe Rambut
  6. Ikan Kuwe Lilin
  7. Ikan Kuwe Hitam
  8. Kuwe Emas
  9. Ikan Guntur
  10. Ikan Kurisi Perak
  11. Ikan Bagong
  12. Ikan Anggoli Merah
  13. Ikan Kurisi
  14. Ikan Kakap Merah
  15. Ikan Kerapu Bara
  16. Ikan Alu Alu
  17. Ikan Lencam
  18. Ikan Ketambak
  19. Sotong
  20. Ikan Layaran

Keyword: Ikan Target Mancing

Leave a Comment