Umpan Ikan Mujair Alami dan Racikan Jitu untuk Cepat Strike!

Umpan Ikan Mujair – Sebagai orang yang memiliki hobi memancing, ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang diharapkan dapat diperoleh ketika memancing.

Sensasi ketika menyiapkan umpan dan mendapat tarikan dari ikan mujair menjadi sensasi dan kepuasan tersendiri bagi pemancingnya.

Umumnya orang awam akan beranggapan memancing cukup menggunakan cacing tanah saja sebagai umpannya.

Namun sebenarnya tiap ikan memiliki jenis ketertarikan masing-masing pada umpan yang digunakan, tidak terkecuali ikan mujair.

Sebenarnya umpan untuk memancing yang instan sudah dapat dikatakan banyak tersedia di toko ikan.

Namun kamu juga bisa membuat racikan umpan sendiri, di mana umpan yang dibuat dapat disesuaikan dengan cuaca dan kondisi air tempat memancing.


Umpan Ikan Mujair


Sebagian besar Ikan mujair suka memakan gulma atau vegetasi air liar dan bahkan tidak mudah tertarik dengan umpan para pemancing. Maski begitu terdapat beberapa spesies yang juga menyukai umpan, seperti cacing tanah, udang, roti, hingga jagung.

Ikan mujai memiliki kebiasaan mencari makan pada hari-hari tertentu dan tidak akan menyentuh umpan apapun yang kita lemparkan jika sedang tidak mood. Namun, ketika kita memancing disaat mereka sedang kelaparan dan keluar untuk mencari makan, maka umpan akan mudah dilahap.

Untuk kamu yang ingin memancing dan ingin mendapatkan ikan mujair, kamu perlu mengetahui umpan yang jitu untuk digunakan. Berikut merupakan umpan ikan mujair alami dan racikan yang bisa kamu gunakan:

1. Lumut Sawah

umpan ikan mujair
image source: radarkediri.jawapos.com

Lumut sawah merupakan umpan alami yang bisa digunakan untuk dijadikan sebagai umpan memancing ikan mujair.

Gunakanlah lumut sawah yang berwarna hijau gelap karena warna lumut yang seperti itu menandakan kalau lumut masih segar.

Siapkan wadah berisi air dan masukkan lumut ke dalamnya agar tetap segar. Selain itu, bisa juga menambahkan garam atau vanili untuk membuat tekstur lumut menjadi lembut dan aromanya segar serta mudah dibentuk.

2. Cacing

Cacing bisa dikatakan sebagai umpan yang sudah umum digunakan untuk memancing, tidak terkecuali sebagai umpan untuk ikan mujair.

Hal ini dikarenakan cacing memiliki bau amis yang khas yang dapat menarik perhatian berbagai ikan.

Untuk ikan mujair sendiri dapat menggunakan berbagai macam jenis cacing mulai dari cacing kristal, cacing merah, cacing susu, atau cacing kalung yang bisa dibeli di toko unggas.

3. Laron

Selain cacing, laron pun bisa dijadikan sebagai umpan alami untuk memancing ikan mujair. Jika di tempatmu sedang banyak laron dan kamu memiliki hobi memancing, kamu bisa menggunakannya sebagai umpan.

Cara menggunakannya pun tidaklah sulit, kamu hanya perlu mengaitkan laron pada kail pancing dan pastikan mata pancing yang kamu gunakan tertutup tubuh laron.

4. Ulat Beras

image source: seputarkendal.com

Ulat beras merupakan ulat yang ada pada beras yang sudah lama, beras yang sudah lama dan menggumpal, di bagian dalamnya terdapat ulat.

Ulet beras ini dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan mujair. Umpan yang satu ini mung bisa dikatakan cukup ribet disiapkan.

5. Ulat Belimbing

umpan ikan mujair
image source: 8villages.com

Jika di dekat kamu ada pohon belimbing dan sedang berbuah banyak, di sebagian atau beberapa buah belimbing tersebut umumnya terdapat ulat.

Ulat ini bisa dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan mujair. Kamu cukup membelah buah dan mengambil ulatnya.

6. Umpan Racikan untuk Mujair Tambak

Selain umpan alami, kamu juga bisa membuat racikan umpan untuk ikan mujair, berikut merupakan racikan untuk mujair tambak yang bisa kamu coba:

Bahan:

  • 1 kuning telur ayam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm garam
  • Kroto
  • ½ bungkus pelet ikan
  • Air secukupnya

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah dan masukkan pelet lalu tambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Remas pelet sampai kenyal
  • Tambahkan kroto, kuning telur, garam, dan gula
  • Aduk dan campur sampai merata
  • Bentuk menjadi bulatan sesuai dengan mata kail pancing.

7. Umpan Racikan untuk Mujair Babon

Berikut merupakan umpan racikan mujair baboon yang juga bisa kamu coba racik untuk digunakan memancing ikan mujair.

Bahan:

  • Lumut
  • Tepung maizena
  • Tepung ketan
  • Vanili bubuk

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah dan campurkan semua bahan secukupnya lalu aduk sampai rata.
  • Kukus eslama kurang lebih 10 menit menggunakan api sedang.
  • Dinginkan dan bentuk menjadi bulatan kecil sesuai ukuran mata kail pancing.

8. Udang

Udang baik yang hidup atau mati dan sudah dibekukan bisa dijadikan umpan ikan mujair. Hal terbaik yang dapat dilakukan dengan udang hidup adalah menangkap sendiri udang di habitat ikan mujair hidup.

Cara memakai umpan udang hidup cukup mudah. Kaitkan saja kail kebagian dekat ekor udang. Biarkan udang bergerak bebas sehingga bisa menarik perhatian ikan mujair.

Udang beku atau udang mati juga bisa dijadikan umpan. Pemakaian umpan udah beku juga sama dengan udang hidup. Cukup kaitkan kail ke bagian belakang udang dekat ekor. Kepala udang boleh dihilangkan boleh juga tidak.

9. Jangkrik

Baik jangkrik hidup maupun jangkrik mati bisa digunakan sebagai umpan ikan mujair. Kaitkan kail di tubuh jangrik dan jangan lupa pakai pemberat yang sesuai agar jangrik dapat masuk ke dalam air dengan baik.

10. Tonggeret

umpan ikan mujair
image source: news.okezone.com

Sama halnya dengan jangkrik, tonggeret juga dapat diumpankan dalam keadaan hidup atau mati. Cukup kaitkan kail ke tubuh tonggeret dan lemparkan umpan dengan pemberat ke dalam air.

Akan lebih bagus jika memakai tonggeret hidup karena gerakan terbang mereka dapat mengundang mujaer.

11. Roti

Roti tawar bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing mujaer. Tak perlu memakai roti bagus, pinggiran roti justru lebih bagus karena teksturnya keras. Testur yang keras membuaat roti tidak mudah hancur saat terkena air.

Bisa juga dengan mengepal-ngepalkan roti agar padat dan keras. Barulah kaitkan roti ke kail dan tambahkan pemberat agar dapat masuk ke dalam air dengan baik. Hati-hati, jangan melempar pancing terlalu keras karena akan membuat roti terlepas dari kail.

12. Jagung

biji jagung merupakan salah satu umpan termudah untuk memancing mujair. Selain mudah harganya murah dan mudah ditemukan. Cara memakainya cukup letakkan 4 – 5 biji jagung ke kailmu. Hati-hati jangan sampai jagung terlepas dari kait atau robek.

Jagung adalah umpan yang tepat dan bentuknya pun keras. Bisa digunakan untuk menangkap ikan mujaer dan juga ikan mas. Jangan lupa untuk selalu memakai pemberat dan pelampung pada alat pancing kalian.

13. Umpan Ikan Mujair Racikan

Jika kalian ingin membuat adonan umpan sendiri pastikan untuk menambahkan sedikit kapas. Ttujuan menambahkan kapas adalah untuk membantu campuran adonan tetap menempel dengan baik. Letakkan adonan umpan yang sudah ddicetak di kail.

Berat umpan harus cukup agar memungkinkan jatuh ke dalam air. Jatuhnya oun tidak boleh terlalu cepat kalau bisa slow motion agar efeknya maksimal.

Trik Menangkap Mujair

Agar dapat mengoptimalkan peluang untuk menangkap ikan mujair, disamping umpan ada beberapa kiat lain yang perlu ddiperhatkan. Baik itu waktu, tempat, dan kebiasaan ikan mujair harus kita sesuaikan agar dapat membawa pulang mujair.

Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk menangkap mujair karena mereka bisa mencari makan sewaktu-waktu. Namun, waktu matahari terbit, tengah hari, dan saat matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk mencari mujair.

Saat menargetkan ikan mujair sebagai buruanmu, pastika untuk memancing di perairan yang dangkal atau di perairan payau. Mereka sangat menyukai kedua tempat tersebut untuk mencari makan.

Lalu kapan ikan mujair berada di tempat yang dangkal? Mujaer biasa berada di tempat yang dangkal dan penug vegetasi pada masa pemijahan. Berhati-hatilah mendekati mereka karena mujair gampang ketakutan dan akan segera menghindar dari tempat memancingmu.

Leave a Comment